Indahnya Proses Metamorfosis Pada Katak Beserta Daur Hidupnya

Metamorfosis Katak – Banyak sekali hewan yang dalam proses pertumbuhannya melalui metamorfosis, salah satunya adalah katak. Katak merupakan hewan yang proses pertumbuhannya melalui metamorfosis dalam kategori jenis metamorfosis sempurna. Disebabkan berbedanya bentuk tubuhnya dari fase metamorfosis ke fase berikutnya.

Katak sendiri merupakan hewan jenis amfibi yang hidup di dua alam (darat dan air). Katak bisa hidup di daratan dan juga bisa hidup di air, dan juga termasuk pada hewan vertebrata (memiliki tulang belakang). Nah untuk lebih lanjutnya, mari kita simak penjelasan mengenai metamorfosis katak sempurna.

Daur Hidup dan Metamorfosis Katak Sempurna

Metamorfosis Katakk
hdwallpapersfreedownload.com

Hewan yang bertulang belakang ini, secara umum bermetamorfosis pada 4 fase yang berbeda. Berikut gambar yang terdapat di bawah ini.

1. Fase Telur

Fase Telur
californiaherps.com

Pada fase pertama metamorfosis katak sama dengan metamorfosis kupu-kupu dan makhluk hidup lainnya yaitu dengan diawali fase bertelur. Di saat akan memasuki masa pembuahan, maka proses pembuahan tersebut dimulai oleh katak betina yang bertelur dengan jumlah banyak di perairan, yang kemudian katak jantan membuahi telur tersebut.

Hal yang diatas disebut dengan pembuahan eksternal (fertilisasi eksternal). Telur katak biasanya akan ditemui secara berkelompok yang disatukan semacam bentuk jelly yang berguna untuk melindungi sel telur.

Mereka akhirnya memiliki banyak sel yang berbeda. Massa sel ini kemudian akan berubah menjadi embrio. Insang dan organ kecil akan terbentuk, dan embrio mendapat nutrisi dari kuning telur internal.

2. Fase Kecebong/Berudu

Katak Berudu
wikimedia.org

Kecebong atau berudu katak akan berada disekitar telur untuk memakan sisa makanan dari cangkang sampai fungsi tubuhnya tumbuh dan memungkinkan untuk mencari makan sendiri. Berudu katak akan melakukan pembentukan organ insang, ekor dan mulut sampai tubuhnya terbentuk sempurna.

Sampai usia satu minggu organ kecebong telah terbentuk sempurna dan siap mencari makan sendiri. Pada awalnya insang kecebong berada di permukaan kulitnya. Saat mencapai umur 4 minggu insang akan ditutupi oleh kulit sehingga insang akan masuk ke dalam tubuh dan menghilang perlahan-lahan.

Selama 6 minggu, pada proses metamorfosis katak, kecebong akan terus mengalami perubahan fungsi fisiologis hewan dan bentuk morfologi nya. Kaki belakangnya mulai tumbuh kemudian diikuti pertumbuhan kaki depan. Begitu juga organ dalam, paru paru mulai berkembang sebelum akhirnya masuk ke tahap selanjutnya. Katak muda.

3. Fase Katak Muda

Fase Katak Muda
m3.i.pbase.com

Di saat kecebong mencapai tahap di minggu ke 12, yang mana katak mengalami proses pertumbuhan  menuju menjadi katak, kecebong itu hampir dewasa penuh. Pada titik ini, insang kecebong telah hilang, ekor juga mulai memendek dan paru-parunya membesar serta mulutnya pun juga melebar.

Hal ini menunjukkan bahwa katak siap untuk meninggalkan air dan tinggal di darat. Sistem pencernaan katak juga akan beradaptasi menjadi karnivora yaitu pemakan serangga. Begitu ekornya lenyap, itu akan menjadi kodok dewasa. Proses pada fase ini kira-kira membutuhkan waktu selama 3 minggu.

4. Fase Katak Dewasa

Katak Dewasa
bioweb.uwlax.edu

Ini adalah kodok dewasa. Seperti yang baru saja Anda baca, katak mengalami banyak hal sampai tahap ini. Mereka bahkan mengalami perubahan yang tidak terlihat dalam gambar-gambar ini. Gigitan berangin berangin, dulu digunakan untuk merobek tanaman, lenyap dan otot lidah berkembang untuk menangkap serangga.

Pada minggu yang ke 16 inilah, katak sudah benar-benar berubah menjadi katak dewasa atau sempurna. Yang mana katak tersebut ta memiliki insang lagi yang sudah berganti menjadi paru-paru.

Apalagi dalam bentuknya, katak dewasa sudah berbeda jauh dengan berudu, sebab katak dewasa tak memiliki ekor dan kaki katak sangat kuat dengan adanya selaput di sela-sela jarinya.

Usus besar berudu, penting untuk mencerna alga dan tumbuhan, menyusut agar sesuai dengan pola makan daging kodok. Dari itu semua, katak tak lagi hidup di perairan, katak kembali ke perairan lagi jika dalam masa pembuahan.

Nah, seperti itulah proses pembuahan katak dan metamorfosis katak dari telur sampai menjadi katak dewasa dan begitu pula seterusnya. Sekiranya pembahasan mengenai metamorfosis  katak sudah cukup jelas dan bisa dipahami. Semoga bisa menambah pengetahuan dan ilmu kita serta bermanfaat untuk kita bersama, sampai jumpa dan terima kasih.

Tinggalkan komentar