9+ Makanan dan Oleh-oleh Khas Garut yang Wajib Anda Coba

OLEH-OLEH KHAS GARUT – Berbicara tentang makanan dan oleh-oleh khas khas yang terdapat di suatu daerah, pasti anda mempunyai bayangan bahwa makanan dan oleh-oleh yang paling enak itu di daerah ini dan itu. Betul tidak, tapi jangan salah dulu, kita bisa menilai makanan dan oleh-oleh yang enak itu jika kita sudah mencobanya.

Makanan dan oleh-oleh yang terdapat di tanah kita tercinta ini sangatlah banyak dan beraneka ragam, tentunya memiliki ciri khas dan rasa yang tersendiri. Begitu juga benda-benda yang khusus atau populer di kalangan mereka. Salah satu contohnya adalah tongkat madura. Bahkan itupun diperjualbelikan, namun harga tongkat madura sangatlah terjangkau.

Dan sekarang mari kita bahas makanan dan oleh-oleh khas daerah Garut. Garut mempunyai khas makanan dan oleh-oleh yang lumayan banyak. Dan bentuk dan jenisnya pun unik dan beragam. Kota Garut walaupun tidak terlalu besar daerahnya tapi memiliki banyak wisata dan begitu pula oleh-oleh khasnya.

Untuk anda yang berwisata ke kota Garut jangan sampai melewatkan untuk mencoba makanan khas Garut serta membawa oleh-oleh khas Garut yang sangat cocok untuk oleh-oleh keluarga yang ada di rumah. Untuk mengetahuinya lebih lanjut mari kita simak makanan dan oleh-oleh khas Garut di bawah ini;

Makanan dan Oleh-oleh Khas Ala Garut

Makanan dan oleh-oleh khas Garut mempunyai kualitas yang tinggi dan terjamin. Dengan memanfaatkan hasil alam yang ada di sekitarnya menjadi makanan yang unik dan beraneka ragam. Yang tidak kalah penting, untuk mendapatkan makanan ini tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak, karena harga yang murah dan tersedia kapan saja.

1. Soto Khas Garut yang Bikin Lidahmu Bergoyang

Soto Oleh-oleh Khas Garut
us.images.detik.com

Berwisata ke Garut sangat menyenangkan dan terasa lengkap jika anda sudah mencicipi makanan khas yang terdapat padanya. Soto khas Garut ini memiliki rasa yang berbeda dengan soto yang biasanya.

Bahan-bahan yang terdapat padanya adalah, daing sapi, kuah kaldu, kecambah, kubis, dan santan yang membikin rasa menjadi tambah gurih. Aroma yang terdapat pada soto tersebut memang tidak bisa ditahan. Daging sapi yang lembut tersebut bersatu padu dengan kuah kaldu yang gurih, sehingga tidak sabar untuk memakannya.

2. Bakso Aci Khas yang Memuaskan Perut Anda

Bakso Aci Oleh-oleh Khas Garut
gitacremonandra.files.wordpress.com

Bakso aci, makanan ini terbuat dari tepung kanji. Makanan ini tersajikan seperti bentuk makanan soto, yang mempunyai kuah dan ditaburi dengan bawang goreng dan seledri yang dipotong kecil-kecil. Kuah bakso aci mempunyai rasa yang gurih.

Dengan harga yang terjangkau, anda dapat mencicipi makanan khas Garut ini dengan lezat. Bagi anda yang berlibur ke kota Garut, jangan sampai terlewatkan dengan makanan khas ini.

3. Es Goyobod yang Bikin Seger Tenggorokan

Es Goyobod Oleh-oleh Khas Garut
resepdanmasakan.com

Es goyobod, dari namanya saja sudah mengesankan, apalagi rasanya. Es Goyobod ini bisa anda dapati di daerah kota Garut, terlebih lagi jika anda berada di alun-alun kota Garut. Anda akan lebih mudah lagi untuk mendapatkan es goyobod.

Maka dari itu, setelah kamu berwisata, berjalan-jalan di sekitar kota Garut, sempatkan waktu anda untuk berhenti dan merasakan es goyobod ini. Dijamin rasanya yang enak dan seger ini akan menghilangkan kecape’an anda. Selamat mencoba.

4. Chocodot Bervariasi Dodol yang Hanya Ada di Garut

Chocodot Oleh-oleh Khas Garut
mainmakanminum.blogspot.co.id

Makanan tradisional asal Garut ini menjadi sebuah produk yang pertama keluar di dunia ini. cokelat ini berisi dodol yang divariasikan dengan cokelat. Makanan ini sangat diminati oleh masyarakat Indonesia. Banyak sekali yang mencari-cari produk ini.

Makanan khas Garut memang banyak yang divariasikan dengan dodol yang terkenal banget khas Garutnya. Salah satunya adalah makanan ini. Anda bisa mendapatkan makanan ini di toko-toko makanan dan oleh-oleh khas Garut.

5. Dorokdok, Kerupuk Khas Garut yang Gurih dan Renyah

Dorokdok Oleh-oleh Khas Garut
services.sportourism.id

Dorokdok, makanan ini adalah kerupuk yang terbuat dari kulit sapi pilihan yang kemudian diolah dengan rempah-rempah istimewa dan menghasilkan cita rasa khas yang gurih dan renyah. Makanan ini sudah populer di kalangan masyarakat Garut maupun luar Garut.

Bagi anda yang menginginkan kerupuk kulit ini sebaiknya berlibur ke Garut dengan merasakan suasana kota Garut dan mencicipi jajanan khas Garut. Anda bisa mendapatkannya di sepanjang jalan Sukaregang dan jalan Otista Tarogong. Yang lebih pasti di toko khusus oleh-oleh khas Garut.

6. Rangginang Ala Garut yang Memanjakan lidah

Rangginang Oleh-oleh Khas Garut
resepterupdate.com

Rangginang, makanan ini adalah salah satu makanan  oleh-oleh khas Garut. Makanan ini sebenarnya juga menjadi oleh-oleh khas Magetan. Tapi, di setiap daerah memiliki rasa dan bentuk yang berbeda-beda. Makanan ini dibuat dari beras ketan.

Yaitu, prosesnya ketan dikukus, lalu setelah matang lanjut dibentuk menjadi bulat pipih, langkah selanjutnya adalah dijemur. Proses penjemuran bisa memakan waktu berhari-hari, supaya rangginang ini sewaktu digoreng bisa mengembang dan kering. Bagi anda yang mau mencicipi makanan ini, anda bisa dapati di toko khusus oleh-oleh khas Garut.

7. Ladu Garut yang Cocok untuk Suatu Acara

Ladu Oleh-oleh Khas Garut
img-global.cpcdn.com

Makanan camilan ini berasal dari daerah Garut, Jawa Barat. Makanan ini mempunyai rasa yang sangat enak dan proses pembuatannya cukup sederhana. Yang dibutuhkan dalam proses pembuatannya adalah, beras ketan, santan, kelapa, dan gula merah (aren.)

Makanan camilan ini sangat cocok dibuat oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Sebagaimana para wisatawan yang berlibur e Garut, mereka banyak yang membeli makanan camilan ini salah satunya.

8. Opak Khas Garut yang Mantap

Opak Oleh-oleh Khas Garut
jelajahgarut.com

Opak, makanan ini berasal dari khas Sunda dan merupakan makanan yang sudah cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. makanan camilan ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan rempah-rempah seperti garam, gula dan penyedap lainnya yang menghasilkan aroma dan cita rasa yang khas dan mantap.

Camilan opak mempunyai 2 rasa, yaitu rasa manis dan asin. Bagi anda yang mau mencoba dan mencicipi makanan camilan khas Garut ini, anda bisa dapatkan di toko-toko khas Garut.

9. Wajit Garut yang Cocok untuk Menemani Kopi Anda

Wajit Oleh-oleh Khas Garut
img-global.cpcdn.com

Wajit, makanan camilan ini terbuat dari dasar beras ketan yang dikukus kemudian direbus bersamaan dengan larutan gula dan santan. makanan ii dikenal di Jawa Tengah dan di daerah lain dengan sebutan wajik. Makanan camilan ini sudah sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia dengan rasanya yang manis.

Selain mempunyai rasa yang begitu memanjakan lidah, Wajit mempunyai bentuk yang begitu unik, dan biasanya camilan ini  dibungkus dengan pelepah kulit jagung yang sudah dikeringkan. Jika anda sudah pernah mencicipi makanan camilan ini, pasti anda akan ketagihan dengan cita rasa yang khas itu.

10. Dodol Ala Garut Sangat Cocok untuk Oleh-oleh

Dodol Oleh-oleh Khas Garut
upload.wikimedia.org

Dodol, inilah makanan jajanan yang sangat terkenal dengan asli Garut.  Garut mempunyai  produk dodol yang sangat terkenal dan berbagai macam jenisnya. Dodol di kalangan Garut, dijadikan bervariasi dengan makanan lainnya seperti,  Chocodot dan lain sebagainya.

Dodol mempunyai banyak warna dan mempunyai ukiran unik pad bentuk makanan tersebut. Rasanya pun juga bervariasi. Dengan banyaknya macam jenis dodol, anda dapat memilih jenis dan macam dodol kesukaan anda. Dodol sangatt cocok dibawa pulang untuk oleh-oleh keluarga tercinta.

Itulah makanan khas Garut yang harus anda coba, walaupun sekali seumur hidup anda. Hehehe…

Tinggalkan komentar