Makanan dan Oleh-oleh Khas Bekasi yang Tak Boleh Anda Lewatkan

Makanan dan oleh-oleh khas lagi, dan lagi. Makanan khas Indonesia tidak boleh anda lewatkan, yang salah satunya adalah makanan dan oleh-oleh khas Bekasi. Bekasi adalah kota yang berada di Jawa Barat, dan kota ini berkembang menjadi kota kaum urban dan sentral industri. Dan kota ini disebut juga kota pejuang dan kota pejuang.

Bekasi mempunyai tempat wisata yang cukup banyak. Sehingga para wisatawan pun berbondong-bondong menuju kota tersebut untuk menikmati keindahan alam yang luar biasa. Tetapi selain terdapat banyak wisata padanya, kota ini juga mempunyai makanan dan oleh-oleh khas yang sangat istimewa.

Ketika anda berlibur ke kota Bekasi, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas dan oleh-oleh khas kota Bekasi untuk keluarga tercinta. Untuk mengetahui makanan dan oleh-oleh khas Bekasi, berikut penjelasan macam-macam makanan dan oleh-oleh khasnya ;

1. Sayur Asem Ala Bekasi

Sayur Asem Ala Bekasi
hafsah-nuraini.blogspot.co.id

Sayur asem Bekasi, sayur ini tidak sebagaimana sayur asem biasa di perumahan. Sayur asem Bekasi ini mempunyai cita rasa yang khas dan unik. Permulaan adanya sayur asem ini, dikarenakan dulu di saat negeri kita tercinta ini mengalami keterbatasan pokok bahan makanan.

Dari itu, rempah-rempah dan bumbu seadanya saja yang dipakai untuk memasak sayur. Dimasaklah sayur itu dengan buah asem dan dicampur dengan cabe, garam dan rempah-rempah seadanya. Menyebabkan sayur itu berasa asam, dan diberi nama dengan sayur asem.

Nah, setelah capeknya bermain di tempat wisata, jangan lupa mampir di warung untuk mencicipi masakan khas Bekasi ini.

2. Sayur Gabus Pucung Ala Bekasi

Sayur Gabus Pucung Ala Bekasi
indietravelers.blogspot.co.id

Sayur gabus pucung, makanan ini sangat populer di kalangan masyarakat Bekasi, bahkan di luar Bekasi pun juga sangat populer. Makanan ini sudah pernah memecahkan rekor, karena dapat menyajikan 3000 porsi untuk dibagikan oleh Walikota setempat.

Makanan ini mempunyai bentuk unik dan khas, adapun soal rasa tak perlu ditanyakan lagi. Sayur ini dibuat dari ikan gabus yang digoreng, kemudian dicampurkan rempah-rempah yang sudah disajikan seperti bawang putih, ketumbar, garam dan sebagainya. Lalu rempah -rempah tersebut dilumatkan dan digoreng sampai mengeluarkan aroma yang nikmat.

Setelah itu, ikan gabus dimasukkan sampai bumbu tersebut meresap. Itulah sayur gabus pucung ala Bekasi, bagi anda yang berlibur ke Bekasi, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas ini.

3. Kue Dongkal Ala Bekasi

Kue Dongkal Ala Bekasi
goodnewsfromindonesia.id

Kue dongkal ala Bekasi, melihat dan mendengar  makanan ini, pasti terdengar agak asing dan unik di telinga anda. Anda pun pastinya dapat menilai akan makanan ini. Tak diragukan lagi dengan makanan yang cukup sederhana ini.

Walaupun terbuat dengan bahan yang sederhana, makanan ini memiliki rasa yang begitu manis dan gurih. Makanan ini terbuat dari tepung beras, gula jawa, gula pasir, dan ditaburi dengan kelapa parut di atasnya. Anda wajib mencoba dan mencicipinya sewaktu berlibur ke kota Bekasi.

4. Kue Rangi Ala Bekasi

Kue Rangi Ala Bekasi
farm4.static.flickr.com

Kue rangi ala Bekasi, makanan khas di setiap daerah itu mempunyai nama dan bentuk yang unik. Salah satunya makanan kue rangi ini. Pertama kali mendengar nama makanan ini terasa asing di telingaku, begitu juga anda pastinya. Penasaran bentuk dan seperti apa keunikannya.

Makanan ini terbuat dari tepung sagu yang dicampur dengan parutan kelapa yang kasar dan garam, lalu diaduk dan dipanggang sampai mengering. Setelah itu, tinggal disiram dengan gula merah (aren) yang dicairkan di atasnya. Soal rasa, tak perlu diragukan.

5. Kue Akar Kelapa Ala Bekasi

Kue Akar Kelapa Ala Bekasi
infokuliner.com

Kue akar kelapa ala Bekasi, makanan ini sangat cocok diberi nama akar kelapa, karena bentuknya memang seperti akar kelapa beneran. Makanan ini sudah sangat populer di kalangan masyarakat, apalagi di saat waktu lebaran. Berhubung anda hanya bisa memakan jajanan ini sekali per tahunnya, anda bisa dapatkan makanan ini ketika anda berlibur ke kota Bekasi.

Makanan ini sangat cocok dibuat oleh-oleh untuk keluarga tercinta di rumah. Jangan sampai anda terlewatkan untuk tidak membeli makanan ini untuk keluarga tercinta ketika anda berlibur ke kota Bekasi.

6. Jajanan Dodol Ala Bekasi

Jajanan Dodol Ala Bekasi
kulinerbekasi.files.wordpress.com

Dodol ala Bekasi, jajanan dodol sangat banyak di daerah kota-kota Indonesia ini. Tapi, setiap daerah pastinya mempunyai rasa yang khas dan bentuk yang unik tersendiri. Jajanan dodol ini juga terdapat di kota Bekasi yang banyak tempat wisata dan makanan khasnya.

Dodol ala Bekasi ini, sangat diminati oleh para wisatawan yang berkunjung di Bekasi. Rasa yang manis dan kenyalnya membikin lidah bergoyang-goyang dan mbikin ketagihan. Maka dari itu, bagi anda yang berlibur ke kota Bekasi, jangan lupa untuk membawakan keluarga tercinta dengan oleh-oleh khas yang terdapat di kota Bekasi ini.

7. Kue Kembang Goyang Ala Bekasi

Kue Kembang Goyang Ala Bekasi
upload.wikimedia.org

Kue kembang goyang ala Bekasi, makanan ini sangat populer di kalangan masyarakat. Dinamakan dengan kembang goyang karena bentuknya seperti bunga, dan cara pembuatannya juga harus digoyang-goyang. Pemberian nama ini sangat cocok dengan bentuk dan cara pembuatannya.

Kue kembang biasanya sering didapati sewaktu lebaran. Bagi anda yang jarang menemui jajanan ini, anda bisa mudah mendapatkannya sewaktu anda berlibur ke kota Bekasi. Selamat mencoba dan mencicipi.

8. Kue Biji Ketapang Ala Bekasi

Kue Biji Ketapang Ala Bekasi
khasjakarta.co.id

Kue biji ketapang ala Bekasi, kue ini diberi nama dengan biji ketapang karena bentuknya sama seperti biji ketapang. Pohon ketapang dulu banyak didapati di tepi-tepi jalan besar, dan mempunyai biji yang keras. Kue ini terbuat dari tepung terigu, telur, mentega, dan gula.

Kue ini biasanya terbungkus dengan kertas minyak yang berwarna-warni, yang bisa menarik hati para wisatawan. Kue ini mempunyai rasa yang gurih, renyah dan kriuk. Dijamin, anda pasti ketagihan setelah mencoba kue biji ketapang ini.

9. Bandeng Rorod Ala Bekasi

 

Bandeng rorod ala Bekasi, bandeng ini salah satu makanan yang sangat menggugah selera ketika anda berlibur ke kota Bekasi. Bandeng rorod ini tidak berduri, maksudnya durinya sudah menjadi lunak, sehingga tidak tidak perlu repot-repot untuk menyingkirkan durinya ketika makan.

Dengan harga yang terjangkau anda sudah bisa menikmati makanan khas Bekasi ini dengan nikmat. Sudah terdapat dua rasa bandeng saat ini. Yaitu rasa original dan pedas. Bagi anda yang berlibur di kota Bekasi ini, anda tidak boleh melewatkan makanan khas yang lezat ini.

10. Kue Telur Gabus Ala Bekasi

Kue Telur Gabus Ala Bekasi
beverleylovestosew.blogspot.co.id

Kue telur gabus ala Bekasi, jajanan ini terbuat dari tepung terigu, telur, keju, garam, dan penyedap rasa. jajanan ini sudah sangat populer dikalangan masyarakat, dengan rasa gurih, dan kejunya yang terasa, membikin anda ketagihan untuk memakannya lagi.

Jajanan ini sangat cocok dibawa untuk oleh-oleh keluarga tercinta di rumah.Jangan sampai anda terlewatkan akan makanan ini. Jangan lupa membawanya untuk keluarga tercinta.

11. Bir Pletok Ala Betawi, Bekasi

Bir Pletok Ala Betawi, Bekasi
jejakjuli.com

Bir pletok ala Garut, sehabis kita membahas tentang makanan dan jajanan khas Garut, Sekarang kita membahas tentang minuman khas Garut. Salah satu minuman khasnya adalah bir pletok. Minuman ini terbuat dari rempah-rempah yang mampu menghilangkan pegal-pegal, masuk angin dan mampu untuk menghangatkan badan.

Walaupun nama minuman ini memakai nama bir, minuman ini tidak mengandung alkohol sama sekali. Minuman ini mempunyai banyak khasiat untuk tubuh kita. Maka dari itu, bagi anda yang berkunjung ke Bekasi, jangan lupa mencoba minuman bir pletok ini.

Itulah makanan dan oleh-oleh khas Garut. Jangan sampai anda lewatkan makanan dan oleh-oleh khas ini, terlebih lagi jika anda berwisata di kota Bekasi.

Satu pemikiran pada “Makanan dan Oleh-oleh Khas Bekasi yang Tak Boleh Anda Lewatkan

Tinggalkan komentar