Bacaan Doa Sebelum Tidur dan Bangun Tidur yang Disunnahkan

DOA SEBELUM TIDUR – Doa sebelum tidur  dan doa bangun tidur merupakan salah satu doa sering diajarkan oleh guru atau orang tua kita sejak dini. Doa ini cukup singkat sehingga pengaplikasiannya kerapkali dilupakan serta dianggap enteng saat kita dewasa. Apa kamu juga begitu sebelum tidur?
Di zaman Sekarang seperti halnya saat ini, kegiatan yang kita laksanakan sebelum tidur tentunya sudah jauh berbeda dengan rangkaian aktivitas yang dulu dilaksanakan oleh orang tua kita. Bila dulu mereka tak lupa berwudhu serta membaca
Doa sebelum tidur menjelang saat tidurnya, bisa jadi kita  malah sibuk dengan gadget yang kita miliki.
Ada banyak hal yang berubah disaat adanya internet serta gadget. Di era sekarang ini seluruh orang hampir memilikinya serta dapat menikmati kemudahan berkomunikasi jarak jauh. Akan tetapi adanya gadget ini juga mengakibatkan efek negatif lain yang bisa merubah habit jadi kurang baik.
Misalnya saja Ketika hendak tidur, bukannya membaca bacan doa sebelum tidur yang seperti diajarakan tuntunan Rasulullah SAW, kita itu malah sibuk memandang layar smartphone. Kita disibukan menatap layar dan membuka aplikasi sosial media serta bermain game sampai kita tertidur.
Tidak jarang juga diantara kita ada yang mendengarkan musik, bukannya berdoa ujung-ujungnya kita terbangun dalam kondisi headset masih menempel di telinga.

Doa Sebelum Tidur dan Bangun Beserta Artinya 

Doa sebelum tidur dan bangun tidur
fthmb.tqn.com

” بِاسْمِكَ اللّهُمَّ أَحْيَاوَأَمُوتُ “

Bacaan Doa Sebelum Tidur versi latin
“Bismika Allahuma ahya wa bismika amuut”
Terjemahan Doa Sebelum Tidur
“Dengan menyebut nama-Mu ya Allah, saya hidup dan saya mati”
Doa ini ialah doa yang selalu dibaca oleh Rasullullah acap kali sebelum beliau tidur. Sementara ketika beliau terbangun keesokan harinya beliau membaca doa sebagai berikut:

” اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَمَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ “

“Alhamdulillahiladzi ahyana ba’dama amatana wa ilaihinnusyur”
Yang artinya: Segala puji bagi Allah yang sudah menghidupkanku kembali setelah mematikanku dan hanyalah kepada Allah saya bangkit”

Manfaat Berdoa Sebelum Tidur Untuk Kehidupan Sehari-hari

Doa Sebelum Tidur
ummi-online.com
Ada banyak Perihal yang dapat didapatkan dengan membaca doa. Itulah kenapa dari ketika kita kecil, kita senantiasa dibiasakan membaca Doa sebelum tidur.
Dari sisi psikologis sendiri, membaca doa acap kali sebelum tertidur nyatanya bisa membagikan sugesti serta meyakinkan kita buat tertidur lebih nyenyak.
Itulah kenapa, orang yang sering membaca Bacaan Doa Sebelum Tidur yang Sesuai dengan Tuntunan Nabi Muhammad SAW akan mempunyai nilai mutu tidur yang lebih baik. Berikut ini ialah penjelasan tentang faedah berdoa menjelang masa tidur:

1. Menciptakan Rasa Nyaman Ketika Tidur

Seperti yang telah dibahas di atas sebelumnya, orang yang pribadinya sering  berdoa di saat menjelang waktu tidur lebih mempunyai rasa nyaman atau tidur lebih nikmat serta tenang bila dibandingkan dengan orang yang tak pernah berdoa sebelum tidur.
Perihal ini disebabkan orang yang tidur dengan berdoa lebih dulu akan tersugesti jikalau tidurnya akan dilindungi serta dijaga. Baca juga Doa Bangun Tidur bila kamu telah terjaga dari tidurmu

2. Di Jauhkan Dari Mimpi Buruk

Pasti kita sering mendengar nasehat klasik dari orang tuamu yang menyebutkan berdoalah sebelum tidur bila kamu tidak ingin menemukan mimpi buruk. Mimpi buruk sendiri ada dikarenakan oleh kehidupan sehari-hari kita atau keseharian kita di dunia ini lagi dilingkupi problem yang cukup bikin kita stress, atau disebabkan badan terlampau lelah serta banyak pikiran.
Dengan berdoa tentunya akan memberikan pengaruh serta sugesti tertentu, tidur akan terjaga dari segala macam permasalahan mimpi buruk.

3. Tidur jadi Lebih Berkualitas

Jika kamu membiasakan tidur dengan berdoa lebih dulu, jelas saja kamu akan menemukan tidur yang bermutu,  lebih merasa nyaman serta tak menemukan mimpi buruk.
Akan tetapi satu Perihal yang sesegera mungkin diingat, berdoa sebelum tidur juga bukan merupakan satu-satunya metode dalam mendapatkan  tidur yang bermutu.
Terdapat banyak Perihal yang dapat memberi efek nilai mutu tidurmu dari mulai kenyamanan bantal atau kasur, kebersihan badan serta kamar, kondisi tubuhmu apa dalam kondisi bugar atau sakit, hingga isi perut yang kosong atau terlampau kenyang juga dapat menjadi faktor.

4. Bangun Tidur Menjadi Segar

Dengan tidur yang bermutu serta dihindari dari mimpi buruk pastinya ketika kita bangun akan menjadi seger. Dengan rajin berdoa sebelum tidur, kita akan terbangun dari tidur dengan badan berasa sehat serta fresh.

5. Badan tak Terpisah Dari Ruh

Dalam Islam diyakini jikalau seseorang yang terlelap dalam tidurnya akan terpisah dari ruhnya. Jika Allah berkehendak untuk tidak memulangkan ruh kita ketika tertidur, itu telah kehendaknya begitu juga sebaliknya, kita dianjurkan buat membaca Bacaan doa mau tidur agar kita dapat bangun layaknya seperti kembali biasanya
Nah, demikianlah tadi ulasan mengenai doa sebelum tidur dan doa ketika bangun serta manfaatnya. Sekiranya pembahasan mengenai doa yang diulas di atas sudah cukup jelas dan bisa dipahami. Semoga kita dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, wassalam.

Tinggalkan komentar