Macam-macam Peralatan Dapur yang Sangat Dibutuhkan Ibu Rumah Tangga

Macam-macam Peralatan Dapur – Sebagai Ibu rumah tangga yang baik dan ingin dicintai oleh sang suami, seharusnya Ibu rumah tangga harus membahagiakan suami dengan mempunyai kelebihan yang bisa membuat suami bangga dengan sang istri. Untuk membuat sang suami bangga dan cinta kepada sang istri, salah satunya adalah membuat masakan yang enak untuk sang suami atau pun keluarga.

Dengan membuat masakan yang enak dan lezat, pastinya akan menyenangkan sang suami. bahkan anak-anak pun juga turut senang menikmati makanan yang dibuat sang ibu. Itulah yang harus dilakukan sebagai Ibu rumah tangga, yang bisa membahagiakan keluarga tercinta.

Adapun untuk seorang Ibu rumah tangga supaya dapat membuat masakan yang enak. Sang Ibu harus mempunyai berbagai macam peralatan masak yang dibutuhkan setiap hari untuk memasak masakan yang disukai. Maka dari itu, sang suami juga harus memperhatikan sang istri, apa yang dibutuhkan sang istri demi kebaikan keluarga.

Dengan hal seperti itu, keluarga akan terasa harmonis dan sakinah mawaddah wa rohmah. Untuk lebih lanjutnya, inilah macam-macam peralatan masak yang dibutuhkan sang Ibu rumah tangga ;

1. Kompor

Kompor
hargapm.com

Kompor, kompor adalah salah satu peralatan dapur yang sangat penting. Kompor digunakan untuk memasak, yang akan mematangkan masakan anda. Kompor terdapat beberapa macam seperti, kompor gas, kompor minyak, dan lain-lain.

Adapun di zaman sekarang, kompor yang digunakan untuk memasak di kalangan masyarakat adalah kompor gas. Kompor gas banyak digunakan oleh masyarakat karena memiliki banyak fungsi dibanddigkan kompor-kompor yang lain.

Fungsi yang terdapat pada kompor gas sangat banyak. Adapun fungsi yang terdapat pada kompor gas antara lain adalah, bisa mengatur besar kecilnya nyala api dengan mudah, tidak perlu repot untuk mencari bahan bakarnya, mengganti gasnya juga mudah tidak perlu mengisi minyak atau yang lainnya, dan api yang dihasilkannya bagus. Harganya pun juga terjangkau.

2. Wajan

Wajan
edaluminiumjogja.files.wordpress.com

Wajan, alat ini digunakan untuk tempat memasak makanan apa saja, seperti sayur-sayuran, nasi goreng ataupun yang lainya. Wajan bisa dipakai selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Dengan alat itulah sang Ibu rumah tangga akan mudah untuk memasak makanan yang disukai.

3. Sutil

Sutil
ecs7.tokopedia.net

Sutil, berbagai peralatan dapur yang harus terdapat di dapur mempunyai fungsi dan manfaat yang tersendiri. Sebagaimana peralatan sutil ini, alat ini digunakan untuk menggoreng, ataupun membalik-balik makanan yang sedang digoreng supaya tidak gosong.

Alat ini digunakan membalik-balik makanan yang sedang digoreng seperti menggoreng gorengan, kerupuk, memasak nasi goreng dan lain-lain. Maka dari itu, di dapur harus ada alat yang satu ini.

4. Serok

Serok
catalogsm.blogspot.co.id

Serok, di kalangan daerah Solo dan sekitarnya ataupun yang lain, alat ini biasa disebut dengan erok-erok. Alat ini juga mempunyai fungsi dan manfaat tersendiri. Fungsi alat ini untuk mengambil masakan seperti, gorengan,kerupuk, dan camilan lain yang digoreng, jika sudah matang.

Selain berfungsi untuk mengambil masakan, alat ini juga bisa mengurangi minyak yang berlebihan pada masakan. Yang minyaknya akan menetes dari lubang-lubang serok.

6. Centong

purtini.blogspot.co.id
duvawedding.com

Centong, Centong juga salah satu dari peralatan dapur yang sangat berguna. Centong biasanya digunakan untuk mengaduk masakan yang berkuah ataupun untuk mengambil masakan yang berkuah. Makanan yang berkuah seperti sayur asem, sayur lodeh ataupun kolak.

Makanan-makanan yang berkuah setidaknya diambil dengan centong supaya mempermudah untuk mengambilnya.

7. Magicom

Magicom
ecs7.tokopedia.net

Magicom atau penghangat nasi juga perlu untuk peralatan dapur. Magicom berfungsi untuk menghangatkan nasi supaya hangat dan lebih enak. Tapi, yang harus anda ketahui, magicom bukan hanya berfungsi untuk menghangatkan nasi saja. Tapi, magicom juga mampu untuk memasak nasi.

Oleh karena itu, jika kita mempunyai lauk tapi tidak punya nasi sama saja kan, kita harus mempunyai magicom untuk memasak nasi dan bisa untuk menghangatkan nasi dengan lama. Masyarakat lebih memilih memasak nasi degan magicom dari pada memakai yang lain.

8. Gunting

Gunting
apakehei.blogspot.co.id

Gunting, gunting juga termasuk dari peralatan dapur yang harus ada di dapur anda. Gunting sangat berfungsi untuk menggunting atau memotong barang yang berkemasan tipis maupun tebal. Alat ini sangat membantu anda dalam proses memasak. Maka dari itu, anda harus pastikan di dapur anda, sudah terdapat alat ini.

9. Pisau

Pisau
dgspeak.com

Pisau, alat inilah yang paling utama yang harus anda punya di dapur anda. Karena, pisau sangat berguna dalam proses memasak anda. Fungi alat ini adalah untuk memotong sayuran ataupun rempah-remah yang akan anda masak.

Pastikan pisau anda selalu tajam supaya sayuran dan rempah-rempah bisa terpotong dengan cepat. Pisau kebanyakan terbuat dari stainless steel, agar tidak mudah berkarat. Pisau bisa anda beli di toko peralatan dapur yang terdekat.

10. Blender

Blender
kenwoodworld.com

 

Blender, blender berasal dari kata blend, yang bermakna menghaluskan. Alat ini berfungsi untuk menghaluskan makanan, biasanya alat ini digunakan untuk membuat juice buah-buahan. Tapi, anda jangan salah, alat ini juga tersedia untuk menghaluskan rempah-rempah seperti cabai, merica, ketumbar dan lain sebagainya.

11. Panci

Panci
cdn.elevenia.co.id

Panci, sebuah wadah yang digunakan untuk memasak sayur yang berkuah. Alat ini terbuat dari besi alumunium ada juga yang terbuat dari stainless steel. Selain untuk memasak sayuran, alat ini juga bisa untuk menghangatkan makanan yang tersisa, agar bisa dimanfaatkan untuk besok.

12. Ulekan / Ulek-ulek

Ulekan
joyisinthejourneyblog.files.wordpress.com

Ulekan, alat ini digunakan untuk menghaluskan rempah-rempah. Alat ini terbuat dari batu, dan alat ini biasanya juga digunakan untuk membuat sambal. Dengan ulekan/ulek-ulek, anda akan terbantu dalam proses memasak.

13. Baskom

Baskom
nagakomodo.com

Baskom, alat ini adalah wadah besar yang terbuat dari stainless steel. Memang banyak peralatan dapur yang terbuat dari stainless steel, yang supaya tidak mudah berkarat. Alat ini digunakan untuk wadah makanan yang sudah matang. Dan baskom juga mempunyai fungsi lain dari fungsi tersebut.

14. Mixer

Mixer
kenwoodworld.com

Mixer, Ibu-ibu rumah tangga pasti mengetahui alat yang satu ini. Alat ini digunakan untuk mengaduk adonan. Dengan alat ini cukup praktis dalam mengaduk adonan yang anda buat. Mixer ini memakai tenaga listrik, jadi tidak manual lagi, supaya menghemat tenaga anda.

Dan hasil adukan alat ini sangat merata dan memuaskan anda. maka dari itu, pastikan alat ini terdapat di dapur anda.

15. Oven Microwave

Oven Microwave
strongestinworld.com

Oven, alat ini sudah sangat umu dikenal oleh masyarakat. alat ini adalah alat modern yang menggunakan tenaga listrik untuk memanaskan. Dengan alat modern ini anda bisa mengatur suhu panasnya sehingga hasil yang anda dapatkan akan memuaskan anda. Oven inilah yang sekarang banyak digunakan oleh masyarakat.

16. Gelas dan Piring

Gelas dan Piring
wpurtini.blogspot.co.id

Gelas dan Piring, peralatan ini harus dimiliki oleh setiap keluarga di rumah. Karena peralatan ini digunakan terus-menerus. Gelas dan piring terbuat dari kaca. Tapi ada juga yang terbuat dari plastik ataupun dari bahan lainnya.

Piring digunakan untuk wadah makan setiap hari, adapun gelas digunakan untuk minum. Anda harus memiliki peralatan ini, karena peralatan ini sangat dibutuhkan di setiap harinya.

17. Sendok dan Garpu

Macam-macam Peralatan Dapur - Sendok dan Garpu
ecs7.tokopedia.net

Sendok dan garpu, selain gelas dan piring yang sangat penting dalam peralatan dapur, sendok dan garpu juga memiliki peran yang penting dalam peralatan dapur. Sendok dan garpu berfungsi untuk melengkapi apa saja yang akan dilakukan dalam proses memasak.

Sendok juga menjaddi takaran bumbu masakan, sendok juga untuk membuat suatu minuman, bahkan semua takaran menggunakan takaran sendok.

18. Termos

Termos
biltema.com

Termos, alat ini sudah dipakai oleh masyarakat Indonesia sejak lama. Termos digunakan untuk menyimpan air panas, supaya panasnya terus awet. Dan tidak perlu memasaknya lagi, termos terdapat di dalamnya adalah lapisan kaca, kaca itulah yang mampu menyimpan suhu panasnya.

19. Serbet

Serbet
ecs7.tokopedia.net

Serbet, jangan lupa dengan alat yang satu ini jika peralatan dapur anda sudah lengkap. Serbet sangat membantu anda untuk menghilangkan kuah atau tumpahan-tumpahan makanan yang mengotori kompor atau pun tempat sekitar yang berada di dekat kompor.

Itulah macam-macam peralatan dapur yang harus ada di dapur Ibu rumah tangga. Dengan alat-alat tersebut, sang Ibu mampu memasak makanan favorit keluarga tercinta. Semoga dengan informasi di atas bisa membantu para Ibu rumah tangga untuk memiliki peralatan-peralatan dapur, agar memasaknya bisa maksimal.

Tinggalkan komentar