Persatuan Sepak Bola Anak Semanggi

htsemanggisurakarta.blogspot.co.id

Permainan sepak bola sangat populer dan digemari oleh banyak orang, permainan ini sangat mendunia sekali. Dari daerah yang terpencil sampai yang berada di kota, mereka sudah mengetahui betul akan permainan sepak bola, bahkan mereka menyukainya.

Begitu pula anak-anak yang tinggal di kampungku, kebanyakan mereka menyukai dan sering bermain di lapangan. Salah satu di antara mereka adalah aku, kami sering bermain di lapangan Alun-alun Kidul yang biasa disebut dengan (Alkid.) Tapi bukan setiap hari kami bermain sepak bola di lapangan tersebut.

Di awal pertama kami bermain bola, jumlah kami memang belum begitu banyak.  Setelah berjalannya waktu yang cukup lama, bertambahlah jumlah anggota kami sedikit demi sedikit, yang hampir setiap minggunya terus bertambah.

Usulan Membuat Team

ravieoralvin.blogspot.co.id

Sebelumnya, permainan sepak bola hanya buat senang-senang saja buat kami. Tapi, karena banyaknya anggota pada kubu kami, yang terus bertambah banyak, maka kami berkeinginan untuk membuat suatu klub sepak bolaKeinginan kami terus kami pendam dan belum ada waktu yang tepat untuk kami sampaikan.

Maka dari itu kami mencoba untuk selalu berlatih dengan sungguh-sungguh supaya mempunyai skill dan permainan yang sudah bisa dipertimbangkan untuk dijadikan klub. Kami membanyakkan jam terbang untuk bermain, walaupun tidak bermain di lapangan sepak bola terus.

Permainan sepak bola kami sudah dinilai lumayan lah, kalau kami tidak bermain sepak bola di lapangan sepak bola, kami bermain di lapangan bulu tangkis yang berada di kampung kami dan tepatnya di depan masjid. Lapangannya lumayan besar, jadi bisa kami buat bermain bola.

Permintaan Dukungan Kepada Bapak RW

kodimsolo.blogspot.co.id

Latihan terus kami jalani, semangat terus membara pada jiwa-jiwa kami untuk terbentuknya suatu team. Permainan yang semakin cantik diperlihatkan oleh teman-teman yang mengharuskan kami untuk menerima tawaran bertanding dengan klub-klub lain.

Awalnya kami belum yakin untuk menerima tantangan dari klub-klub yang agak terkenal itu. Apalagi kami belum resmi terbentuk klub, tapi karena mereka melihat permainan kami yang lumayan menawan mereka mengajak kami bertanding. Akhirnya kami menyetujui ajakan mereka itu.

Pertama kali yang mengajak kami untuk bertanding adalah klub Perselo Losari, permainan mereka sudah diakui oleh masyarakat sekitar akan keelokan alur permainan bola. Tapi, kami tidak tersudutkan dengan isu dan kabar  tersebut. Datanglah waktu yang ditunggu-tunggu yaitu hari Ahad.

Di babak pertama permainan mereka sangat menawan dan terus menggedor pertahanan kami, tapi kami masih bisa menahan serangan yang datang secara bertubi-tubi, perlawanan kami cukup mudah dibaca oleh mereka. Penjaga gawang mereka sangat agresif, bola yang datang selalu bisa dihalau oleh penjaga gawang.

Sampai usainya babak pertama kedudukan masih imbang dengan skor 0:0. Di jalan permainan babak kedua, team kami sudah bisa mengatur serangan dengan baik, tapi masih saja belum bisa merubah hasil pertandingan. Pertandingan semakin memanas.

Dan tidak kami sangka, team kami bisa mencetak gol ke gawang lawan dan merubah kedudukan menjadi 1:0. Tak lama kemudian mereka yang tidak mau nama mereka tercoreng karena sebab mengalami kekalahan dengan klub yang belum resmi, akhirnya mereka bisa menyamakan kedudukan menjadi 1:1.

Skor imbang ini berjalan sampai selesainya babak kedua. Kami tidak menyangka bisa menahan imbang hasil pertandingan ini. Kami pun berjabat tangan dan segera pulang ke kampung kita.

Di saat ada acara tirakatan atau biasa disebut tujuh belasan Agustus, waktu inilah kami akan menyampaikan usulan anak-anak Rt 09 walaupun pemain-pemainnya bukan hanya orang Rt 09 untuk dibentuknya klub sepak bola. Saat diperselisihkan untuk menyampaikan keinginan kita, salah satu dari kami disuruh maju dan menyampaikan.

Disampaikanlah bahwa kami menginginkan dukungan dari Bapak RW untuk mendirikan sebuah klub sepak bola untuk kami. Dengan permintaan kami tadi, dengan senang hati Bapak RW siap dan sanggup untuk menyetujuinya.

Pembuatan Nama Klub

jangandibacabaca.wordpress.com

Setelah persetujuan yang disanggupi oleh Bapak RW, kami disuruh untuk berembuk membuat nama klub yang akan kami bentuk. Di suatu malam kami berkumpul di basecamp kita untuk merembuk  membuat nama klub yang bagus untuk team kita. Usulan demi usulan terlantar di antara kita, dan belum ada yang bisa diterima.

Kami terus melakukan perkumpulan untuk mencari nama yang bagus, tapi masih saja belum ada hasilnya. Dan akhirnya ada salah satu teman yang melontarkan pendapatnya agar diberi nama dengan PSAS (Persatuan Sepak Bola Anak Semanggi,) dan kami minta warna hijau laut, beserta nomor dan nama yang telah kami diskusikan.

Sebuah nama yang cantik terlontarkan dari mulut temanku, mendengar nama tersebut kami pun langsung menyetujuinya. Secepatnya kami memberi tahu kepada Bapak RW akan nama yang telah kami buat, supaya secepatnya akan dibuatkan seragam.

Apalagi Bapak RW sendiri mempunyai konveksi yang lumayan besar, setelah berjalan beberapa hari, seragam pun jadi. Bapak RW ternyata sudah mempersiapkan 2 orang pelatih dari kampung kami,mereka adalah Pak Bakrin dan Mas Huda. Kemudian dibuatlah jadwal bermain kami, yaitu setiap minggu 3 kali pada hari Senin, Sabtu dan Rabu.

Seleksi Pemain

padangunited.wordpress.com

Jadwal yang telah dibuat itu, Minggu pertama akan ada seleksi pemain yang akan menentukan siapa yang pantas/layak untuk lanjut pada latihan selanjutnya. Seleksi yang ketat membuat kami tegang dan kurang menenangkan. Dan barang siapa yang bertengkar di saat latihan maka namanya akan langsung dicoreng.

Seleksi dilakukan dari jam 03:30 sore sampai jam 05:00 sore, sebagaimana latihan yang akan datang. Tiba-tiba pertengkaran terjadi di pertengahan latihan, teman-teman dan pelatih berusaha merelai mereka. Mau gimana lagi, persyaratan telah mereka langgar yang mengakibatkan mereka harus angkat kaki dari lapangan.

Sudah sepekan kami mengikuti seleksi tersebut, dan hasilnya ditentukan bahwa yang bisa mengikuti latihan setelahnya ada 23 orang dari kami dan aku salah satu dari mereka. Penyeleksian dilakukan karena banyaknya pemain/peserta dan terlalu susah membimbing banyaknya orang, apalagi gratis.

Pertandingan Demi Pertandingan

psbbonansasolo.blogspot.co.id

Setelah usainya penyisihan pemain, kami terus dilatih dengan sungguh-sungguh, dari hal skill, kecepatan berlari, dribbling, tendangan, sundulan, dan oper-mengoper serta kekompakan team. Pelatih-pelatih kami cukup agresif dalam membimbing kami, sehingga potensi permainan kami terus meningkat.

Tawaran-tawaran bertanding terus bergantian dari 1 team ke team yang lain, kadang kami mu meladeninya dan kadang kami menolak ajakannya. Yang paling mengesankan buat kami ketika kami bertemu dengan klub Antimo (Anak Timur Mojo), kami bisa membantai mereka dengan skor 10:2, hasil yang memuaskan buat kami.

Dan juga ketika menghadapi klub kampung tetangga, kami dapat membantai mereka dengan skor 15:1. Itu semua karena kerja keras kita dan bimbingan para pelatih kami yang sangat agresif. Dan yang paling kami sulit taklukkan adalah klub Perselo Losari.

Setiap kali bertanding bersama mereka hasilnya draw dan kalah menangpun juga dirasakan oleh kedua klub tersebut. Makanya setiap kali kami bertemu dengan mereka di luar pengawasan pelatih, kami sering adu fisik dan kadang terjadi tawuran diantara kita.

Keharusanku Keluar dari Klub

nurafrizaafizha.blogspot.co.id

Klub kami semakin maju dan kualitas permainan kami juga semakin bagus. Sudah beberapa tahun lalu aku bermain bersama kawan-kawanku itu, tapi karena aku mau masuk SMP dan aku harus masuk pesantren, aku harus berhenti dan meninggalkan kawan-kawan untuk mencari ilmu Agama.

Perjuangan kami dulu sangat besar untuk mendapat apa yang kami inginkan dan semua itu terwujudkan karena usaha dan do’a yang selalu kami lakukan. Maka dari itu, jika menginginkan sesuatu seharusnya kita berusaha semaksimal mungkin dan tidak lupa berdo’a meminta pertolongan kepada Allah.

Ketahuilah bahwa segala sesuatu hanya akan terwujud jika Allah meridhoinya,.

 

Tinggalkan komentar