Perlengkapan Futsal yang Harus Ada Saat Bermain Futsal

Perlengkapan Futsal – Permainan futsal sudah sangat mendunia, dari yang kecil sampai yang sudah berkeluarga, mereka sangat menyukai olah raga futsal ini. Apalagi para remaja, bahkan kadang-kadang dalam satu pekan bisa bermain 3-5 kali bahkan lebih.

Permainan futsal lebih sedikit jumlah pemainnya dari pada permainan sepak bola. Dan begitu juga lapangannya lebih kecil dari pada sepak bola. Permainan futsal biasa dilakukan di indoor, ada juga yang di outdoor. Tergantung selera masing-masing.

Tapi sebelum anda bermain futsal, anda perlu mengetahui apa sebenarnya dibalik manfaat bermain futsal, simak keterangan di bawah ini ;

Manfaat Futsal

Manfaat Futsal
doeaempat.blogspot.co.id

Bermain futsal sebenarnya bukan hanya untuk bersenang-senang sih. Kalau kita tahu, futsal itu mempunyai manfaat bagi tubuh kita. Banyak sekali sebenarnya manfaat futsal itu, mari kita kupas lebih mendalam. Beberapa hal manfaat futsal untuk tubuh kita.

  • Dengan bermain futsal kalori dan lemak yang jahat bisa terbakar, jika kita bisa mengatur pola permainan kita, maka tubuh akan lebih terjaga dan lebih ideal.
  • Bermain futsal pastinya akan mengeluarkan keringat yang banyak, dan dari keringat itulah secara otomatis racun-racun yang ada di tubuh kita akan keluar bersama keringat.
  • Bermain futsal dapat meningkatkan daya pikir otak yang harus pintar-pintar mencari otak.
  • Melatih refleks
  • Melatih kekompakan sesama teman, karena dengan kekompakan tersebut anda akan bisa merasakan kenyamanan dan keenakan bermain.
  • Dan yang juga tak kalah penting dari manfaat-manfaat yang disebut di atas adalah dapat menenangkan/ menghilangkan tekanan pikiran, dikarenakan terlalu fokus dan asyik saat permainan berlangsung.

Perlengkapan futsal harus ada dan seharusnya dipenuhi, supaya permainan nyaman dan asyik. Terlebih lagi menjauhi dari cedera ataupun yang lainnya.Untuk itu mari kita kupas apa yang dibutuhkan dalam bermain futsal ;

Lapangan

Lapangan futsal memang berbeda dengan lapangan sepak bola biasa. Lapangan futsal terdapat jaring-jaring di atas dan di samping-sampingnya, yang berfungsi agar bola tidak keluar jauh dari lapangan. Bentuk lantai lapangan terdapat banyak jenis dan bentuk yang berbeda-beda.

Ada beberapa jenis lapangan futsal yang sudah ada saat ini;

  1. Lantai Karpet Rumput Sintetis

 

Lapangan berlantai rumput sintetis ini terbuat dari plastik, dan jika kita terjatuh, maka kita tidak akan sakit. Maka dari tiu, lapangan ini banyak diminati oleh para pemain. Tapi, memang agak sedikit mahal untuk main per jamnya.

      2. Lantai Vinly

Lantai Vinly
importirfutsal.com

Lantai ini terbuat dari bahan yang menyerupai karet. Lapangan seperti ini juga banyak digemari, karena lapangan yang empuk dan permukaan yang lembut. Jika kita terjatuh maka tidak terasa sakit. Dan lapangan vinly ini biasa disebut dengan rubber.

Tebal lapangan yang berjenis seperti ini, bisa digunakan 5 mm, 6 mm, dan 8 mm. Kelebihan dari lantai yang seperti ini, laju bola lancar dan tidak menghambat karena permukaan yang rata, dan jika jatuh tidak terasa sakit, karena tebalnya lapisan.

      3. Lantai polypropylene

Lantai polypropylene
v-sportlapanganfutsal.blogspot.co.id

Lapangan ini terbuat dari plastic PP, dan lapangan ini bisa dipindah-pindah atau bongkar pasang. Dan mempunyai ketahanan yang lama dan kuat. Lapangan seperti inilah yang sangat diminati oleh para pemain. Karena kesat dan ketika jatuh tidak terlalu sakit.

Sepatu Futsal

Sepatu Futsal
ecs7.tokopedia.net

Dalam sebuah pertandingan, bermain dengan memakai sepatu itu hal yang wajib. Sehingga sepatu sangat dibutuhkan, sepatu berguna untuk melindungi kaki dari keplintir ataupun copotnya kuku, atau yang lainnya. Sepatu futsal memang banyak jenis dan kualitasnya.

Itupun tergantung pada kita, kalau kita ingin mempunyai sepatu yang awet dan original,  maka harganya lumayan mahal. Dan kalau mau yang biasa-biasa aja juga terserah kita. Tapi, dalam sepatu ini kita harus sangat memperhatikannya.

Kaos Kaki Futsal

Di dalam pertandingan futsal, pemain diwajibkan memakai kaos kaki, tetapi tidak dikhususkan mengenai warna kaos kaki. Dengan memakai kaos kaki akan mencegah lecetnya kaki yang bisa menyebabkan infeksi. Dalam pembahasan kaos kaki untuk futsal, sebaiknya bermain futsal memakai kaos kaki yang panjang supaya mempermudah pemakaian dekker.

Dekker

Dekker
ecs7.tokopedia.net

Benda ini biasanya dipakai oleh pemain sepak bola, untuk melindungi tulang kaki kering. Sehingga di  saat benturan dengan kaki lawan, kaki tidak merasakan sakit. Begitu juga dengan futsal, untuk mencegah patahnya atau cedera kaki, maka penting untuk memakai dekker.

Seragam Futsal

seragam futsal
sc01.alicdn.com

Seragam futsal sangat dibutuhkan untuk pemain futsal. Di suatu pertandingan diwajibkan untuk memakai seragam kelompok. Supaya bisa membedakan dengan klub lain. Tapi, kalau cuman bermain bersama teman, tidak diwajibkan untuk memakai seragam.

Kalau seragam untuk pertandingan tidak harus begini dan begitu yang penting memenuhi syarat. Tapi, kalau dalam bermain futsal yang di luar pertandingan seperti latihan biasa, itu tidak diharuskan memakai seragam. Tapi, lebih baiknya memakai seragam supaya terlihat kompak. Namun, biasanya team yang sudah pasti mempunyai seragam futsal serta jaket seragam.

Celana, dalam pertandingan futsal, celana pemain sangat di tekankan untuk memakai celana pendek. Itu sudah menjadi aturan khusus dalam suatu pertandingan. Tapi, setelah berjalannya waktu ada sebuah keringanan untuk penjaga gawang, yaitu diperbolehkan memakai celana panjang di saat menjalani pertandingan.

Bola Futsal

Bola Futsal
ptcia.id

Bola, bola futsal adalah salah satu yang paling penting untuk bermain futsal. Bola futsal sebenarnya sama dengan bola sepak bola, tapi ukuran bola futsal lebih kecil dari pada bola sepak bola. Untuk ukuran bola futsal yang standar, bola tersebut berukuran 4  dengan keliling 62-64 cm dan beratnya 0,4 – 0,44 kg. Lambungan bola 55- 56 cm pada pantulan pertama. Bahan bola biasanya dari kulit.

Sebenarnya di tempat-tempat bermain futsal sudah disediakan bola. Tapi, terkadang bola yang tersedia tersebut tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Makanya kita harus membawa bola khusus/ bola cadangan agar sewaktu bermain terasa enak dan maksimal.

Air Putih/ Minuman yang Memulihkan Tenaga

Air Putih
papasemar.com

Air minum juga salah satu yang harus kita butuhkan, karena tubuh kita juga membutuhkan mineral dan energi. Dari air minum itulah energi kita akan bertambah. Dengan meminum air putih itu, maka akan berguna untuk mencegah dehidrasi dan menyegarkan tubuh anda.

Bawalah air minum ketika anda berolahraga apapun, terlebih lagi membawa air putih yang mempunyai rahasia manfaat yang sangat banyak bagi tubuh anda. Sekarang anda pasti sudah tahu manfaat air putih, maka dari itu jangan sampai anda terlewatkan untuk membawa air putih sewaktu beraktivitas. Apalagi anda sudah tahu manfaatnya, jangan lupa yah untuk membawa air putih.

Itulah beberapa perlengkapan futsal dan hal-hal yang penting untuk kita perhatikan. Dalam bermain futsal setidaknya kita bisa memenuhi perlengkapan yang di atas, supaya pola permainan kita lebih terjaga dan maksimal.

Sewaktu bermain futsal yang kita butuhkan adalah bermain dengan sportif dan tidak ada kecurangan. Setelah itu, baru anda keluarkan skill-skill anda yang kamu kuasai. Perlengkapan-perlengkapan futsal tersebut dapat kita dapati di toko-toko futsal atau di jual beli online.

Tinggalkan komentar