Cara-cara Ampuh untuk Mengatasi Kulit Kering Sekarang Ini

Cara Mengatasi Kulit Kering- Kulit kering sering menjadi masalah yang sering didapati pada bagian tubuh kita, terutama yang sering mengabaikan kesehatan. Kulit kering biasanya terdapat pada tubuh bagian kaki, tangan, lengan, dan wajah. Hal ini disebabkan karena lapisan kulit luar mengalami kekurangan cairan.

Kulit Kering
hariansehat.com

Di kalangan medis, kulit kering disebut dengan xerosis atau xeroderma. Kulit kering biasanya ditandai dengan kulit mengelupas, kasar, dan juga bersisik. Inilah yang menyebabkan wajah ataupun bagian-bagian tubuh yang lain kurang enak dipandang. Dari situlah, banyak sekali orang mencari-cari bagaimana cara untuk mengatasi kulit kering.

Untuk itu, mari kita cari tahu apa penyebab kulit kering itu. Kulit kering terjadi disebabkan oleh adanya beberapa faktor, yaitu ;

– Lanjut Usia

Semakin umur kita bertambah dan bertambah maka kulit wajah dan kulit anggota tubuh akan menjadi kendor dan kering dan muncul guratan-guratan di bagian wajah (keriput.) Anda tidak usah panik, karena kita semua akan mengalami hal yang semacam ini.

– Pemakaian Sabun yang Tidak Cocok

Kulit kering juga bisa disebabkan oleh hasil penggunaan sabun yang tidak cocok ataupun berlebihan dalam menggunakannya. Walaupun sabun berperan sebagai pelembab ataupun yang lainnya, kalaupun tidak cocok dan penggunaannya yang berlebihan, itu malah menimbulkan efek samping ataupun sesuatu yang tidak kita inginkan.

Nah, kalau anda ingin memakai sabun untuk kecantikan kulit, penghalus ataupun untuk melembabkan kulit,  lakukan dengan sesuai aturan yang tercantum padanya. Dan juga jika kita menggunakan sabun khusus untuk muka, maka kita pilih sabun yang cocok untuk kulit wajah kita.

Baca juga : Cara Ampuh Menghilangkan Komedo Secara Cepat Dan Alami

– Kurangnya Minum Air

Kekurangan Minum
hemaviton.com

Kulit yang kering sangat mengganggu penampilan seseorang. Kulit yang kering bisa terjadi disebabkan karena kurangnya minum air putih. Kenapa bis begitu? Perlu anda ketahui, air putih merupakan salah satu peranan Pelembab alami yang sangat penting untuk kelembapan kulit. Air putih mampu memberi nutrisi kulit dari dalam. Maka dari itu, jangan sampai kulit anda kering hanya karena kekurangan air.

Perbanyaklah minum air putih di keseharian anda, agar tubuh tetap sehat dan kulitpun juga lembab. Dan lebih baik lagi anda memberi waktu pada jam yang tertentu, sehari minimal satu setengah liter. Atur waktu anda sebak-baiknya untuk meminum air putih.

–  Faktor Iritasi

Kadang kulit kering terjadi karena iritasi pada kulit, yaitu dpt disebabkan karena udara yang terlalu lembab. Ataupun disebabkan oleh bahan-bahan kimiawi yang bersentuhan langsung. Seperti detergen, minyak wangi dan sebagainya. Oleh karena itu, hindari hal-hal tersebut agar kulit anda tidak rusak.

Tapi untuk mengatasi iritasi pada kulit, anda dapat mencobanya dengan bahan alami, yaitu ;

– Dengan mentimun , yaitu ambil mentimun yang segar, lalu cuci dan potong-potong mentimun tersebut, setelah itu, tempelkan irisan mentimun pada bagian kulit yang teriritasi.
 Memakai Kompresan Air Dingin, Yaitu dengan menyediakan kain atau handuk kecil dan air dingin, lalu rendam kain tersebut dan peras kain yang direndam . Langkah selanjutnya letakkan kain atau handuk pada bagian kulit yang mengalami iritasi. Lakukan cara ini secara rutin agar kulit sembuh seperti biasa.
– Menggunakan Sari Apel, Mengatasi iritasi dengan sari buah apel merupakan cara yang efektif untuk menyembuhkannya. Adapun cara penggunaannya adalah siapkan sari apel, lalu ambil kapas dan celupkan ke sari apel dan oleskan pada bagian kulit yang teriritasi.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan secara rutin setiap harinya hingga sembuh.

Nah, itulah cara-cara untuk mengatasi kulit kering, sebenarnya masih ada beberapa cara lagi untuk mengatasi kulit kering. Seperti menggunakan campuran madu dan kayu manis, campuran madu dengan telur, dan menggunakan baking soda. Anda dapat mempraktekkannya dari beberapa cara yang terdapat di atas sesuai yang anda inginkan.

–  Kondisi Cuaca 

Kondisi cuaca
kieraha.com

Cuaca, Sebenarnya sudah banyak orang yang tahu bahwa cuaca sangat mempengaruhi kesehatan kulit. Tapi, sedikit sekali yang memperhatikan kesehatan kulit mereka. Cuaca dan kondisi yang terdapat di bawah ini yang harus kita perhatikan untuk menjaga kulit kita agar tetap sehat. Yaitu ;

– Saat Cuaca Dingin, Seperti di permukaan yang tinggi yaitu di gunung, ataupun di kamar yang ber AC, mandi terlalu lama, dan lain-lain. Itu semua adalah cuaca dan kondisi yang kita harus benar-benar  menjaga kesehatan kulit agar tetap lembab dan sehat. Jika kita berada di daerah yang udara dan cuacanya tinggi, sebaiknya kit memakai pelembab.

Jadi, jika cuaca yang dingin atau udara dingin yang berlebihan, malah membuat kulit kita mengering dan tampak pecah-pecah. Untuk menghindari itu semua, pilih dan gunakan produk pelembab  yang cocok untuk anda.

– Saat Cuaca Panas,

Cara Mengatasi Kulit Kering

Setelah kita mengetahui penyebab-penyebab yang menjadikan kulit kita kering dan sebagainya. Kita harus mengetahui bagaimana penindak lanjutan bagaimana mengatasi dan mencegah agar kulit wajah kita selalu lembab dan sehat. Penindak lanjutan ini dapat kita lakukan dengan menggunakan bahan alami yang terdapat di sekitar kita.

Ada banyak sekali bahan alami yang ada di sekitar kita yang mampu dijadikan untuk mengatasi kulit kering, antara lain adalah ;

1. Mengatasi Kulit Kering Menggunakan Minyak Zaitun

Mengatasi Kulit Kering Menggunakan Minyak Zaitun
i1.wp.com

Minyak zaitun, anda pasti sudah mendengar dan mengetahui minyak zaitun, karena barang ini sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Mengatasi kulit kering menggunakan minyak zaitun sudah semenjak dahulu yang dilakukan oleh putri kerajaan Mesir Kuno. Dan itu sudah terbukti mampu mengatasinya.

Dan setelah penelitian dilakukan ternyata dalam kandungan minyak zaitun terkandung padanya vitamin E yang tinggi, sehingga mampu menjaga kelembapan dan kesehatan kulit. Untuk pemakaiannya sebagaimana berikut ini ;

  • Ambil minyak zaitun yang sudah anda percayai keasliannya.
  • lalu tuang di jari atau telapak tangan, dan oleskan pada bagian kulit yang kering, dan disertai pijatan-pijatan supaya meresap kedalam pori-pori.
  • Tunggu dan diamkan sampai minyak mengering, setelah itu bilas kulit anda dengan air yang bersih.
  • Lakukan hal seperti ini sesering mungkin agar hasil lebih maksimal.

2. Mengatasi Kulit Kering Menggunakan Lidah Buaya

Mengatasi Kulit Kering Menggunakan Lidah Buaya
pemutihwajah.id

Lidah buaya, Ini adalah salah satu cara yang alami untuk mengatasi kulit kering dan juga bisa mengatasi kulit yang kusam, yaitu menggunakan gel lidah buaya. Pastinya anda sudah mendengar dan mengetahui tumbuhan yang satu ini. Menurut penelitian kecantikan, lidah buaya mampu mengatasi kulit kering, itu sebabnya lidah buaya sangat banyak digunakan untuk salah satu bahan kecantikan dan kesehatan kulit.

Adapun perawatan dan penggunaan gel lidah buaya tidak terlalu sulit maupun rumit. Untuk itu, simak ulasanya berikut ini ;

  • Siapkan lidah buaya yang sudah dicuci, lalu kupas dan ambil gelnya.
  • Kemudian lembutkan gel lidah buya tersebut sampai halus, entah dengan blender ataupun ditumbuk.
  • Langkah selanjutnya, lidah buaya yang sudah halus dicampur dengan perasan jeruk nipis, lalu aduk hingga  merata.
  • Sebelum dioleskan, pastikan wajah sudah bersih, lalu oleskan lidah buaya tadi ke bagian kulit yang kering.
  • Tunggu dan diamkan selama 10 – 20 menit agar masker tersebut benar-benar meresap.
  • Setelah itu, bilas masker tersebut dengan air bersih, lakukan hal yang sma seperti ini secara rutin, agar hasilnya lebih optimal.

3. Mengembalikan Kulit yang Kering Menjadi Lembab Menggunakan Madu

 Mengembalikan Kulit yang Kering Menjadi Lembab Menggunakan Madu
temancantik.com

Madu sangat sering digunakan untuk bahan kecantikan dan mengatasi masalah-masalah pada kulit wajah maupun kulit bagian tubuh yang lain. Kenapa banyak yang memakai madu untuk bahan kecantikan dan kesehatan kulit maupun badan. Karena dalam madu sendiri terdapat banyak sekali nutrisi dan vitamin yang sangat dibutuhkan untuk tubuh.

Kandungan yang terdapat pada madu antara lain adalah, Gula – 82.12 gm, karbohidrat, protein, serat pangan, air, kalsium,zat besi, vitamin c, vitamin B6, kalium, fosfor, dan masih banyak lagi kandungan yang terdapat pada madu. Maka dari itu, madu sangat bermanfaat untuk kecantikan.

Adapun cara penggunaan madu untuk mengatasi kulit kering sebagaimana yang akan diulas berikut ini ;

  • Ambil 2 sendok makan madu dan taruh di wadah atau mangkok.
  • Lalu oleskan madu dengan kuas pada wajah yang sudah dibersihkan.
  • Kemudian tunggu dan diamkan selama 10 – 15 menit agar madu benar-benar meresap.
  • Setelah itu, bilas dengan air hangat sampai bersih, supaya hasil lebih optimal lakukan secara rutin cara ini.

4. Memperbanyak Minum Air Putih Agar Kulit Tetap Sehat dan Lembab

Sebagaimana yang diulas di atas, yaitu mencegah atau mengatasi kulit kering dengan memperbanyak minum air putih. Kurang lebihnya anda meminum setiap harinya satu setengah liter ataupun 8 gelas. Dengan itu anda dapat terhindar dari kekurangan cairan, stress dan terlebih lagi kulit yang kering karena kurang minum.

Nah, itulah cara-cara mengatasi kulit kering memakai bahan alami di sekitar. Untuk itu, rawatlah wajah dan tubuh anda agar tetap lembab dan sehat. Sekiranya pembahasan tentang cara mengatasi kulit kering dengan bahan alami di sekitar kita. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Satu pemikiran pada “Cara-cara Ampuh untuk Mengatasi Kulit Kering Sekarang Ini

Tinggalkan komentar