Kumpulan Kata kata Gaul Jaman Now Beserta Penjelasanya

KATA KATA GAUL– Hai teman-teman, berjumpa lagi di portal kami. Pada kesempatan ini, kita akan membahas mengenai bahasa atau kata-kata gaul yang sangat booming dan terus digunakan sekarang ini. Beberapa kata-kata gaul sudah tersebar luas di berbagai macam penjuru, bahkan sampai pelosok mereka mendengar bahasa atau kata-kata gaul sekarang ini.

Kata-kata gaul ini bukan hanya dipakai di kalangan sosial media saja, melainkan kata-kata ini dipakai juga saat berkomunikasi sehari-hari. Karena sudah tersebar luasnya bahasa gaul, oleh sebab itu anda jangan sampai ketinggalan atau tidak mengetahui arti atau kepanjangan dari bahasa-bahasa gaul tersebut.

Bahkan kata-kata gaul akhir-akhir ini terus bermunculan dan berkembang. Dan sebagian kata-kata gaul yang dipakai dulu sedikit-sedikit tak terpakai lagi basi. Di sinilah kita akan membahas mengenai makna atau maksud dari kata kata gaul, entah dari singkatan maupun kepanjangannya.

Kata-Kata Gaul Jaman Now

Kata kata gaul
bulandolar.com

Banyak sekali kata-kata atau istilah gaul di era sekarang ini. Nah, untuk itu, kami akan memberikan definisi atau arti dari istilah-istilah gaul yang sering dipakai saat ini.

1. Japri (Jalur Pribadi) : Jalur pribadi / chat langsung

2. Arti Gabut : bosan dan bete, atau badmood

3. Arti Baper :  Bawa perasaan / Terlalu di masukkan ke hati

4. Arti CODCash on Delivery. Jual beli yang mana penjual siap mengantarkan barang ke pembeli.

5. Arti LolLaugh Out Loud. Yang bermaksud tertawa terbahak-bahak, tertawa ngakak

6. Arti Typo :  kesalahan dalam penulisan

7. Arti Mager : Males Gerak

8. Arti Stalking : Mengintai akun orang di sosial media, semisal lihat-lihat profil orang di FB.

9. Arti GWSget well soon yang artinya “semoga cepat sembuh”.

10. Arti Kepo(knowing every particular object) yang mana maknanya adalah sebutan untuk orang yang serba ingin tahu secara detail

11. Arti Kuy : Istilah ini adalah ajakan kepada seseorang. Kata ini sebenarnya adalah ”yuk” kemudian dibalik jadi “kuy”

Nah, itulah arti atau definisi dari kata-kata gaul. Untuk lebih jelasnya dan supaya mudah dipahami, berikut penjelasan lengkap beserta contoh kalimatnya.

1. Japri (Jalur Pribadi)

Arti Japri
liputan6.static6.com

Nah, pernahkah anda mendengar kata “japri” di sebuah forum atau grup sosial media semisal BBM, Facebook, WhatsApp, dan lain-lain? Untuk and yang awam, pastinya kebingungan dan penasaran mengenai arti dan maksud dari kata gaul tersebut.

“Japri” merupakan istilah singkatan kata gaul yang mempunyai makna Jalur Pribadi”. Pada kata “jalur” artinya cara atau medium, adapun kata “pribadi” artinya secara perseorangan, yang tanpa melibatkan pihak (orang lain) yang tak ada kepentingan padanya. Istilah sederhananya Private Message (PM), In Person, atau lewat inbox.

Contoh : “Untuk informasi lebih lanjut, langsung japri aja ya!”

2. Arti Gabut

Istilah gabut ini jarang sekali kita dengar tidak sebagaimana kata-kata gaul yang populer semisal baper, japri, mager dan semacamnya. Kata gabut ini memiliki arti yang lebih luas, bisa diartikan dengan bosan dan bete, atau badmood dll.

Biasanya gabut muncul atau terjadi di saat kecapen, banyak masalah, terlalu mudah percaya, menunggu hal yang tak jelas, selalu beranggapan masalah yang datang berat dan susah untuk dihadapi. Dan orang-orang yang gabut, biasanya akan lebih mudah marah, egois ingin menang sendiri tak peduli dengan rang lain.

Contoh : “Gabut banget nih di ruah nggak ada hiburan”. Itulah contoh kalimat gabut yang diucapkan dalam kalimat percakapan.

3. Arti Baper

Arti Baper
nettik.net

Pastinya kata “baper” sudah berulang kali terlintas di telinga Anda. Kata tersebut sudah sangat populer banget di kalangan anak muda maupun tua. Terlebih lagi di media sosial, kata ini sudah sangat umum. Walaupun sudah sangat familiar di telinga kita, tapi masih banyak yang belum tahu maksud dari kata “baper” ini, supaya jelas berikut penjelasannya.

Sebenarnya, kata “baper” adalah suatu singkatan dari “bawa perasaan” atau lebih tepatnya terlalu di masukkan ke hati/dianggap serius. Entah itu dalam percakapan maupun melihat video ataupun gambar yang kemudian ia melebih-lebihkan sehingga terbawa perasaannya.

Contoh : “Melihat foto kucing yang imut, sedih (ingat mantan) : Baper.”

4. Arti COD

Banyak sekali orang yang menganggap bahwa COD itu cuma sekedar ketemuan saja. Padahal istilah kata ini dipakai untuk pelayanan ekstra oleh penjual online yang siap mengantarkan barang dagangannya ke tempat yang dijanjikan.

COD merupakan singkatan dari Cash on Delivery. COD adalah suatu layanan transaksi jual beli dimana pihak pembeli bersedia untuk membayar barang jika pihak penjual mengantarkan sampai ke alamat yang sudah ditentukan oleh pembeli.

Pengantaran bisa saja menuju rumah pembeli, kantor maupun ke alamat yang sudah disepakati. Namun, COD ini tidak bisa dilayani di seluruh wilayah. Sebab, tidak  mungkinkan kalau penjual di Solo mengantarkan barang ke Jogja? Nah, oleh sebab itu, COD biasanya hanya dilakukan jika dalam satu wilayah.

5. Arti Lol

Kata LOL ini merupakan singkatan dari kalimat Laugh Out Loud. Yang mana dalam dalam Bahasa Indonesia diartikan dengan tertawa terbahak-bahak, tertawa ngakak atau hahahahaha dan sejenisnya.
Contoh penggunaan dalam percakapan sehari-hari :
A : aduh, kemarin aku pakai baju kebalik, tapi baru sadar pas mau sampai ke pasar.
B : LOL…

6. Arti Typo

Istilah kata typo adalah kesalahan dalam penulisan. Biasanya kesalahan ini terjadi tanpa ada unsur kesengajaan. Typo menyebabkan perubahan arti yang fatal.

Contoh : Ketiak saya belajar, saya tertidur. (Padahal yang dimaksud adalah ketika)

7. Arti Mager

Arti Mager
kepo.id

Istilah kata ini biasanya akan keluar dari orang yang diajak temannya tapi dia males untuk aktivitas, entah capek ataupun yang lainnya. Istilah mager sendiri adalah suatu kata singkatan dari kalimat males gerak. Istilah ini tambah jadi populer semenjak para artis di televisi sering mengucapkannya.

Salah satu penyebab mager adalah capek ataupun lelah atau bosan. Tapi sebenarnya mager dapat di atasi dengan benar-benar niat yang baik untuk kebaikan dirinya maupun orang lain. Dan juga mengingat-ingat tujuan hidupnya. Contoh kalimat pengucapan mager dalam percakapan

Contoh : A : “Keluar yuk cari makan?” B : “Nggak ah, ane mager banget nih”

8. Arti Stalking

Arti Stalking
tuttotek.it

Stalking… kata istilah ini juga sudah sangat populer di media sosial. Walaupun kalimat ini sering dipakai dalam status seseorang dalam sosial media, namun banyak yang belum tahu dan paham dari kalimat tersebut.

Stalking adalah memantau atau mengintai. Jadi kalau kalimat ini dipakai di sebuah media sosial semisal Facebook, orang itu sedang memantau profil seseorang.

Contoh : A : “Kamu ngapain buka-buka profil gue? Stalking ya? B : “Nggak kok, hehe.”

9. Arti GWS

GWS singkatan dari get well soon yang artinya “semoga cepat sembuh”. Biasanya istilah ini sering digunakan oleh orang-orang untuk mengungkapkan rasa simpatinya

10. Arti Kepo

Pastinya kamu sering mendengar kata kepo. Kata ini sudah sangat familiar di kalangan anak muda maupun tua saat ini. Apalagi artis-artis yang nongol di televisi sering menggunakan kata-kata ini. Namun, banyak yang belum tahu apa maksud istilah kata ini.

Istilah kepo diambil dari sebuah kalimat singkatan yaitu (knowing every particular object) yang mana maknanya adalah sebutan untuk orang yang serba ingin tahu secara detail. Entah hal itu penting atau tidak, baik atau buruk yang penting hal terlintas di pikirannya intinya hal sepele dan ingin tau urusan orang lain.

Contoh : A : “Eh, kamu lagi dimana? sama siapa? sudah makan belum?”. B : “Ah, ngapain sih, kepo banget…!”.

11. Arti Kuy

Pasti kamu sering banget denger kalimat yang satu ini. Kuy biasanya digunakan untuk mengajak seseorang. Kuy sebenarnya hanya kalimat yuk yang kemudian dibalik, jadi istilah kuy adalah ajakan terhadap seseorang.

Contoh : A: Eh yun, maen ke mall kuy??? B: Kuy.

Nah, itulah kata-kata gaul yang sangat populer saat ini di sosial media, entah itu anak muda maupun tua yang masih eksis, eh wkwk. Sekiranya penjelasan arti japri, arti baper, arti gabut, arti mager sudah cukup jelas dan bisa dipahami. Semoga ulasan di atas dapat menambah wawasan bagi kita semua, Aamiin.

Satu pemikiran pada “Kumpulan Kata kata Gaul Jaman Now Beserta Penjelasanya

  1. Makin banyak aja kosa kata baru yang aneh macam gabut, kuy… kalau baca status kid zaman now kadang suka enggak ngerti maksudnya…

Tinggalkan komentar