Man Jadda Wa Jadda Beserta Kalimat dan Kata-kata Mutiara Bahasa Arab

MAN JADDA WA JADDA – Assalamualaikum wahai kaum muslimin! Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai kalimat “man jadda wa jadda” beserta artinya. Kalimat tersebut pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kita, apalagi artinya yang sangat menusuk dan membuat semangat berkobar bagi yang mengetahuinya.

Gambar Love Indah
amegasari.files.wordpress.com

Sebenarnya bukan hanya kalimat man jadda wa jadda saja yang menjadi kalimat atau sebuah kaidah yang sangat indah. namun, ada juga kalimat (kaidah) yang sangat bagus, yaitu kalimat “man zara’a hasada”, “man yajtahhid yanjah”. Dan masih banyak lagi kalimat mutiara atau kaedah yang bisa memotivasi diri kita untuk semakin maju.

Memang sudah banyak sekali yang hafal dengan kalimat ini. Namun, tidak banyak dari kita yang dapat menuliskan tulisan arab dari kalimat-kalimat tersebut. Dan perlu diketahui, sebenarnya bacaan kalimat tersebut bukan “man jadda wa jadda” tapi yang benar adalah “man jadda wajada” Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasannya.

Tulisan dan Bacaan Man Jadda Wa Jadda yang Benar

Man Jadda Wa Jada
ashabulkahfie.com

Nah, sebagaimana yang disebutkan di atas, kalimat yang benar adalah “man jadda wajada”. Adapun penulisan arab dari kalimat tersebut adalah “مَنْ جَدَّ وَجَد” yang mempunyai arti : Barang siapa yang bersungguh-sungguh maka dia akan berhasil (mendapatkannya).

Masih banyak lagi kalimat lain yang mempunyai arti ataupun makna yang sangat memotivasi kita semua. Berikut kata-kata indah dalam bahasa arab.

Kata-Kata Mutiara Indah Bahasa Arab

Kata Mutiara Bahasa Arab
alkawthartv.com

Kalimat yang di atas yaitu Man Jadda Wa Jada memiliki arti dan makna yang sangat bagus. Namun, masih  banyak juga kalimat atau kata mutiara bahasa arab lainnya yang juga mempunyai arti dan makna yang juga menyentuh hati serta menginstropeksi diri kita. Berikut kata-kata mutiara bahasa arab.

“مَنْ يَجْتَهِدْ يَنْجَحْ” Kalimat ini jika dieja dengan bahasa latin yaitu “man yajtahid yanjah” yang mempunyai arti “Barang siapa yang bersungguh-sungguh dia pasti memperoleh keberhasilan (sukses)”.  

“مَنْ زَرَعَ حَصَدَ” Kalimat tersebut jika dieja dalam bahasa latin adalah “Man Zara’a Hashoda”  arti “Barang siapa yang dia itu menanam maka dia akan mendapat (menuai) hasilnya”

” اِذَا صَدَقَ الْعَزْمُ وَضَحَ السَّبِيْلُ” Kalimat tersebut jika dieja dalam bahasa latin diucap “Idza Shodaqol Azmu Wadhohas Sabiilu” Kalimat ini mengandung arti ” Apabila ada suatu kemauan pasti terdapat jalan”

“الوِقَايَةُ خَيْرٌ مِنَ الْعِلَاجِ” Kalimat tersebut jika dieja dalam bahasa latin diucap dengan “Al-Wiqooyatu khoirun minal Ilaaji” Dan kalimat mengandung arti “Pencegahan lebih baik dilakukan daripada pengobatan”.

Kalimat Mutiara Bahasa Arab
i.ytimg.com

“مَنْ قَلَّ صِدْقُهُ قَلَّ صَدِيْقُهُ” Kalimat mutiara arab ini kalaupun dieja dalam bahasa latin “Man Qolla shidquhu qolla shodiiquhu” Adapun maknanya adalah “Barang siapa yang sedikit (jarang) berjujur, maka sedikit temannya (orang yang mau berteman dengannya).

“الصَّبْرُ يُعِيْنُ عَلىَ كُلِّ عَمَلٍ” Kalimat mutiara tersebut jika dieja dalam bahasa latin “As-Shobru yuiinu ala kulli amal” Makna yang terkandung padanya adalah “Kesabaran itu akan membantu (menolong) atas segala perbuatan (yang dilakukannya).

“اُطْلُبِ العِلْمَ مِنَ المَهْدِ إِلىَ اللَّحْدِ” Kalimat mutiara bahasa arab tersebut jika dieja dalam bahasa latin ” Atlubul Ilma Minal Mahdi Ilal Lahdi” Makna yang terkandung padanya adalah “Carilah ilmu semenjak dari buaian sampai menuju liang lahat”.

“الوَقْتُ أَثْمَنُ مِنَ الذَّهَبِ” Kalimat mutiara tersebut kalau dieja dalam bahasa latin “Al Waqtu Asmanu Minazd Dzahabi” Makna yang terkandung padanya adalah “Waktu itu lebih berharga (mahal) dibanding emas”.

“العَقْلُ السَّلِيْمُ فيِ الجِسِْم السَّلِيْمِ” Kalimat mutiara arab tersebut jika dieja dalam bahasa latin “Al-Aqlus Saliimu fil Jismis Saliimi” Makna yang terkandung padanya ialah “Akal yang sehat itu berada pada tubuh yang tenang (sehat).

“العِلْمُ فيِ الصِّغَرِ كَالنَّقْشِ عَلىَ الحَجَرِ” Kalimat mutiara tersebut jika dieja dalam bahasa latin “Al-Ilmu Fies Shighori Kan Naqsyi Alal Hajari” Makna yang terkandung padanya ialah “Suatu ilmu pengetahuan sewaktu kecil itu, bagaikan suatu ukiran yang berada di atas batu”.

“خَيْرُ الأَصْحَابِ مَنْ يَدُلُّكَ عَلىَ الخَيْرِ” Kalimat mutiara tersebut kalau dieja dalam bahasa latin “Khoirul Ashaabi Man Yadulluka Alal Khoiri” Makna yang terkandung padanya adalah “Sebaik-baik kawan adalah orang yang mengarahkanmu kepada kebajikan”.

   لَنْ تَرْجِعَ الأَياَّمُ الَّتيِ مَضَتْ” Kalimat mutiara tersebut jika dieja dalam bahasa latin “Lan Tarjial Ayyaamul Latii Madot” Makna yang terkandung padanya adalah “Hari-hari yang sudah berlalu tidak akan kembali lagi”.

“العِلْمُ بِلاَ عَمَلٍ كَالشَّجَرِ بِلاَ ثَمَر” Kalimat mutiara tersebut jika dieja dalam bahasa latin “Al-Ilmu Bilaa Amalin Kas-Sajjari Bilaa Tsamarin” Makna yang terkandung padanya adalah “Ilmu yang tidak ada (diiringi) amalan seperti pohon tanpa (tanpa) buah”.

“لاَ تَحْتَقِرْ مِسْكِيْنًا وَكُنْ لَهُ مُعِيْناً” Kalimat mutiara tersebut jika dieja dalam bahasa latin “Laa Tahqir Miskiinan Wa Kun Lahuu Muiinan”  Makna yang terkandung padanya adalah “Janganlah Kamu mencela/meremehkan orang yang miskin, tapi jadilah penolong untuknya”.

  الاتِّحَادُ أَسَاسُ النَّجَاحِ” Kalimat mutiara tersebut jika dieja dalam bahasa latin “Al-Ittihaadu Asaasun Najaahi“.  Makna yang terkandung padanya adalah “Persatuan itu pondasi keberhasilan”.

  سَلاَمَةُ الإِنْسَانِ فيِ حِفْظِ اللِّسَانِKalimat mutiara tersebut jika dieja dalam bahasa latin “Salaamatul Insaani fie Hifdil Lisaani“.  Makna yang terkandung padanya adalah “Keselamatan bagi manusia itu terletak pada menjaga lisan”.

” الحَسُوْدُ لاَ يَسُوْدُ” Kalimat mutiara tersebut jika dieja dalam bahasa latin “La-husuudu Laa yasuudu” Kalimat tersebut memiliki makna “Suatu kedengkian itu tidak akan memuliakan”.

Nah itulah kalimat serta  kata mutiara bahasa arab yang sangat menginstropeksi diri semua. Dari itu semua kita bisa tahu betapa pentingnya kehidupan ini dengan menjalankan semua yang dicontohkan Nabi Muhammad di kesehariannya. Karena perbuatan Beliau sangat indah dan berhati-hati dalam melakukan suatu amalan terlebih dalam hal ibadah.

Banyak sekali yang Beliau ajarkan dari kata-kata bijak, ucapan yang lembut dan sopan, kata-kata yang Islami dan semua yang sangat enak untuk didengar dan lihat serta dirasakan oleh semua makhluk yang ada di alam ini.

Tinggalkan komentar