Makanan dan Oleh-oleh Khas Magetan yang Harus Dicoba dan Dirasakan

Membahas makanan dan oleh-oleh khas suatu daerah, pastinya di daerah anda juga memiliki makanan dan oleh-oleh khas tersendiri. Itupun berbeda-beda dalam bentuk rasa dan bentuk penyajiannya. Yang perlu kita ketahui, Negara Indonesia ini terdapat makanan yang sangat banyak di setiap daerahnya.

Dikarenakan, Negara Indonesia ini memiliki tanah yang sangat bagus untuk ditanami tumbuhan-tumbuhan. Sehingga, semua kebutuhan makanan, beserta rempah-rempahnya sangat terlengkapi. Sampai-sampai kayu yang ditancapkan saja bisa tumbuh dan membuahkan makanan pokok (singkong.)

Terkadang kalau kita tahu, makanan yang kita anggap biasa dan mudah kita dapatkan di daerah kita, itu menjadi sepektakuler dan diminati oleh banyak orang di luar negeri sana. Contoh, tempe sangat dicari-cari oleh orang-orang luaran sana. Padahal tempe termasuk hal yang biasa di kalangan kita.

Di kesempatan ini, kita akan membahas salah satu makanan khas daerah yang terdapat di daerah Jawa Timur, yaitu makanan dan oleh-oleh khas Magetan. Salah satu makanan khas daerah Jawa Timur ini mempunyai ciri khas yang berbeda.

Nanti akan kita ketahui berbagai macam makanan dan oleh-oleh khas daerah Magetan. Dan lebih lanjutnya lagi, mari kita simak catatan atau daftar makanan dan oleh-oleh khas Magetan menurut keterangan berikut ini ;

Makanan Khas Magetan yang Penuh Cita Rasa

Magetan memang kota yang terbilang kecil,bahkan mayoritas daerahnya masih  berada di  pelosok-pelosok desa. Tapi, perlu kita ketahui  makanan khas daerah Magetan ini rasanya sangat berbeda sekali dengan makanan yang lain yang jenisnya sama. Anda masih penasaran, mari kita kupas satu persatu makanan khasnya

Tepo Tahu Ala Magetan

Tepo Tahu Ala Magetan
i.ytimg.com

Mendengar nama makanan tradisional ini, pastinya anda merasa aneh. Aku pun juga merasakan hal yang sama dengan anda. Pertama aku tinggal di pesantren yang terletak di daerah Magetan, aku melihat teman-teman berdiskusi dan membahas tentang makanan khas ini. Biasa, anak pesantren.

Aku pun tertarik dengan makanan tersebut, karena harga dan enaknya makanan ini tidak sebanding. Dengan harga yang murah bisa mendapat nikmatnya makanan khas ini. Coba bayangkan, makanan yang terdiri dari lontong dan sayuran ini, mayoritas di warung-warung cuma seharga Rp 4.000 sampai Rp 6.000.

Dengan harga yang terjangkau sudah dapat mencicipi tepo tahu yang sayurannya meliputi, Sayur bayam,kangkung, toege, kubis, dan tak luput dari irisan-irisan tahu. Dan sebelum disajikan, tepo tahu dituangi dengan bumbu kecap, atau di warung yang lain dituangi dengan sambel pecel.

Makanan ini bisa kita jumpai di warung-warung atau tempat makan Magetan, karena banyaknya warung dan tempat makan yang menyajikan makanan ini, jadi tidak usah repot mencari-cari makanan tepo tahu ini. Gimana, anda tertarik. Anda wajib mencoba bila berwisata ke Magetan.

Sate Kelinci Magetan

Sate Kelinci Magetan
sepatukulitmagetan.net

Lanjut ke sate kelinci. Sate kelinci memang sudah banyak didapati di daerah mana saja sekarang ini. Tapi, di daerah Magetan yang sudah anda ketahui ini, menyajikan sate kelinci yang luar biasa enaknya. cita rasa yang menggugah selera jika and mengetahuinya.

Sate kelinci ini sangat trend di Magetan. Penyajian yang unik dan khas ini bisa kita nilai cukup praktis dan simple. Penyajian sate ini disediakan bersama lontong dan dituangi sambel kacang yang khas. Kalau soal rasa tidak perlu ditanyakan lagi.

Cita rasa makanan yang khas ini dapat kita dapati di berbagai tempat sekitar Magetan. Bahkan di pinggiran jalan terdapat warung yang menyajikan sate kelinci Magetan. Tak perlu jauh-jauh lagi, di sekitar perdesaan saja sudah ada yang menyajikannya, dan kadang bisa ditemui penjual keliling memakai gerobak.

Anda sudah tahukan makanan sate kelinci ini, bagi anda yang belum pernah mencicipi makanan ini, luangkan waktu anda berlibur ke Magetan dan mencicipi makanan khas ini.

Jajanan Mgetan, Sempolan

Jajanan Mgetan, Sempolan
duniaqtoy.com

Sempolan, nama yang unik dan agak lucu. Pasti anda terheran dengan makanan ini, bukankah begitu? Begitulah Kota Magetan yang memiliki khas makanan yang unik dan beragam. Mendengar nama makanan ini saja sudah penasaran, apalagi mencicipi makanannya.

Selain nama dan rasanya yang aneh, bentuk penyajian makanan ini juga aneh dan menarik. Sempolan terbuat dari tepung terigu dan dibuat adonan serta di campur dengan rempah-rempah seperti, garam, bawang, dan bisa juga dicampur dengan gilingan daging ayam, supaya lebih nikmat.

Proses penyajiannya juga lumayan simple, adonan tadi dibuat di tusuk bambu, lalu diolesi telur dan digoreng. Setelah matang, ditaruh di piring dan dituangi saus tomat dan kecap. Tapi di warung yang lain, kadang saus tomat dan kecap itu dipisahkan dengan sempolannya.

Rasa sempolan itu kenyal dan gurih. Sempolan ini paling banyak didapati di daerah Gorang Gareng. Hampir setiap warung yang berada di pinggir jalan menyajikan jajanan ini.

Nasi Pecel Ala Magetan

Nasi Pecel Ala Magetan
plus.google.com

Pecel, makanan ini sudah sering kita dengar di daerah kita masing-masing. Cita rasa dan kelezatannya sudah kita ketahui masing-masing. Dan yang lebih diketahui keenakan pecelnya itu adalah pecel Madiun, dengan sambel pecel yang luar biasa rasanya.

Tapi, pecel Magetan tidak mau kalah dengan pecel tetangga (Madiun.) Di Magetan banyak warung yang akan anda dapati yang menyediakan pecel. Hampir setiap warung makan menyediakan makanan ini, karena makanan ini sudah menjadi cir khas orang Magetan.

Memakan pecel biasanya kurang asyik dan kurang sempurna jika tidak ada gorengan dan kerupuk. Tapi, makan pecel bisa ditemani oleh lauk yang kita inginkan, seperti peyek, ayam, ataupun lele. Harganya pun juga tidak terlalu mahal. Eh, jangan lupa minumnya, apapun makanannya, minumnya es teh / teh hangat.

Bakso Granat Barat Ala Magetan

Bakso Granat Barat Ala Magetan
cdns.klimg.com

Bakso granat barat ala Magetan, nama yang cukup indah untuk bakso ini. Bakso yang bukan bakso biasa ini mempunyai ukuran bakso yang lumayan untuk mengenyangkan perut kita. Bakso sekarang ini kalau tidak besar, kurang mantap.

Bakso granat ini sangat diminati oleh warga setempat, Sehingga yang telat datang tidak kebagian bakso jumbo ini. Antrianya pun juga tidak sedikit, bahkan pemesanannya bisa lebih dari 1 porsi, tapi untuk dibawa pulang, hehehe. Tapi, kalau soal rasa tidak perlu ditanyakan lagi, pasti anda akan mendapatkan jawabannya setelah anda merasakan bakso granat ini.

Ayam Panggang Ala Magetan

Ayam Panggang Ala Magetan
pbs.twimg.com

Ayam panggang ala Magetan, berbagai makanan khas Magetan ini memiliki nama dan bentuk makanan yang aneh. Apalagi ayam panggang ini, makanan ini yang paling terkenal di kalangan masyarakat Magetan ini sangat diminati mereka.

Banyak warung makan yang menyediakan makanan ini, tapi nama yang sudah populer di kalangan masyarakat adalah warung makan ayam panggang Bu Setu Gandu. Lokasi warung makannya di daerah desa Gandu, kec. Karangrejo. Warung makan ini menyajikan ayam panggang dengan lesehan.

Ayam panggang ini memiliki cita rasa yang sangat menggigit, apalagi tersediakan lalapan yang lengkap. Sehingga yang memakannya pasti ingin tambah lagi, tapi sayangnya satu porsi saja sudah mengenyangkan.

Oleh-oleh Khas Magetan yang Harus Kamu Bawa

Selain makanan khas Magetan di atas, ada juga oleh-oleh khas makanan Magetan. Tapi, kalau ini yang makanan ringan. Oleh-oleh khas ini terdapat beberapa macam jenisnya. Dan tak kalah dengan makanan-makanan khas di atas, karena makanan ini bisa dimakan dimana saja dan kapan saja, praktis membawanya.

Oleh-oleh ini bisa kita dapatkan di toko khusus yang menjualnya. Bisa kita dapatkan di toko Tiara yang terletak di Jl. Sawo. Untuk anda yang berlibur ke Magetan, wajib membawa oleh-oleh khas Magetan ini. Kalau anda tidak membawa oleh-oleh khas ini, sesampainya anda di rumah, pasti nyesel. Sebelum anda menyesal karena hal tersebut, jangan lewatkan makanan khas-khas Magetan ini ;

 Rengginan

Rengginan adalah makanan ringan yang terbuat dari beras ketan, biasanya dibuat untuk camilan. Rengginan memiliki rasa gurih dan renyah, kalau enaknya tidak perlu ditanyakan lagi. Rengginan sangat cocok dibawa sebagai oleh-oleh untuk keluarga, untuk bapak, ibu, maupun kakak atau adik. Salah satu  kota yang terdapat oleh-oleh makanan rengginan adalah Kota Magetan.

Roti Bolu Panggang

Roti bolu, makanan ini juga disebut sebagai makanan ringan. Roti bolu ini sangat cocok disediakan saat pernikahan, acara keluarga, dan saat bersantai di pagi hari yang menjadi teman untuk minum kopi maupun teh. Roti bolu panggang dengan rasa yang manis dan lembut di mulut membikin ketagihan anda. Makanan ini menjadi salah satu oleh-oleh khas Magetan.

Madu Mongso

Madu mongso, kamu pasti heran dengan makanan ini, karena makanan ini memang jarang dijumpai kecuali di daerah Jawa Timur. Makanan ini terbuat dari ketan hitam asli yang tanpa campuran. Dan kalau anda menjumpai makanan khas ini paling di waktu lebaran.

Makanan ini berasa manis, dan bingkisannya pun juga terlihat manis. Makanan ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Karena makanan ini mampu bertahan lama, kira-kira bisa tahan 5 sampai 6 bulan. Anda dapat menjumpai oleh-oleh makanan ini di Magetan. Karena ini adalah salah satu oleh-oleh khas Magetan.

Jenang Candi

Jenang candi, makanan ini sebenarnya sudah sangat populer sejak dahulu, bahkan sekitar tahun 1993. Jenang candi ini mempunyai nama yang cukup banyak, dan lebih dikenal di kalangan masyarakat dengan sebutan jenang dodol. Makanan ini sudah ada sejak zaman Belanda dulu.

Makanan ini menjadi salah satu dari oleh-oleh khas Magetan. jarang kita dapati makanan-makanan tradisional seperti ini, kecuali di daerah tertentu. Membuat makanan seperti ini cukup memakan waktu yang lama, bahkan dapat memakan waktu hingga 8 jam.

Nah, itulah makanan khas dan oleh-oleh khas magetan yang wajib anda coba. Ketika anda ke magetan maka jangan lewatkan untuk mencicipi makanan khas magetan dan membawa pulang oleh-oleh khas magetan.

Satu pemikiran pada “Makanan dan Oleh-oleh Khas Magetan yang Harus Dicoba dan Dirasakan

Tinggalkan komentar