Doa Masuk dan Keluar Rumah Supaya Terhindar dari Bahaya Serta Syaiton

DOA MASUK RUMAH – Doa yaitu memohon ataupun meminta bantuan/pertolongan kepada Allah SWT. Namun bukan berarti hanya orang-orang yang sedang dilanda musibah saja yang perlu memanjatkan doa. Dalam keadaan segar bugar dan tidak kekurangan suatu apa pun sebagai manusia seharusnya kita pun harus selalu berdoa.
Sekurang-kurangnya berdoalah memohon kepada Allah agar dapat berkenan memberikan ampunan atas segala dosa-dosa, baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Lalu mengharapkan kekuatan iman dan kesehatan agar dapat menjalankan segala perintah-Nya. Setelah itu memohon perlindungan-Nya dari gangguan setan serta hawa nafsu kita sendiri supaya tidak terperosok di dalam jurang kemaksiatan.

Bahkan jika kita sadari bahwa situasi serta keadaan yang sedang kita lalui sehari-hari itu berputar seperti roda pedati. Mungkin saja hari ini kita bisa beribadah dengan ikhlas dan baik. Namun siapa yang tahu bahwa nasib kita esok ataupun lusa bisa jadi sebaliknya.

Nabi Muhammad shallallohu alihi wa sallam bersabda: Tak ada sesuatu pun yang paling mulia dalam pandangan Allah, selain dari berdoa kepada-Nya, sedang kita dalam keadaan lapang.” (HR. Al-Hakim).

Tujuan Berdoa Meminta Kepada Allah Ta’ala

Berdoa
nulis.co.id

Beberapa tujuan doa yaitu:

– Sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Allah Swt atas segala rahmat dan berkah-Nya.
– Berharap supaya kita diberikan keselamatan dunia serta akhirat.
– Memohon perlindungan kepada Allah Swt atas segala setan yang terkutuk.
– Meminta hidup agar senantiasa dalam bimbingan Allah Swt.

Waktu-waktu yang Mustajab Saat Berdoa

Waktu Mustajab
alhurriyyah.lk.ipb.ac.id

– Pada saat sedang melaksanakan ibadah haji
– Pada saat berpuasa wajib dan sunnah
– Ketika tengah malah sehabis sholat tahajud
– Sesudah sholat wajib
– Ketika membaca Al-Quran.

Tata Cara Berdoa

– Menghadap ke arah Ka’bah

– Sebelum berdoa maka ada baiknya membaca basmalah, istighfar serta hamdalah. Lalu disusul dengan shalawat Nabi Muhammad SAW, keluarga dan para sahabatnya.

– Mengangkat kedua tangan sebelum berdoa serta mengusap wajahnya memakai telapak tangan sehabis sholat.

– Meminta dengan suara yang menenangkan sembari kita berdoa secara sungguh-sungguh, tulus dan serius.

– Memohon agar Allah dapat menerima doanya.

– Berdoa secara rutin dan berulang pada waktu yang lain untuk dapat menunjukkan keseriusan kepada Allah SWT.

– Kemudian, berdoa ditutup dengan membaca shalawat Nabi Muhammad SAW dan pujian kepada Allah SWT.

Doa Masuk Rumah

Doa Masuk Rumah
sigiarchitect.com
Disamping mengucapkan salam, hal yang harus dilakukan sebelum masuk ataupun meninggalkan rumah yaitu berdoa. Pada saat keluar  dari rumah, kita berdoa terlebih dahulu kepada Allah SWT guna meminta perlindungan dari segala macam gangguan yang berada di luar rumah, termasuk terhadap hal-hal yang bisa membawa kita kepada kemaksiatan.
Pada saat masuk rumah, kita berdoa terlebih dahulu kepada Allah serta memohonkan kebaikan untuk tempat tinggal kita yaitu rumah. Terdapat perbedaan bacaan lafadz untuk doa masuk rumah, yaitu doa sebelum masuk rumah yang masih dihuni dan rumah yang kosong..

Bacaan Doa Masuk Rumah

Doa Masuk Rumah
arrahmah.or.id
” اَللهُمَّ اِنّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبّنَا تَوَكَّلْنَا “
“Allaahumma innii as aluka khairal maulaji wa khairal makhraji, bismillaahi wa lajnaa, wa bismillaahi khorojnaa, wa ‘alallaahi robbanaa tawakkalnaa.”
Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan daripada tempat masuk dan kebaikan daripada tempat keluar, dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar, dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakal.

Doa Masuk Rumah Kosong

Doa Masuk Rumah Kosong
orlickytydenik.cz
” اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ “
“Assalaamu ‘alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahi-sh shoolihiin.”
Artinya: Semoga keselamatan atas kita, hamba-hamba Allah yang sholih.

Bacaan Doa Keluar Rumah

Doa Keluar Rumah
kusen-pintujati.com
” بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ “
“Bismillaahi tawakkaltu ‘alallaahi laa hawlaa walaa quwwata illaa billaah.”
Artinya: Dengan menyebut nama Allah Ta’ala, aku bertawakal kepada Allah, tiada daya dan upaya melainkan dengan kekuasaan Allah.
Doa ini memiliki banyak keutamaan, di antaranya adalah kita akan diberi petunjuk, dilindungi, serta dicukupkannya kebutuhan kita. DI dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, yang mana  Rasulullah shallallohu alaihi wa sallam bersabda:
إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَيْتِهِ فَقَالَ بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ، قَالَ: يُقَالُ حِينَئِذٍ: هُدِيتَ، وَكُفِيتَ، وَوُقِيتَ، فَتَتَنَحَّى لَهُ الشَّيَاطِينُ، فَيَقُولُ لَهُ شَيْطَانٌ آخَرُ: كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِيَ وَكُفِيَ وَوُقِيَ؟
Artinya: “Apabila seseorang keluar dari rumahnya, lalu ia membaca doa “di atas”, maka dikatakan kepadanya: ‘Niscaya kamu diberi petunjuk, kamu dicukupi kebutuhannya, dan kamu dilindungi.” Pada saat itu juga, setan-setanpun menyingkir darinya. Kemudian setan yang lain berkata kepada temannya, “Bagaimana mungkin kalian mampu mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi serta dilindungi?”
(HR. Abu Daud 5095, Turmudzi 3426, dan dishahihkan oleh al-Albani)
Keterangan: Arti ‘disampaikan kepadanya’, memiliki arti yang menyampaikan adalah Malaikat. Malaikat itu berkata kepada orang yang pada saat keluar rumah ia membaca doa ini, “Wahai hamba Allah, kamu telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi.” (Tuhfatul Ahwadzi, Syarh Sunan Turmudzi, 9/271).
Disamping doa di atas, terdapat pula doa lain yang juga dianjurkan untuk dibaca pada saat keluar dari rumah, tujuannya guna menghindari kezaliman. Bunyinya yaitu sebagai berikut:
” اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَىَّ “
“Allahumma inni a-’udzu bika an adhilla, aw udhalla, aw azilla, aw uzalla, aw azlima, aw uzlama, aw ajhala, aw yujhala, ‘alayya.”
Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari: aku tersesat, atau aku menyesatkan, atau aku tergelincir, atau aku digelincirkan, atau aku mendhalimi, atau aku didhalimi, atau kebodohanku atau dibodohi.”
Itulah lafadz-lafadz doa masuk rumah dan doa keluar rumah dalam bahasa arab beserta artinya. Terdapat banyak sekali keutamaan yang akan kita peroleh dengan membiasakan diri untuk membaca doa pada saat akan masuk atau keluar rumah, dan pula di setiap aktivitas kita pada umumnya. Jadi, mari kita biasakan membaca doa.

Tinggalkan komentar