Cara dan Teknik Permainan Bola Kasti yang Harus Anda Ketahui

Bola Kasti- Sekarang ini banyak olahraga yang sangat mendunia di kalangan kita, yang salah satunya adalah bola kasti. Jumlah pemain kasti pun juga tidak terlalu sedikit, jadi harus dibutuhkan kekompakan timnya.Permainan bola kasti merupakan olahraga yang digemari dan diminati oleh banyak orang.

Dengan banyaknya jumlah pemain kasti, maka orang yang bermain harus benar-benar bisa mengatur dan menjaga kekompakan timnya, agar tidak kalah dengan tim lawan. Permainan kasti juga memerlukan pukulan yang keras dan tepat saat pemukulan bola.

Bola Kasti
img.jqzfxxgk.cn

Sejarah permainan kasti sangat mengesankan untuk kita ketahui, selayaknya kita ketahui dahulu tentang sejarah olahraga bola kasti ini, setelah itu kita mengenal lebih dalam tentang bola kasti. Mari kita simak ulasan tentang sejarah bola kasti.

Sejarah Bola Kasti

Sejarah Bola Kasti
nagarikamang.files.wordpress.com

Permainan kasti sudah ditemukan dan dimainkan sejak dahulu. Bahkan sejak Indonesia mengalami penjajahan, olahraga ini sudah ditemukan. Penemu olahraga ini bernama  William G .Morgan, yang ditemukan di Inggris sejak zaman Tudor, tahun 1774 di daerah Pretty Little Pocket-Book.

Tapi, saat itu permainan kasti tidak sebagaimana permainan kasti yang dimainkan sekarang ini. Olahraga ini mengalami 3 kali perubahan. Dari segi jumlah pemain kasti, ukuran lapangan kasti, dan banyak perubahan yang terdapat dalam permainannya.

Penemuan bola kasti di tahun 1774, dan diperbaruhi lagi di tahun 1828 oleh sang penemu  dengan edisi keduanya pada buku The Boy. Dan pada tahun berikutnya, buku ini diterbitkan lagi oleh Massachusetts yang pertama membuat aturan nasional di Boston. Yang kemudian diformalkan disusun oleh Athletic Association Gaelic (GAA) di Irlandia pada tahun 1884.

Adapun kasti yang kita dapati sekarang ini berbeda lagi dengan yang dulu. Kasti yang sekarang ini dinamakan kasti modern. Nah, mari kita pelajari tentang pengertian olah raga kasti.

Pengertian Bola Kasti

Pengertian Bola Kasti
ariesdiandarmawan.blogspot.co.id

Olahraga berbentuk permainan ini termasuk dalam kategori permainan bola kecil. Permainan kasti merupkan permainan tradisional yang mementingkan pada perkara kekompakan, ketangkasan dalam berfikir maupun bermain, dan satu lagi adalah kegembiraan. Apalagi untuk anak-anak yang masih sekolah dasar, olahraga ini sangat membantu ketangkasan anak.

Namun bukan hanya membantu ketangkasan anak, olahraga ini juga mampu melatih kedisiplinan anak serta menancapkan pada diri mereka rasa tanggung jawab, solidaritas dan kebersamaan. Permainan bola kasti biasanya dimainkan di ruang (lapangan) terbuka, dan dimainkan oleh 2 regu (tim.)  Nah, saat itulah kebersamaan dan kekompakan dalam satu tim sangat dibutuhkan.

Bermain kasti dengan baik dan benar, kita harus memiliki beberapa ketrampilan seperti dalam hal memukul bola kasti, melempar bola kasti, dan menangkap bola kasti. Itulah ketrampilan yang harus kita memiliki dalam permainan bola kasti.

Teknik Dasar Permainan Kasti

Setelah kita mengetahui tentang pengertian bola kasti, sekarang kita lanjut mendalami tentang teknik dasar permainan kasti. Sebagaimana yang diterangkan diatas, teknik dasar pada permainan bola kasti terdapat 3 hal yang harus diperhatikan dan dikuasai, yaitu dalam hal melempar, menangkap dan memukul bola kasti yang dilemparkan dengan keras maupun lirih.

– Melempar Bola Kasti

Melempar Bola Kasti
sinauwerno-werno.blogspot.co.id

Dalam teknik melempar bola kasti bukan hanya asal lempar saja. Tapi ada cara-cara tersendiri. Dalam hal melempar diutamakan untuk melempar ke bagian tubuh regu pemukul dengan tepat. Dan pelemparan bola kasti ini terdapat 3 macam, yaitu cara melempar bola bawah, melempar bola mendatar dan melempar bola melambung. Itulah hal yang harus dikuasai oleh pemain.

Mari kita ulas satu persatu tentang cara-cara melempar bola kasti seperti yang diatas, berikut caranya ;

a. Cara Melempar Bola Bawah ;

  • Pertama-tama pegang dan genggam bola ditangan kanan.
  • Lalu fokuskan pandangan ke arah sasaran yang anda tuju.
  • Badan berposisi tegak.
  • Di saat pelemparan dilakukan, badan serong ke kanan dan renggangkan tangan kanan sejajar dengan lengan.
  • Posisi kaki sewaktu pelemparan dilakukan ayunkan tangan ke depan, dan kaki kanan terangkat serta dijatuhkan ke depan.

Begitulah cara melempar bola bawah, untuk lebih lancar dan sempurna dalam bermain, berlatihlah sesering mungkin.

b. Cara Melempar Bola Mendatar 

  • Langkah pertama adalah pegang dan genggam bola di tangan kanan.
  • Lalu fokuskan pandangan ke arah sasaran yang anda tuju.
  • Usahakan posisi badan tegak terlebih dahulu.
  • Kemudian Seakan dilakukannya pelemparan bola, serongkan badan ke arah kanan dan tangan sejajar dengan lengan.
  • Lempar bola sesuai sasaran anda, dan kaki juga di angkat serta dijatuhkan ke depan.

Mudah bukan? lakukan cara tersebut sesering mungkin di saat latihan maupun saat bermain.

c. Cara Melempar Bola Melambung

  • Langkah pertama, pegang dan genggam bola kasti ditangan kanan anda.
  • Fokuskan pandangan ke arah sasaran yang anda maksud.
  • Badan berposisi tegak dengan tangan menggenggam bola.
  • Lalu serongkan badan ke kanan lemparkan bola ke arah yang anda maksud.
  •  Jatuhkan kaki kanan ke arah depan anda, itu yang membantu mengeraskan lemparan.

Nah, itulah cara-cara melempar pada permainan bola kasti. Cukup mudah kan? Untuk itu, lakukan sesering mungkin sewaktu anda latihan atau bermain kasti. Agar di saat tibanya perlombaan ataupun pertandingan, permainan anda lebih maksimal dan sempurna sewaktu pertandingan berlangsung.

Cara Menangkap Bola Kasti

Mennggkap Bola Kasti
inauwerno-werno.blogspot.co.id

Dalam cara menangkap bola kasti yang dipukul melayang jauh dan ataupun yang meleset membuthhkan pengalaman dan ketrampilan yang bagus. Nah, intinya dalam menagkap bola ketika dipukul, kita harus fokus dan bergegas mengambil atau menangkap bola kasti tersebut. Adapun cara menangkap bola kasti terdapat 4 macam, yaitu ;

  • Menangkap Bola Rendah
  • Menangkap Bola Lurus
  • Menangkap Bola Tinggi

Itulah macam-macam cara menangkap bola. Adapun cara praktek 4 cara tersebut pada dasrnya sama, yaitu ,

– Fokuskan pandangan ke arah datangnya bola.
– Menangkap bola yang dipukul dengan kedua tangan. Yaitu dengan membuka kedua telapak tangan sehingga membentuk setengah bola.
– Jika bola sudah terdekap dengan pas, maka iringi dengan tarikan tangan ke belakang.

Teknik Memukul Bola Kasti

Teknik Memukul Bola Kasti
lh6.googleusercontent.com

Teknik memukul bola kasti harus dikuasai oleh pemain. Sebagai pemain dengan jumlah pemain kasti yang cukup banyak, usahakan semua pemain mampu dan menguasai teknik ini. Adapun teknik yang terdapat pada permainan kasti bisa anda lihat pada ulasan berikut ini ;

Ada 3 macam pukulan dalam memukul bola kasti, yaitu ;

Memukul Bola Mendatar
Memukul Bola Melambung
Memukul Bola Memantul Tanah

Dalam Pemukulan bola kasti dengan 3 macam yang berbeda itu pada dasrnya sama dalam cara pukulannya. Tapi  hal yang harus diperhatikan dalam pemukulan adalah ;

  • Posisi selalu siap sambil memegang alat pemukul pada bagian ujung yang kecil menggunakan satu tangan.
  • Berdiri serong atau menyamping sehingga pelempar atau pelambung berada di samping sisi kiri.
  • Lalu buka kedua kaki selebar bahu.
  • Setelah itu letakkan alat pemukul di atas bahu sebelah kanan, dan siku di tekuk dengan telapak tangan memegang alat pemukul.
  • Fokuskan pandangan ke arah pelempar atau pelambung dan datangnya bola.
  • Ketika bola sudah dilambungkan dan sudah tepat untuk dipukul, ayunkan alat pemukul dengan meluruskan siku, lakukan lecutan pergelangan tangan sewaktu bola dalam jangkauan.
  • Lakukan gerakan lanjutan dengan melangkahkan kaki yang berada di belakang ke arah depan.

Pemukulan akan sempurna dan keras jika bola pas dan teknik tersebut dilakukan dengan baik. Terlebih lagi, berlatihlah sesering mungkin agar lancar dalam pemukulan bola.

Lapangan Olahraga Kasti

Gambar Lapangan Olahraga Kasti
g-excess.com

Cara Bermain Kasti dan Jumlah Pemain Kasti

Cara Bermain Bola Kasti
bloximages.newyork1.vip.townnews.com

a. Regu Pemukul

b. Regu Penjaga

c. Regu Pelempar

d. Cara Bermain Kasti

Setelah kita mempelajari dan mendalami tentang teknik-teknik dasar permainan kasti, langkah selanjutnya adalah mempraktikkan semua yang telah kita pelajari dan yang kita ketahui, bagaimana melakukan teknik pukulan, melempar dan menangkap dengan benar dan sempurna. Nah, kita lanjut dalam sesi permainan kasti.

– Permainan kasti yang sangat dibutuhkan adalah kekompakan dan kerjasama antar satu tim.
– Jumlah pemain kasti dalam setiap regu ada 12 pemain (orang.)
– Dan sebelum mulainya permainan, setiap kelompok menentukan siapa dulu yang yang akan bermain.
– Dan bagi pemain yang belum waktunya bermain, maka dia harus berada di samping lapangan terlebih dahulu.

Itulah cara bermain bola kasti beserta macam-macam peraturan dan langkah untuk mendapatkan poin. Nah, sekarang anda bisa mempraktikkan permainan bola kasti dengan jumlah pemain kasti 12 pemain. Dan yang lebih penting, anda harus mengamalkan cara-cara yang telah anda ketahui. Dan semoga dengan artikel ini, dapat menambah pengetahuan tentang olahraga kasti.

Tinggalkan komentar