Ketahuilah 25 Nama Nabi dan Rasul Beserta Sifat dan Mukjizatnya

Nama Nama Nabi – Assalamu’alaikum, kembali lagi di portal afifbenzumaen, kali ini kami akan membahas mengenai nama nama nabi, nama nama nabi dan tugasnya, nama nama rasul allah, nama 25 nabi dan rasul secara berurutan, urutan nama nama nabi, nama nama malaikat, nama nama nabi dan mukjizatnya, nama2 nabi selain 25, urutan nabi dari 1-25.

Kita selaku umat islam memang wajib mengimani nabi, sebelum kita mengimaninya kita harus mengetahui nama nama nabi agar lebih mudah dan lebih paham.

Yuk langsung saja simak artikel dibwah ini ya kawan-kawan.

25 Nama-nama Nabi dan Rasul yang Wajib diketahui

Nama nama Nabi
perkarahati.files.wordpress.com

Dibawah ini adalah daftar nama 25 nama-nama nabi dan Rasul yang wajib kita ketahui.

  1. Adam AS.
  2. Idris AS.
  3. Nuh AS.
  4. Hud AS.
  5. Soleh AS.
  6. Ibrahim AS.
  7. Luth AS.
  8. Ismail AS.
  9. Ishak AS.
  10. Yakub AS.
  11. Yusuf AS.
  12. Ayub AS.
  13. Sueb AS.
  14. Musa AS.
  15. Harun AS.
  16. Zulkifli AS.
  17. Daud AS.
  18. Sulaiman AS.
  19. Ilyas AS.
  20. Ilyasa AS.
  21. Yunus AS.
  22. Zakaria AS.
  23. Yahya AS.
  24. Isa AS.
  25. Muhammad SAW

Pengertian Nabi dan Rasul

25 Nabi
bayanbox.ir

Tahukah kamu bahwa nabi dan rasul itu berbeda, antara nabi dan rasul terdapat pengertiannya masing-masing. Kamu juga harus mengetahui pengertian nabi dan rasul agar tidak keliru.

Di dalam ajaran agama islam, nabi adalah seseorang dengan jenis kelamin laki-laki yang memperoleh wahyu dari Allah SWT namun tidak wajib menyebarluaskan wahyu tersebut kepada orang lain.

Sedangkan, Rasul merupakan seseorang yang mendapatkan wahyu dari Allah SWT dan mempunyai kewajiban untuk menyebaluaskan wahyu tersebut kepada umatnya, sebagai petunjuk dan jalan hidup.

Perbedaan Nabi dan Rasul

Perbedaan Nabi dan Rosul
silaturahim.co.id

Sekarang kamu sudah tahu kan pengertian nabi dan rasul, kini kamu juga harus mengetahui perbedaan Nabi dan Rasul, karena antara Nabi dan Rasul itu berbeda. Perbedaan Nabi dan Rasul lebih menitik beratkan pada tugasnya masing-masing.

Setiap Rasul pastilah seorang Nabi, tapi tidak setiap nabi itu seorang rasul. Dengan kata lain, jumlah nabi jauh lebih banyak dibanding jumlah rasul.

Seperti yang dijelaskan dalam berbagai sumber seperti hadits bahwa jumlah nabi sangatlah banyak yaitu ada 124 ribu orang, sedangkan jumlah rasul hanya ada 312.

Hal ini juga dijelaskan dengan adanya hadits yang diriwayatkan At-Turmuzy, berikut ini bunyi dari haditsnya;

“Dari Abi Zar ra bahwa Rasulullah SAW bersabda ketika ditanya tentang jumlah para nabi, “(Jumlah para nabi itu) adalah seratus dua puluh empat ribu (124.000) nabi.” “Lalu berapa jumlah Rasul di antara mereka?” Beliau menjawab, “Tiga ratus dua belas (312)” (HR. At-Turmuzy)”

Nah, ternyata jumlah nabi itu banyak sekali kan teman-teman. Bayangkan saja, selama ini kita hanya mengetahui sebanyak 25 nabi, ternyata Allah Yang Maha Kuasa menurunkan 124ribu nabi yang di utus ke dunia untuk menyebarkan agama Islam.

Sifat-sifat Wajib Bagi Nabi dan Rasul

Sifat Wajib bagi Rasul
datdut.com

Nabi dan Rasul adalah utusan Allah yang diperintahkan untuk menjadi petunjuk kepada ummat manusia, tentunya seorang yang membawa petunjuk harus memiliki sikap yang bisa menjadi tauladan bagi para umatnya.

Sikap inilah yang patut kita contoh serta terapkan di dalam kehidupan sehari-hari agar hidup kita terus mengikuti sunnah nabi dan rasul.

Berikut ini adalah sifat-sifat wajib yang dimiliki oleh setiap nabi dan rasul.

Shiddiq (Benar)

Shiddiq memiliki arti benar dari perkataan dan perbuatan. Sehingga sangat mustahil apabila seorang nabi dan rasul adalah seorang pembohong yang suka berbohong.

Amanah (dapat dipercaya)

Amanah berarti terpercaya atau dapat dipercaya. Sehingga sangat mustahil jika seorang nabi dan rasul adalah seorang pengkhianat yang suka berkhianat.

Tabligh (menyampaikan)

Tabligh artinya menyampaikan wahyu atau risalah dari Allah SWT kepada ummat manusia. Maka mustahil jika seorang nabi dan rasul menyembunyikan dan merahasiakan wahyu / risalah Allah SWT.

Fathanah (Cerdas)

Fathanah memiliki arti cerdas, pandai atau pintar. Sehingga mustahil jika seorang nabi dan rasul adalah seorang yang bodoh dan tidak mengerti apa-apa.

Sifat-Sifat Mustahil Bagi Nabi dan Rasul

Sifat Nabi dan Rasul yang mustahil
i.ytimg.com

Selain memiliki sifat yang pasti dimiliki nabi dan rasul, ada juga sifat yang mustahil dimiliki oleh nabi dan rasul. Sifat mustahil ini adalah sifat-sifat yang condong ke arah sifat buruk.

Sehingga sangat mustahil utusan Allah memiliki sifat buruk, berikut ini adalah sifat mustahil yang bagi nabi dan rasul.

Kizib (Bohong)

Kizib mempunyai arti berdusta atau berbohong dan sifat ini tidak mungkin dimiliki oleh para Nabi dan Rasul Allah

Khianat (Tidak dapat dipercaya)

Khianat memiliki arti tidak dapat dipercaya. Seorang nabi dan rasul tidak mungkin memiliki sifat khianat.

Kitman (Menyembunyikan)

Kitman berarti menyembunyikan. Seorang nabi dan rasul tidak mungkin menyembunyikan wahyu yang harus disampaikan kepada orang lain.

Baladah (Bodoh)

Baladah mempunyai arti bodoh atau dalam bahasa Arab Baladah. Seorang nabi dan rasul tidak mungkin orang yang bodoh.

Nah, buat temen-temen semuanya, sifat mustahil bagi nabi dan rasul ini sebaiknya kita hindari juga. Karena Allah SWT juga membenci sifat-sifat tersebut.

Nabi dan Rasul yang Memiliki Gelar Ulul Azmi

Nabi dan Rasul yang mendapat gelar ulul azmi
anamkandihati.blogspot.co.id

Gelar Ulul Azmi merupakan gelar yang diberikan kepada nabi dan rasul pilihan yang mempunyai tingkat kesabaran dan ketabahan luar biasa.

Berikut Nabi dan Rasul yang mendapatkan Gelar Ulul Azmi

  1. Adam AS.
  2. Nuh AS.
  3. Ibrahim AS.
  4. Isa AS.
  5. Muhammad SAW

Rasul yang Memiliki Kitab Suci

Rasul yang mendapat kitab
akos.ba

Di dalam ajaran agama Islam terdapat 4 orang Rasul dan yang diberi amanah oleh Allah untuk mendapatkan kitab, kitab ini adalah sebagai petunjuk yang harus ditiru oleh ummat manusia setiap zamannya.

Nabi terakhir yang mendapat kita adalah Nabi Muhammad SAW, maka kitab Al-Qur’an lah yang harus dijadikan pedoman serta penyempurna dari kita-kitab sebelumnya.

:

  1. Musa AS. memiliki kitab suci Taurat
  2. Daud AS memiliki kitab suci Zabur)
  3. Isa AS. memiliki kitab suci Injil
  4. Muhammad SAW. memiliki kitab suci Al-Qur’an

***

Nah, itulah penjelasan dengan detail mengeaik nama-nama nabi, nama nama nabi dan tugasnya, nama nama rasul allah, nama 25 nabi dan rasul secara berurutan, urutan nama nama nabi, nama nama malaikat, nama nama nabi dan mukjizatnya, nama nama nabi selain 25, urutan nabi dari 1-25.

Semoga dengan membaca artikel ini kamu bisa lebih mengimani Nabi. Aamiin. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar