13+ Cara Membimbing Anak Supaya Cerdas, Pintar dan Gemar Belajar

Cara Mengajari Anak Belajar – Mempunyai anak adalah suatu karunia yang Allah Ta’ala berikan kepada orang tua. Bagi orang tua yang mempunyai anak, dia mempunyai tanggung jawab yang besar di mata Allah. Bagaimana dia membimbing anaknya, dan bagaimana dia menjaga anaknya dari kejelekan.

Mempunyai anak yang baik, cerdas, pintar, gemar belajar dan taat kepada orang tua adalah suatu hal yang sangat diharapkan oleh orang tua. Orang tua mana yang tidak mau anaknya mempunyai perilaku seperti yang di atas. Memang, mendidik anak untuk mempunyai kriteria yang di atas bukanlah hal yang mudah bagi orang tua.

Apalagi bagi seorang Ibu yang setiap hari mengurusi pekerjaan rumah dan memperhatikan anaknya. Banyak hal yang harus dilakukan oleh sang Ibu, sehingga kadang-kadang tidak sempat memperhatikan anaknya. Maka dari itu, supaya anak bisa lebih baik dan mempunyai kriteria yang disebut di atas, mari kita perhatikan cara-cara berikut ini ;

Cara Mendidik Anak Agar Pintar, Cerdas, dan Gemar Belajar

Cara Mengajari Anak Belajar
wakaf.daaruttauhiid.org

1. Tanamkan Pada Diri Anak akan Kesungguhan

Anak harus tahu apa maksud dan tujuan anak belajar. Dan anak harus tahu apa yang harus mereka lakukan untuk meraih apa yang mereka inginkan dan apa yang kita harapkan. Kadang-kadang anak tidak mengetahui apa yang mereka harapkan dan apa yang harus mereka lakukan.

Hal yang seperti inilah yang harus diperhatikan oleh orang tua. Maka dari itu, sejak sekarang mari kita tanamkan pada diri anak supaya mempunyai keinh=ginan dan apa yang harus mereka lakukan untuk menggapainya. Terus ingatkan dan nasehati sang buahh hati supaya mereka mampu menggapai apa yang mereka inginkan dan juga apa yang kita harapkan.

2. Perbanyak Komunikasi dengan Anak

Menjadi seorang Ibu, dia harus bisa mengatur waktunya dengan baik. Jangan sampai tersibukkan dengan pekerjaan rumah, kantor, bahkan ngobrol sana sini sama tetangga. Sampai-sampai tidak bisa meluangkan waktu untuk sang buah hati. Sang buah hati sangat membutuhkan simpatik kita.

Jika seorang Ibu terbiasa berkomunikasi dengan sang buah hatinya, maka hubungan yang terjalin akan semakin kuat dan sang anak pun mudah untuk diatur. Dengan mudahnya sang buah hati untuk diatur, semakin besar peluang orang tua untuk mendidik anaknya supaya tumbuh sesuai yang orang tua harapkkann.

3. Memiliki Kesabaran yang Lebih

mendidik anak agar menjadi sebagaimana yang kita inginkan, bukanlah suatu hal yang mudah dan terus menyenangkan. Bahkan terkadang mendidik anak sangat menjenuhkan dan menyebalkan. Apalagi di saat mempunyai pekerjaan yang menumpuk.

Untuk itu, sang Ibu harus mempunyai kesabaran yang lebih terhadap anaknya. Jangan mengandalkan emosi, ataupun yang membuat takut anak. Itu tak akan merubah sifat sang buah hati sama sekali, bahkan menyebabkan sang buah hati malas dan tidak mau mendengarkan perkataan orang tua.

Perlakukan terhadap sang buah hati dengan sikap ramah, dan tenang. Jika sang Ibu menyikapi sang buah hati dengan ramah dan tenang, anak pasti mau patuh kepada sang Ibu.

4. Batasi Waktu Menonton TV

Hal inilah yang sering membuat orang tua jengkel dengan perbuatan anaknya, yang menghabiskan waktunya untuk menonton TV. Bahkan jam yang wajib belajar ia habiskan untuk menonton TV. Tidak sedikit anak-anak Indonesia yang melakukan hal yang semacam ini.

Apalagi sekarang yang tampak di di layar televisi adalah hal yang tidak layak dilihat oleh anak-anak. Sinetron yang mengajarkan hal yang buruk, yang sangat tidak pantas dilihat oleh anak-anak kecil. Itu akan mendampakkan bahaya yang cukup besar jika anak-anak melakukan hal yang sama.

Inilah yang menjadi tugas bagi orang tua, bagaimana supaya anak tidak menghabiskan waktunya untuk menonton TV. Dan bagaimana anak bisa meninggalkan menonton TV dan berangkat untuk belajar.

5. Atur Jam Belajar

Untuk mengatasi anak yang menghabiskan waktunya untuk bermain atau hal yang  tidak penting, orang tua harus memberi jam khusus anak untuk belajar. Dengan jam wajib tersebut, insya Allah anak tidak membuang waktunya untuk hal yang sia-sia. dan orang tua harus memperhatikannya.

Apalagi sekarang yang tampak di di layar televisi adalah yang tidak layak dilihat oleh anak-anak. Sinetron yang mengajarkan hal yang buruk, yang sangat tidak pantas di lihat oleh anak-anak kecil. Maka dari itu, jagalah anaak-anak dari hal yang buruk dan beri mereka waktu khusus untuk belajar.

Tapi, jangan sampai mengambil jam bermainnya anak. Setidaknya anak diberi permainan dan bergaul dengan temannya agar tidak minder atau stress jika mereka terus berada di dalam rumah. Jam belajar anak sebaiknya setelah Maghrib atau di jam-jam yang sekiranya tidak memberatkan anak.

6. Orang Tua Harus memberi Tauladan yang Baik

Setelah cara-cara yang di atas sudah dilakukan, maka anda juga harus memberi contoh/tauladan baik kepada sang buah hati. Temani sang buah hati sewaktu belajar. Jangan sampai sang buah hati belajar, tapi orang tua malah melihat TV ataupun yang lainnya.

Dengan memberi contoh yang baik dan menemani sang buah hati untuk belajar. Buatlh suasan supaya menjadi seru dan menyenangkan anak dalan belajar. dengan memberikan tebak-tebakan ataupun yang lainnya yang membuat anak senang dan tumbuh dengan cerdas serta gemar belajar.

7. Penyui dan Lengkapi Makanan yang Banyak Mengandung Asam Omega3.

Kandungan asam omega 3 sangat bermnfat bagi otak anak. Dan juga dapat mengaktifkan area otak, serta mendorong peningkkatan daya konsentrasi anak dan memori. Banyak makanan dan sebagainya yang mengandung asam omega 3  seperti ikan, minyak ikan, dan sebagainya.

Bukan hanya memberikan makanan yang disukai anak saja. Terlebih lagi, hindari makanan yang bentuknya siap saji, yang mengandung banyak kadr gula dan lemak. Yang harus dperhaatikan sang Ibu adalah menjaga kesehatan anak dengan memberi makanan, buah-buahan serta sayuran yang sehat dan bagus untuk sang buah hati tercinta.

8. Jaga Kesehatan Anak

Sang buah hati hharus selalu dijaga kesehatannya, dari segi fisik ataupun batin. Ajaklah anak untuk berolahraga disetiap harinya, agar tubuhnya sehat selalu. Dan juga harus diperhatikan akan makanan anak, beri mereka makanan yang mengandung vitamin dan makanan yang mengandung gizi yang cukup.

9. Atasi Stress dan Kejenuhan Sang Buah Hati

Terkadang anak juga mengalami rasa jenuh dan stress sebagaimana orang-orang dewasa. Biasanya hal itu disebabkan karena sang anak kebingungan mengerjakan tugas ataupun karena hal yang lainnya. Jika hal itu dibiarkan, maka hal itu akan menjadi masalah buat sang buah hati.

Sudah terbuktikan bahwa, jika anak sedang stress aatupun jenuh, maka otak anak akan terganggu dan

10. Jangan Biarkan Sang Buah Hati Belajar Teerlalu Keras

11. Berikan Pujian dan Jauhi Perkataan Buruk

12. Beri Perhatian Khusus

13. Ciptakan Suasana Menyenangkan Sewaktu Belajar

14. Berikan Hadiah Sebagai Penyemangat Belajar

Nah, itulah cara-cara mengajari anak belajar dengan efektif agar mereka mau menjalankan kewajiban mereka. Dan yang terpenting, orang tua harus banyak-banyak meluangkan waktu untuk sang buah hati agar mereka mendapat kasih sayang dari orang tua yang lebih.

Sekiranya cara-cara diatas sudah bisa dipaham dan semoga bisa bermanfaat untuk kita semua dalam mengajari anak dalam belajar. Dan yang terakhir selamat mencoba, wassalam

Tinggalkan komentar