Mengenal Teh Jati Belanda, Daun Jati Belanda serta Khasiat dan Efek Samping

Teh Jati Belanda – Berbicara tentang teh, pastinya anda mengetahui bahwa teh terbuat dari daun. Banyak sekali daun tumbuhan yang dapat dibuat dan diolah menjadi teh. Dari itu, teh bisa anda dapati dengan berbagai macam dan variasi dengan mudah. Ada yang terbuat dari daun sirsak, daun sirih, daun sirih merah dan lain sebagainya.

Dan setiap teh mempunyai cita rasa dan bau aroma tersendiri. Bagi anda pecinta teh, anda harus mengetahui manfaat yang terdapat pada teh untuk kesehatan anda. Teh pada umumnya terbuat dari pucuk daun teh dan batang yang terdapat pada tumbuhan teh, yang kemudian dikeringkan dari tanaman camellia sinensis.

Sejarah Teh

Teh jati Belanda
excellentfoodproducts.in

Teh pertama kali  berasal dan ditemukan di daerah Tiongkok, lebih tepatnya lagi di Provinsi Yunnan bagian Barat daya Cina. Di sanalah pohon teh (camellia sinensis) berkembang biak dan berasal yang kemudian tersebar , bahkan sudah hampir setiap negara  memiliki tanaman teh.

Tanaman teh tumbuh di daerah yang beriklim tropis dan sub-tropis, yang hangat dan lembab. Teh yang berada di daerah Tiongkok bisa berumur sampai ratusan tahun. Dan teh pada awalnya di daerah Cina dijadikan sebagai bahan obat. Dulu daun teh dinikmati dengan dikunyah dan terkadang daun teh juga dipadukan dengan makanan.

Pada pemerintahan dinasti Han  (221 SM – 8 M), teh mulai diproses dengan dikeringkan dan diseduh dibuat minuman. Saat itulah teh mulai dibuat sebagai minuman. Dan kadang minuman teh dikombinasikan dengan jahe, seperti itu yang dilakukan oleh masyarakat Cina.

Dan teh pun menjadi tersebar luas di kalangan masyarakat Cina, merek pada mengonsumsinya dan bahkan dijadikan sebagai jamuan tamu. Itulah yang dilakukan masyarakat Cina dengan daun teh yang terdapat padanya. Bahkan sampai sekarang, penduduk Cina pun masih mengkonsumsi minuman teh ini, dan sekarang minuman teh ini sudah tersebar luas sampai ke seluruh penjuru dunia.

Dan pada artikel kita akan membahas tentang teh jati belanda. Mari kita mengenal tentang teh jati belanda, dari khasiat, efek samping dan semua yang bersangkutan tentang teh jati belanda. Untuk lebih lanjutnya, mari kita simak ulasan berikut ini ;

Manfaat yang Terdapat pada Teh Jati Belanda

Ramuan herbal kebanyakan diolah dari tumbuhan. Adapun yang paling kerap dipakai  dari tumbuhan adalah dedaunan. Sebagaimana teh hijau jati belanda, teh hijau jati belanda dibuat dari daun jati belanda yang dikeringkan kemudian diolah menjadi teh herbal yang banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Teh hijau tersendiri bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh (membakar lemak lebih cepat.) Dan juga mampu mengurangi penyerapan lemak yang terjadi di usus, membantu mendistribusikan glukosa di dalam tubuh supaya lebih membaik, dan mengurangi nafsu makan, sehingga dapat membantu anda dalam proses diet.

Adapun daun jati belanda tersendiri dikenal memiliki manfaat efek pencahar, yang membantu untuk membersihkan isi perut sperti, usus, lambung dari sisa-sisa makanan, sisa lemak, dan membantu meregenerasikan sel tubuh. Dan masih banyak lagi khasiat yang lain, antara lain;

– Mengurangi pembentukan lemak
– Menurunkan berat badan
– Melangsingkan badan
– Mengendalikan tingkat kolestrol darah
– Mengobati keputihan
– Mengatasi diare dan perut kembung
– Mengencangkan kembali otot rahim setelah melahirkan

Itulah manfaat-manfaat yang terdapat pada daun jati belanda setelah terbukti secara emperis bahkan medis.

Anda bisa mendapati teh jati balanda ini di toko-toko herbal terdekat yang berada di kalangan anda. Dengan harga yang murah, anda dapat menikmati manfaat-manfaat yang terdapat padanya.

Efek Samping Minum Teh Bagi Kesehatan

Teh memang mempunyai manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh kita. Seperti memberi ketenangan pikiran dan rasa nyaman, mengurangi stress, dan lain-lain. Tapi harus kita ketahui, bahwa teh juga terdaapat efek samping jika kita salah mengkonsumsinya. Efek samping yang akan kita alami jika kita salah mengkonsumsinya antara lain ;

– Nyeri pada tulang dan gigi,  Efek samping yang akan terjadi bila salah mengkonsumsi teh salah satunya adalah nyeri  pada tulang dan gigi. Kejadian ini sudah dialami oleh orang yang kebanyakan minum teh di setiap harinya. Tulangnya terasa pegal-pegal dan gigi pun juga begitu.

–  Memperparah Diare, Minum teh di saat anda mengalami diare, itu akan memperburuk keadaan anda. Mengkonsumsi teh akan membuat feses menjadi lebih encer, jsuhi teh di saat kondisi anda diare.

– Mengurangi nafsu makan, Bagi anak-anak atau pun orang dewasa, ketika mengalami susah makan, maka hindari minum teh. Karena proses penyerapan terganggu oleh masuknya teh ke dalam organ penyerapan, yang mengakibatkan selaput lendir menurun.

– Sakit maag, Meminum teh di saat perut anda kosong, itu akan mengakibatkan asam lambung anda semakin meningkat. Padahal jika perut kosong dalam waktu yang lama saja sudah membuat resiko terkena sakit maag. Apalagi jika anda mengisi perut yang kosong dengan minum teh, justru akan meningkatkan asam lambung anda dan semakin menjadi. Jadi, usahakan jangan minum teh sebelum anda makan, agar tidak menghambat proses penyerapan zat besi.

Tinggalkan komentar