Pengertian Seni Budaya Beserta Contohnya Yang Harus Kamu Pelajari

SENI BUDAYA – Seni serta budaya merupakan dua hal yang memiliki kaitan dan sulit untuk dipisahkan. Dikarenakan di setiap seni harus mengandung kebudayaan yang khas. Sebaliknya, di setiap kebudayaan pasti memiliki nilai seni yang indah.

Pengertian Seni

Pengertian Seni
i2.wp.com

Seni merupakan sebuah kata serapan yang berasal dari bahasa Sansekerta yaitu sani. Yang memiliki makna persembahan, pelayanan dan pemujaan. Sehingga kata itu berkaitan erat dengan sebuah upacara keagamaan ataupun pada umumnya kita kenal dengan istilah kesenian.

Sementara menurut Padmapusphita, kata seni sendiri berasal dari genie / Belanda yang berarti jenius. Maka artinya, berdasarkan Padmapusphita, seni merupakan sebuah kemampuan bakat yang telah ada sejak lahir.

Pengertian Budaya

Budaya Indonesia
lh3.googleusercontent.com

Bahasa Sansekerta merupakan asal dari kata budaya yaitu buddhayah yang bisa dimaknai sesuatu yang berkaitan dengan aka dan budi manusia.

Di dalam bahasa inggris, budaya disebut dengan culture yang asal mula katanya berasal dari bahasa Latin, colere. Yang bermakna mengerjakan atau mengolah.

Pengertian Seni Budaya

Seni Budaya
gitakehidupansepasangpejalan.files.wordpress.com

Dibawah ini merupakan kumpulan keterangan dari para ahli seni budaya mengenai tentang pengertian serta definis seni budaya.

Menurut Harry Sulastianto yang selaku dosen fakultas seni rupa dari Universitas Pendidikan Indonesia ini menyatakan, seni budaya merupakan suatu keahlian untuk mengekspresikan ide-ide serta pemikiran estetika, salah satunya yaitu mewujudkan kemampuan dan imajinasi pandangan tentang karya, suasana atau benda sehingga dapat menimbulkan rasa indah yang menciptakan peradaban yang lebih modern.

Di pemaparan yang dinyatakan oleh Harry S diatas, bisa disimpulkan bahwasannya seni budaya adalah suatu kesimpulan dari ide serta kreasi yang dapat aplikasikan ke bentuk seni, dengan tujuan guna memajukan peradaban serta kebudayaan.

Menurut Muhammad Thoyibi, Seni budaya adalah suatu penjelmaan rasa seni yang telah menjadi budaya yang termasuk dalam suatu aspek kebudayaan, yang bisa dirasakan oleh orang banyak dalam jangka waktu perjalanan sejarah peradaban manusia.

Bisa disimpulkan dari keterangan milik M Thoyibi, bahwasanya yang dapat disebut dengan ‘seni budaya’ merupakan suatu kebudayaan dalam bentuk kesenian, yang mana kebudayaan itu dapat dirasakan oleh banyak manusia baik pada masa lalu, sekarang maupun yang akan datang.

Menurut Sartono Kartodirdjo, Seni budaya adalah suatu sistem yang komperhensif dikarenakan seni budaya bisa menjalankan komunikasi efektif, antara lain dengan melalui satu bagian saja bisa menunjukkan keseluruhannya.

Menurut Sartono Kartodirdjo yang juga salah satu sejarawan, seni budaya merupakan suatu wadah untuk mengutarakan sesuatu dengan efektif melalui kesenian. Contohnya dalam beberapa daerah di Indonesia, ada satu seni budaya tari yang dikhususkan dimaksudkan untuk menyambut tamu. Dan di daerah lain pun ada seni budaya tari yang hanya dilakukan pada saat akan pecah peperangan, untuk menyemangati para prajurit.

Menurut Ida Bagus Putu Perwita, Seni budaya adalah penunjang sarana upacara adat.

Singkat, padat dan jelas. Pernyataan dari Ida Bagus walaupun singkat, tetpi sangat tepat. Karena pasti dalam masing-masing upacara adat yang ada, akan kita lihat upacara-upacara tersebut diiringi dengan suatu kesenian. Baik itu pembacaan pantun, musik, tari-menari, nyanyian dan lain sebagainya.

Contoh Seni Budaya yang Terdapat di Indonesia

Contoh Seni Budaya Indonesia
i.ytimg.com

Berikut ini 3 contoh seni budaya yang ada di Indonesia, yaitu sebagai berikut:

1. Tari Kancet Papatai

Tari Kancet Papatai adalah salah satu seni budaya dalam bentuk tari-tarian perang. Tari ini mengkisahkan mengenai seorang pahlawan suku Dayak Kenyah yang sedang melakukan perang melawan musuh. Tarian ini pun mengilustrasikan mengenai keberanian para pria atau ajai suku Dayak Kenyah dalam melakukan perang, mulai perang hingga dengan upacara pemberian gelar untuk pria atau ajai yang telah berhasil menumbangkan musuhnya.

Gerakan tarian ini sangatlah lincah, gesi serta penuh semangat dan terkadang  diikuti oleh pekikan para penari. Kancet Papatai diiringi dengan lagu Sak Paku serta hanya memakai alat musik sampe.

2. Tari Saman

Tari Saman merupakan suatu tarian yang berasal dari Suku Gayo yang pada umumnya ditampilkan untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam suatu adat. Syair dalam tarian saman memakai Bahasa Gayo. Disamping itu pada umunya tarian ini pun ditampilkan untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad shallallohu alihi wa sallam.

Dalam sebagian literatur menyatakan tari saman di Aceh didirikan serta dikembangkan oleh Syekh Saman, salah satu ulama yang berasal dari tanah Gayo di Aceh Tenggara. Tari saman disahkan oleh UNESCO sebagai Daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia dalam Sidang ke-6 Komite Antar-Pemerintah guna Pelindungan Warisan Budaya Tak benda UNESCO di Bali pada tnggal 24 November 2011.

3. Angklung

Sesudah tadi ada beberapa contoh yang berupa tari-tarian , maka yang satu ini merupakan salah satu contoh alat musik tradisional yang termasuk dari ribuan seni budaya yang terdapat di Indonesia. Angklung merupakan suatu alat musik multitonal (memiliki nada ganda) yang secara tradisional telah berkembang dalam masyarakat Sunda tepatnya di Pulau Jawa bagian barat.

Alat musik ini berbahan dasar dari bambu, dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi diakibatkan oleh benturan badan pipa bambu) sehingga mengeluarkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2, 3, hingga 4 nada dalam masing-masing ukuran, baik besar ataupun kecil.

Dictionary of the Sunda Language karya Jonathan Rigg, yang diterbitkan di tahun 1862 di Batavia, menyatakan bahwa angklung merupakan alat musik yang terbuat dari beberapa pipa bambu, yang dipotong ujung-ujungnya, serupa pipa-pipa dalam suatu organ, dan diikat bersama dalam sebuah bingkai, digetarkan untuk mengeluarkan bunyi.

Angklung terdaftar sebagai salah satu Karya Agung Warisan Budaya Lisan serta Non bendawi Manusia dari UNESCO sejak November 2010.

Nah, demikianlah penjelasan  mengenai pengertian seni budaya beserta contohnya. Untuk itu, kita sebagai warga masyarakat Indonesia, seharusnya kita menjaga dan melesatarikan seni budaya Indonesia yang sangat menarik dan unik. Sekiranya ulasan mengenai pengertian seni budaya cukup jelas dan bisa dipahami.

Semoga dengan ulasan di atas dapat menambah ilmu serta pengetahuan bagi kita semua, dan juga bermanfaat untuk kita bersama. Semangat dan tetap lestarikan budaya Indonesia.

Tinggalkan komentar