Makanan dan Oleh-oleh Khas Bangka yang Paling Populer

Makanan Khas Bangka – Makanan dan oleh-oleh khas daerah sangat mempengaruhi kebudayaan. Budaya yang terdapat di Indonesia ini sangat banyak dan bermacam-macam di setiap daerahnya. Sehingga makanan, adat, dan kesehariannya pun berbeda-beda. Tapi Indonesia ini, walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu.

Suku apapun itu, daerah apapun itu, Indonesia ini tetap satu. Tapi, membahas makanan daerah sangatlah seru dan mbikin perut kita laper dan ngiler, hehe. Makanan dan oleh-oleh yang mau kita bahas adalah khas Bangka.

Bangka merupakan salah satu kota yang berada di Indonesia, dan juga merupakan bagian dari Kepulauan Provinsi Bangka Belitung, dan sekaligus menjadi Ibu Kota Provinsi. Kota Bangka cukup kaya dengan flora dan fauna, banyak kayu-kayu yang berkualitas dan sejenisnya yang diekspor ke luar negeri. Seperti:  Kayu Pelawan, Kayu Meranti, Ramin, Mambalong, Mandaru, Bulin dan Kerengas.

Begitu juga tanaman yang berada di Kota Bangka sangat bermacam-macam dan berkualitas, seperti:  Keramunting, buk-buk, Mate Ayem, Kapuk, Jelutung, Pulai, Gelam, Meranti rawa, Mentagor, Mahang, Bakau dan lain-lain.

Selain kekayaan flora dan fauna daerah Pulau Bangka Belitung, daerah ini memiliki tempat wisata yang banyak. Terlebih lagi pantai yang terdapat di daerahnya. Pulau Bangka Belitung ini juga mempunyai makanan dan oleh-oleh khas yang unik dan mempunyai cita rasa yang luar biasa.

Bagi anda yang mau berlibur ke Pulau Bangka, anda bisa lihat dan mengetahui makanan dan oleh-oleh khas Pulau Bangka terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya, simak daftar makanan dan oleh-oleh khas berikut ini ;

1. Lakso Khas Bangka dengan Kuah yang special

Lakso Oleh-oleh Khas Bangka
pbs.twimg.com

Lakso, mendengar nama makanan ini, pastinya akan terdengar asing di telinga anda. Apalagi bentuknya sangat asing di mata orang-orang luar Kepulauan Bangka. Makanan ini berbentuk seperti mie, tapi anda jangan salah, makanan ini bukan mie. Makanan ini terbuat dari tepung beras.

Penyajian lakso mirip dengan mie bakso, tapi faktor yang membedakannya, kalau mie bakso memakai daging sapi, adapun lakso dengan campuran daging ikan. Biasanya orang Babel (Bangka Belitung) mereka menyantap makanan ini dengan tambahan kerupuk, sosis, abon udang dan lain sebagainya.

Lakso sangat kaya dengan bumbu rempah-rempahnya, sehingga lakso memiliki rasa yang sangat mantap dan mempunyai kuah yang sangat gurih dan enak. Makanan ini sudah tersebar luas di daerah seperti Palembang, Medan, Jambi, Lampung. Dan bahkan sampai ke luar negeri seperti, Malaysia, Singapura.

Untuk itu, jika anda berlibur ke Pulau Bangka, jangan sampai anda melewatkan makanan lakso ini. Anda akan puas dengan keenakan rasanya, apalagi anda memakannya di saat hujan turun. Hangatnya makin terasa di tenggorokan dan perut kita, hehehe…

2. Lempah Khas Bangka Sangat Cocok untuk Hidangan

Lempah Oleh-oleh Khas Bangka
img-global.cpcdn.com

Lempah, makanan ini sangat cocok untuk menemani nasi putih hangat anda. Lempah adalah salah satu makanan khas daerah Pulau Bangka Belitung yang sudah sangat populer di mata masyarakat. Makanan ini terbuat dari bahan utama ikan kerapu yang mempunyai kandungan omega 3, yang sangat baik untuk pertumbuhan otak dan bagus untuk membantu kecerdasan otak anak.

Lempah sangat nikmat dijadikan sebagai lauk, dan selain itu, kandungan ikan tersebut dapat menangkal penyakit jantung. Makanan ini sangat diminati oleh para wisatawan yang berdatangan ke Pulau Bangka. Lempah mempunyai banyak jenis, yang diantaranya adalah, lempah kuning atau lempah nanas yang terbuat dari ikan kakap atau tengiri.

Ada juga lempah kulat, yaitu terbuat dari jamur yang dimasak bersamaan dengan santan. Dan ada juga lempah darat yang terbuat dari sayur sawi hijau yang dimasak dengan rempah-rempah yang istimewa. Bagi anda yang berkunjung ke Pulau Bangka Belitung, jangan sampai terlewatkan dengan lempah yang mantap ini.

3. Pantiaw Khas Bangka yang Memanjakan Lidah

Pantiaw Oleh-oleh Khas Bangka
scontent.cdninstagram.com

Pantiaw, makanan ini merupakan makanan khas Pulau Bangka yang sangat populer. Makanan ini banyak diburu oleh para wisatawan yang pergi ke sana. Maka dari itu, bagi anda yang berwisata ke Pulau Bangka, anda harus mencoba makanan yang satu ini.

Pantiaw juga mirip dengan kwetiaw yang terbuat dari bahan dasar tepung beras dan sagu. Makanan ini adalah makanan yang berkuah dengan rempah-rempah pilihan yang istimewa. Pantiaw merupakan makanan yang berkarbohidrat tinggi.

4. Kemplang Khas Bangka yang Enak buat Tambahan Lauk

Kemplang Oleh-oleh Khas Bangka
indonesiakaya.com

Kemplang, makanan ini juga disebut dengan kerupuk kemplang. Makanan ini terbuat dari ikan tenggiri. Memang cukup banyak makanan khas Bangka dengan bahan dasar ikan tenggiri dan tepung taphioka. Berbagai rasa pun bisa anda rasakan, dari rasa cumi-cumi, udang dan lain-lainnya, hasil tangkapan dari laut semua ikut serta dalam makanan khas ini.

Kemplang memiliki rasa gurih dan renyah, kemplang sangat nikmat jika dimakan bersaa sambal. Bagi anda yang berlibur ke kota Bangka, jangan sampai terlewatkan dengan makanan kas ini.

5. Bong Li Piang Khas Bangka yang Terasa Santannya

Bong Li Piang Oleh-oleh Khas Bangka
indonesiakaya.com

Bong lia piang, mendengar namanya saja pasti anda mengira bahwa makanan ini berasal dari Tiongkok. Jangan salah dulu, kue diberi nama dengan bong lia piang karena kue ini dibuat dengan perpaduan antara budaya pribumi dengan orang suku Hakka Tiongkok yang berimigrasi dari kota asalnya.

Kue ini pembuatannya sangat mudah dan tidak memerlukan bahan yang begitu banyak. Bahan dasar yang dibutuhkan antara lain adalah Tepung terigu, Gula merah (aren,) dan santan. Rasa kue ini manis keasaman dan gurih. Yang berupa selai nanas di dalamnya.

6. Kricu Khas Bangka Sangat Cocok untuk Camilan

Kricu Oleh-oleh Khas Bangka
s3.bukalapak.com

Kricu, makanan ini adalah salah satu jajanan khas Pulau Bangka Belitung yang sangat populer. Para wisata banyak yang menjadikan jajanan ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga tercinta di rumah. Makanan ini terbuat dari bahan utama telur cumi-cumi yang segar tangkapan dari laut dan tepung terigu.

Jajanan ini mempunyai bentuk yang unik, dan berwarna putih. Bagi anda yang berlibur ke daerah Bangka jagan lupa dengan jajanan lezat dan gurih ini, sangat cocok untuk oleh-oleh keluarga tercinta.

7. Getas Khas Bangka yang Cocok untuk Menemani Malam Anda

Getas Oleh-oleh Khas Bangka
ecs7.tokopedia.net

Getas, jajanan ini terbuat dari bahan utama ikan tenggiri. Jajanan ini sangat bayak diburu oleh para wisatawan yang berdatangan ke Pulau ini. Jajanan yang mempunyai rasa gurih dan renyah ini sangat memanjakan lidah anda dan selain itu juga mengandung protein yang tinggi.

Makanan yang enak dan juga harga yang terjangkau ini sangat enak dibuat tambahan lauk. Apalagi menjadi teman nonton televisi ataupun ngobrol. Bagi anda yang belum pernah mencoba makanan ini, anda bisa dapatkan di toko-toko makanan khas Bangka Belitung terdekat.

8. Lempok Cempedak Khas Bangka Paling Cocok unntuk Oleh-oleh Keluarga

Lempok Cempedak Oleh-oleh Khas Bangka
juallempokcempedak.blogspot.co.id

Lempok Cempadek, makanan ini terbuat dari buah cempedak yang kemudian diberi nama dengan lempok cempedak. Jajanan ini kalau di kota-kota lain biasa disebut dengan dodol. Mempunyai rasa yang manis dan juga kenyal sewaktu dikunyah.

Jajanan ini sangat cocok sebagai oleh-oleh untuk keluarga tercinta di rumah, ataupun untuk kerabat-kerabat yang menanti kehadiran anda setelah berlibur. Untuk anda yang berlibur ke Pulau Bangka Belitung, jangan sampai melewatkan oleh-oleh khas Babel ini.

9. Sambalingkung Khas Bangka yang Tanpa Pengawet

Sambalingkung Oleh-oleh Khas Bangka
ecs7.tokopedia.net

Sambalikung, makanan ini terbuat dari bahan dasar ikan tenggiri yang diolah dengan rempah-rempah pilihan dan istimewa. Sehingga menghasilkan rasa yang gurih dan lezat. Makanan ini biasa disebut dengan nama abon jika di daerah lain.

Sambalingkung tidak sebagaimana abon-abon biasa. Sambalingkung mempunyai struktur bentuk serutan panjang. Dan daging ikannya pun sangat terasa di lidah kita.

Itulah makanan dan oleh-oleh khas daerah Pulau Bangka Belitung yang bermacam-macam dan beragam. Bagi anda yang berlibur ke Pulu Bangka Belitung, jangan sampai terlewatkan untuk mencicipi makanan khas Bangka dan juga membawa oleh-oleh khas Bangka untuk keluarga tercinta.

Tinggalkan komentar