Ketahuilah Pengertian Pergaulan Bebas Beserta Dampak Bahayanya

PENGERTIAN PERGAULAN BEBAS – Hai sobat satujam! Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai pengertian pergaulan bebas. Sebagaimana yang telah anda ketahui bagaimana pergaulan bebas yang terjadi di zaman sekarang ini. Oleh karena itu, kita harus tahu apa pengertian dari pergaulan bebas agar diri kita bisa terjaga.

Sebenarnya hal ini juga penting untuk para orang tua yang memiliki sang buah hati yang menginjak di usia muda. Kebanyakan pergaulan bebas menyerang para ABG (Anak Baru Gede) yang mereka kurang mendapat perhatian ataupun teguran dari orang tua.

Nah, supaya lebih jelasnya mengenai pengertian pergaulan bebas, mari kita simak penjelasan-penjelasan yang terdapat di bawah ini.

Pengertian Pergaulan Bebas

Pengertian Pergaulan Bebas
i.ytimg.com

Pengertian pergaulan bebas menurut yang tercantum pada kamus KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pergaulan mempunyai makna suatu kehidupan berkawan atau bermasyarakat. Adapun bebas mempunyai makna tanpa halangan, lepas. Jadi bisa disimpulkan bahwa pengertian pergaulan bebas adalah kehidupan yaitu dengan aktivitas (perilaku) apapun dengan leluasa tanpa halangan dan tak terjaga serta tak terkait dengan aturan.

Namun, jika dilihat dari segi Agama, pergaulan bebas bisa diartikan dengan pergaulan atau semua perilaku yang tak didasari dengan dasar agama atau tak sesuai dengan aturan agama islam.

Dampak, Akibat Serta Bahaya Pergaulan Bebas

Pengertian Pergaulan Bebas
abiummi.com

Dengan adanya pergaulan bebas yang terdapat di tanah air kita tercinta ini sangat memberikan dampak negative serta bahaya yang sangat tidak diharapkan. Hal ini disebabkan para remaja Indonesia tak dapat menyaring kabar-kabar atau informasi yang datang ke mereka. Mereka menerima dan menelan kabar-kabar tersebut secara entah dan tanpa menghiraukan norma sosial yang terdapat di masyarakat.

Nah, jika hal tersebut terus dibiarkan dan tak ada penindak lanjutan yang lebih serius, maka hal itu akan membahayakan diri mereka dan Negara Republik Indonesia ini. Karena remaja-remaja terserang dengan pergaulan bebas maka tidak ada lagi penerus bangsa.

Akibat Pergaulan Bebas
cyprusalive.com

Banyak sekali kasus atau dampak negatif dari pergaulan bebas antara lain adalah.

1. Dampak negatif yang paling besar/utama dari pergaulan bebas adalah seks bebas. Dengan hal itu, banyak sekali remaja generasi bangsa yang terkena penyakit menular seksual (PMS) semisal HIV/AIDS yang mana belum terdapat penawar dari penyakit tersebut.

2. Dampak negatif yang lain adalah narkoba yang beredar di mana-mana. Kecanduan narkoba akan mengakibatkan seseorang turunnya kualitas mereka. Dan masih banyak lagi dampak-dampak negatif serta bahaya dari pergaulan bebas.

Nah, seperti itulah pengertian serta dampak negatif, akibat, serta bahaya dari pergaulan bebas yang menyerang para remaja. Untuk itu, bagi para orang tua harus benar-benar menjaga serta memberi pengawasan yang ketat untuk anaknya, agar tidak terjadi suatu hal yang tidak diinginkan.

Sekiranya dengan ulasan di atas sudah bisa dipahami. Semoga dengan ulasan di atas bisa menambah pengetahuan serta bermanfaat untuk kita semua dan meningkatkan kewaspadaan orang tua terhadap anaknya, wassalam.

Tinggalkan komentar