Sejarah, Pengertian Serta Teknik Bermain Badminton/Bulu Tangkis

Bermain Badminton
i.ytimg.com

Permainan bulu tangkis sangat mendunia di kalangan anak-anak, remaja, bapak-bapak, bahkan sampai orang-orang tua pun juga menyukainya. Olah raga ini termasuk dari olah raga atletik, Sehingga olah raga ini sudah menjadi salah satu perlombaan yang ada di Olimpiade. Bahkan olah raga ini sudah menjadi ajang perlombaan di daerah-daerah Indonesia ini.

Perlombaan antar daerah, kecamatan , Provinsi, sampai antar Negara pun sudah diketahui. Pastinya anda mengenal tokoh-tokoh pemain atlet Indonesia yang sudah mengukir sejarah namanya di Negeri Indonesia ini. Mereka telah mengharumkan Negeri ini dengan meraih mendali-mendali emas maupun perak yang cukup banyak.

Indonesia sudah mencetak pemain-pemain atlet profesional seperti yang kita ketahui sekarang. Di antaranya adalah Taufik Hidayat, Sony Dwi Kuncoro, Simun Santoso, dan masih banyak pemain atlet badminton dari tunggal putra, putri maupun ganda putra, ganda putri  dan ganda campuran yang masih mempertahankan kejuaraan olah raga ini.

Mengenai tentang

Sejarah Badminton

Sejarah Badminton
scub.unibz.it

Badminton juga disebut dengan bulu tangkis atau shuttlecocks. Olah raga ini sudah dimainkan sejak lama, yang berkembang sudah beratus-ratus tahun dahulu. Mesir, India, dan Republik China atau Tiongkok merupakan Negara-negara yang pertama yang mengembangkan olah raga ini, yang sampai sekarang olah raga ini sangat mendunia dengan menggunakan raket dan kok. Untuk lebih memahami tentang bulu tangkis maka simaklah ulasan berikut ini;

Pengertian Bulu Tangkis

Pengertian Bulu Tangkis
makalahkita.com

Bulu tangkis adalah olah raga ataupun bisa dianggap sebagai permainan. Olah raga ini dimainkan dengan raket dan kok, dan lebih lengkapnya jika dilengkapi dengan net, lapangan in dor ataupun out dor. Olah raga ini memiliki gerakan dominan, yaitu antara kaki dengan lengan. Gerakan tersebut yang menjadikan teknik-teknik dan gaya dalam memainkan raket dan kok.

Macam-macam bentuk dan teknik yang terdapat dalam bermain bulu tangkis. Sebagaimana yang disebutkan di atas, permainan bulu tangkis ada beberapa macam yaitu ;

– Tunggal putra : Seorang pria (satu orang pria) melawan seorang pria, yang biasa disebut (single.)
– Tunggal putri : Seorang wanita (satu orang wanita) melawan seorang wanita, (single.)
– Ganda putra : Sepasang pria (dua orang pria) melawan sepasang pria, atau biasa disebut dengan (double.)
– Ganda putri : Sepasang wanita (dua orang wanita) melawan sepasang wanita, (double.)
– Ganda campuran : Pria dan wanita (satu pria dan wanita) melawan pria dan wanita, (double.)

Teknik-teknik Bermain Badminton

 

Teknik Bermain Badminton
pbdjarum.org

Gerakan-gerakan tubuh yang disertai dengan gerakan lengan berkombinasi dengan kaki, muncullah gaya-gaya dan teknik-teknik dalam permainan badminton. Teknik–teknik badminton ada berbagai macam yang dilakukan para atlet dunia. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat ulasan berikut ini ;

Teknik Forehand dalam Badminton

Teknik Forehand
rollytoreh1305.files.wordpress.com

Forehand merupakan teknik yang sering dan penting dilakukan oleh seorang atlet ataupun pemain bulu tangkis. Teknik ini menjadi dasar dalam permainan bulu tangkis, teknik pukulan forehand dilakukan dengan cara tangan yang diayun ke belakang, tangan sejajar dengan bahu dan lengan dibuka selebar-lebarnya.

Dengan posisi  tangan yang sejajar dengan bahu dan lengan  dibuka lebar, maka pukulan yang akan dihasilkan lebih keras. Posisi badan miring sejajar dengan arah kaki, Di saat memukul bahu diputar ke depan.

Macam-macam Service

Macam-macam Service
victorsport.com

Teknik ini digunakan pada awal pertandingan, jika service sudah dimulai, maka bertanda pertandingan sudah dimulai. Service dilakukan mengarah ke lawan dengan tempat yang silang, jika anda berada di arah kanan, maka service harus mengarah ke kotak lapangan bagian kiri. Begitu pula sebaliknnya.

Melakukan service, jangan sampai bola kok tanggung atau kok terlalu tinggi dan tidak sampai belakang. Karena jika bola tanggung didapat lawan anda, maka dengan mudah lawan mematikan pergerakan anda. Teknik service terdapat 3 macam, yaitu ;

– Service Forehand Pendek

Service Forehand Pendek
cdn-images.rtp.pt

Teknik service ini dilakukan dengan memukul kok yang disertai ayunan raket yang ringan, tidak terlalu keras. Kok yang diservice ke lawan harus dekat atau tipis melewati net, supaya bola tidak tanggung yang mengakibatkan lawan mematikan pergerakan anda.

– Service Forehand Tinggi

Service Forehand Tinggi
pbdjarum.org

 

Teknik service ini dilakukan dengan memukul kok yang disertai dengan tenaga yang besar dan melakukan ayunan dari belakang dan diayunkan ke depan. Teknik service seperti ini, biasanya digunakan oleh tunggal putri. Bola kok akan melambung tinggi sampai ke kotak belakang.

– Service Backhand

Service Backhand
i.ytimg.com

Teknik ini dilakukan dengan posisi kaki kanan di depan sedangkan kaki kiri berada di belakang, itu jika anda berada di kotak bagian kanan. Jika kita berada di kotak bagian kiri, maka posisi kaki berada di posisi sebaliknya. Biasanya service seperti ini dilakukan oleh tunggal putra, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran.

Dengan teknik ini, bola yang diservice harus melebihi garis depan dan bola kok harus tipis dengan net, agar bola tidak tanggung yang memudahkan lawan untuk mematikan pergerakan kita. Service dilakukan dengan melihat keadaan lawan dan mencari sasaran yang pas untuk menempatkan bola kok.

Anda dapat melakukannya dengan maksimal jika berlatih terus menerus. Dan dilakukan dengan memakai kok yang banyak, diulang terus-menerus sampai lancar.

 Teknik Drop shot dalam Bulu Tangkis

Teknik Drop shot dalam Bulu Tangkis
kabarsport.com

Teknik drop shot dilakukan seperti gerakan smash, akan tetapi hasil pukulannya berbeda. Karena pukulan drop shot tidak dilakukan dengan tenaga penuh, melainkan dengan dorongan yang lirih ataupun dengan sedikit sentuhan. Jadi hasil jatuhnya bola kok berada di depan dekat net. Adapun smash memerlukan tenaga yang keras dan extra, supaya lawan tidak dapat menahan pukulan.

hasil yang bagus dalam teknik drop shot, jika bola jatuh di dekat net lawan yang tidak melebihi garis ganda. Gerakan ini sangat menguntungkan, karena lawan akan terkecoh dan lawan menganggap anda akan melakukan smash.

Teknik Netting dalam Bulu Tangkis

Teknik Netting dalam Bulu Tangkis
pagely.netdna-cdn.com

Permainan netting dalam bulu tangkis sangat dibutuhkan, karena pergerakan ini sering mematikan pergerakan lawan. Adapun netting sendiri adalah jenis pukulan atau sentuhan ringan yang dilakukan di dekat net, yang bermaksud untuk menjatuhkan kok di daerah lawan dekat net. Netting dikatakan sempurna jika bola kok melaju tipis di atas net dan jatuh dekat dengan net.

Dalam melakukan pergerakan netting, yang haru anda lakukan adalah memegang raket dengan rileks, ambil kok setinggi mungkin, lalu dorong kok dengan pelan. Pergerakan ini dilakukan dengan penuh konsentrasi, gerak kaki, lengan dan keseimbangan tubuh harus tetap dijaga. Untuk hasil yang maksimal, lakukan latihan netting sesering mungkin.

Teknik Lob dalam Bulu Tangkis

Teknik Lob dalam Bulu Tangkis
i.ytimg.com

Pukulan lob dalam permainan bulu tangkis sering dilakukan, yaitu dengan pukulan keras supaya bola melambung tinggi ke garis belakang lawan. Agar musuh kewalahan untuk mengembalikan bola. Pukulan lob harus benar-benar diukur agar tidak keluar dari garis belakang ataupun tidak tanggung, yang akan memudahkan musuh untuk mematikan pergerakan kita.

Tinggalkan komentar