Mengenal Sejarah Lari Estafet serta Teknik, Peraturan dan Semua yang Bersangkutan dengannya

Lari estafet merupakan salah satu dari cabang olah raga atletik. Yaitu cabang olah raga tertua yang telah dilakukan oleh manusia sejak zaman dahulu sampai sekarang ini. Lari estafet dilakukan atau dilaksanakan secara bergantian dengan satu team atau regunya. Dalam satu regu lari estafet ini terdapat empat orang pelari yang harus berada di posisinya masing-masing.

 Olahraga lari estafet
aturanpermainan.blogspot.com

Dengan posisinya masing-masing, tidak akan bergabung ataupun dijumpai pada nomor pelari lain. Di pembahasan lari estafet ini, kita akan mengenal dan mendalami tentang sejarah, pengertian, jarak, peraturan, dan tongkat serta teknik lari estafet dan yang bersangkutan dengannya. Untuk lebih jelasnya lagi, akan dijelaskan berikut ini ;

Sejarah Lari Estafet

Lari estafet juga bisa disebut dengan lari sambung, yang dimulai dari suku Aztek, suku Inka, dan suku Maya yang bertujuan untuk menyambung atau meneruskan adanya berita yang telah diketahui sejak lama.

Lari estafet selain dengan tongkat ada juga yang memekai obor, yang diselenggarakan dengan maksud penyambungan hubungan dengan pemujaan leluhur. Untuk meneruskan api keramat ke jajahan-jajahan baru. Tradisi olimpiade berasal dari tradisi Yunani. https://edukasi.me/

Olah raga atletik ini, sudah dimasukkan di perlombaan antar negara di olimpiade ataupun yang lainnya. Olah raga lari estafet 4 x 100 meter dan 4 x 400 meter bagi pria diselenggarakan di olimpiade pada tahun 1992 di Stockholm. Adapun lari estafet berjarak 4 x 100 meter bagi wanita sudah diselenggarakan di tahun 1928. Dan di tahun 1972 dilombakan lari estafet dengan jarak 4 x 400 meter.

Pengertian Lari Estafet

Olah raga ini tidak sebagaimana lomba lari biasa, tapi, permainan/ olah raga ini dimainkan dengan cara beregu yaitu dengan 4 0rang dalam satu regu. Dan lari estafet ini jug membawa tongkat yang akan dipindahkan ke pemain selanjutnya dan terus dibawa sambil sprint sampai menuju finish.

Lari estafet bukan hanya dengan tongkat saja yang dipakai dalam perlombaan, tapi ada juga yang memakai obor yang sebagaimana yang dilakukan dari bangsa Yunani. Pada olah raga ini, banyak hal yang harus kita ketahui tentang peraturan,teknik, jarak lari, dan semua yang menyangkut tentang lari estafet.

Dan salah satu awalan atau pemulaan di saat pertandingan dengan bersiap-siap pada posisi jongkok dan kemudian setelah ada aba-aba untuk lari, maka barulah lari estafet dimulai dan pelari pertama menuju rekannya yang berada di posisi setelahnya. Begitu pula selanjutnya sampai menuju finish.

 

Jarak Lari Estafet

Lari estafet juga ada bermacam-macam yaitu lari estafet jarak pendek, ada juga lari estafet jarak menengah, dan lari estafet jarak marathon. Terdapat bermacam-macam-macam nomor lari di perlombaan olah raga atletik ialah lari jarak pendek 100 m, jarak menengah 800 m, 1500 m, dan seterusnya.

Adapun yang digunakan untuk perlombaan biasanya berjarak 4 x 400 m dan 4 x 100 m yang diperuntukkan untuk putra putri dengan teknik yang sama seperti saat ini.

Peraturan Lari Estafet

Dalam suatu pertandingan ataupuun permainan pasti terdapat padanya peraturan yang terkait tentang hal itu. Sebagaimana olah raga ini, untuk memulainya kita harus mengetahui peraturan-peraturannya.  Untuk mengetahui peraturan-peraturan yang terdapat padanya, berikut penjelasannyaa;

– Panjang wilayah pengoperan atau pergantian tongkat estafet adalah 20 meter dengan lebar 1.20 meter. Khusus pda pelari estafet yang berjarak 4 x 100 meter, wilayah akan ditambah dengan 10 pra-zona. Yang dimaksud pra-zona adalah sebuah daerah yang membuat pelarinya mempercepat atau meningkatkan kecepatan larinya tanpa mengoper tongkat.

– Masing-masing pesert lari harus tetap berada di jalurnya lintasannya masing-masing. Hal ini terus berjalan atau berlaku walaupun dia sudah mengoper ke teman setelahnya. Jikalau tongkat yang dioper ke temannya itu terjatuh, maka pelari yang harus membawa tongkat itu lari harus mengambilnya.

– Tongkat yang digunakan dalam nomor lari estafet memiliki ukuran dan memiliki rongga dengan panjang 28 sampai 28 – 30 cm, diameter 3,81 cm dan mempunyai berat 50 gram.

– Pada olah raga nomor lari estafet, pelari mempunyai lintasan masing-masing. Pelari pertama akan memulai larinya di lintasannya sampai menuju tikungan yang pertama. Setelah itu, lanjut ke pelari kedua berlari dengan lintasan lurus, dan pelari boleh masuk ke lintasan dalam.

Pelari ketiga berlari sebagaimana lintasan yang pertama yaitu dengan lintasan tikungan. Adapun pelari yang  keempat, lintasannya seperti lintasan pelari kedua, yaitu dengan lintasan lurus sesampainya ke garis finish. Hal itu dilakukan oleh pelari-pelari dengan menunggu di wilayah pergantian secara urut yang sesuai dengan kedatangan pelari satu regunya.

Catatan untuk peraturan nomor lari estafet adalah, diperbolehkan untuk mengambil tongkat estafet yang jatuh sewaktu pengoperan tongkat pada jarak lari 4 x 400 meter maupun 4 x 100 meter. Namun hal ini bisa menimbulkan resiko untuk suatu tim tersebut. Yang mengakibatkan langsung dikenai diskualifikasi dari perlombaan.

Tongkat Estafet

Tongkat estafet adalah benda yang dibawa ketika berlari dan din=berikan kepada pelari berikutnya secara urut sampai pelari terakhir. Tongkat estafeet ini tidak seperti tongkat biasa dalam ukuran maupun bentuknya. Ukuran tongkat estafet ini dibuat sesuai ukuran, sehingga pada panjang dan genggamannya pas untuk genggaman pelari pada umumnya.

Ukuran tongkat estafet ini adalah ;

  • Memiliki panjang 28 cm – 30 cm.
  • Berdiameter 3,81 cm untuk ukuran dewasa, untuk ukuran anak 2,54 cm.
  • Berat tongkat estafet 50 gram.

Adapun pemegangan tongkat estafet ini boleh dengan tangan kanan ataupun kiri. Dalam pengoperan pelari pertama ke pelari berikutnya, tongkat estafet harus dipegang di belakang garis start dan tidak menyentuh garis start.

Teknik Pemberian dan Menerima Tongkat Estafet

Teknik pemberian atau pengoperan tongkat juga harus diperhatikan. Bagaimana memudahkan untuk penerimaan. Untuk lebih mudah memahaminya, perhatikan ulasan berikut ini ;

– Jika pemberian dilakukan dari atas, maka di saat jarak sudah dekat dengan penerima tongkat setelahnya, ayunkan tongkat dari depan melalui atas. Dan, jika pemberi memberikan tongkat estafet dengan tangan kiri, maka penerima menerima dengan tangan kanan.

– Adapun jika pemberian dilakukan dari bawah, maka di saat jarak sudah dekat dan tongkat estafet au diberikan, maka tongkat diayunkan dari arah belakang ke depan melalui bawah. Jika pemberi tongkat memberi dengan tangan kanan , maka penerima tongkat, menerima dengan tangan kiri.

Hal yang harus dilakukan sang penerima tongkat pada lari estafet dalam jarak 4 x 400 meter adalah, melihat atu menoleh ke belakang untuk mengambil tongkat estafet. Adapun bagi pelari estafet yang bejarak 4 x 100 meter tidak menoleh ataupun melihat ke belakang. Dikarenakan jarak yang tidak jauh.

 

Itulah pengertian dan cara-cara yang terkait dengan lari estafet. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pemain harus mentaati peraturan lari estafet. Sekiranya cukup penjelasan mengenai lari estafet, semoga dengan pembahasan ini bisa menambah pengetahuan kita, dan bermanfaat.

Tinggalkan komentar