Cara-cara Membuat Fidget Spinner dengan Mudah dan Simple

CARA MEMBUAT FIDGET SPINNER – Tahukah anda permainan yang bumming di media sosial ini? Permainan ini namanya fidget spinner, ada juga yang menyebut dengan spinner saja. Permainan ini adalah permainan penghilang stress. Sebagaimana yang kita tahu, banyak sekali penjual alat permainan ini lewat online maupun offline.

Fidget Spinner
assets.jalantikus.com

cara melakukan permainan ini pun cukup mudah, hanya dengan menaruh jari kita di tengah lalu diputar. Fidget spinner ini pun mempunyai banyak sekali ragam, namun dan nama yang berbeda. Tapi, apa salahnya jika kita membuat spinner sendiri dengan bahan alat yang praktis dan tidak ribet.  Untuk itu, kita akan bahas bagaimana langkah-langkah pembuatan spinner.

Cara Membuat Spinner Fidget

Dengan penjualan alat yang terdapat di luar cukup mahal, maka kita bis membuat sendiri alat permainan spinner ini sendiri. Pembuatan spinner ini hanya membutuhkan bahan-bahana yang sederhana tidak terlalu membutuhkan barang-barang yang sulit dicari. Untuk lebih jelasnya, berikuut bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat spinner fidget.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

1. Karton (Kardus).

2. Bearing (Klaker).

3. Lem G

4. Plaster selotip kertas.

5. Cat semprot

Nah, itulah bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan spinner fidget. Sederhana dan mudah dicari kan barnag-barangnya? Untuk itu bagaimana dan apa kegunaan dari bahan-bahan yang tersebut dia tas. Supaya lebih bisa dipaham dan mudah diterapkan, maka perhatikan penjelasan mengenai fungsi dan untuk apa bahan-bahan tersebut.

Baca juga : Jual pom mini

1. Karton.

Karton ini adalah barang yang pertama kali disiapkan dalam pembuatan sniper fidget. Kardus atau karton bisa kita dapatkan di toko atau supermarket, anda bisa langsung meminta ataupun membelinya.

2. Bearing / Klaker

Bahan yang kedua setelah karton adalah bearing. Seru dan asyiknya memainkan permainan spinner ini dipengaruhi oleh kemampuan berputarnya. Jika kemampuan berputar lebih kuat dan lebih lam, makin seru dan asyik saat memainkannya. Dan juga sebaliknya, jika kemampuan berputar kurang lama, makin kurang seru dalam memainkannya.

Dan yang mempengaruhi kuatnya daya tahan berputar adalah bearing. Bearing berbentuk seperti cin-cin yang tebal dan terdapat di dalamnya bola-boa kecil. Bearing juga sering digunakan sebagai salah satu komponen roda skateboard supaya bisa berputar lancar.

Bearing sebagai alat yang menentukan kemampuan kuat dan tahan lamanya dalam berputar ini juga memiliki beberapa macam material tersendiri yang semuanya memiliki kekurangan dan keunggulan tersendiri, antara lain adalah;

Bearing Logam (Metal)

Bearing logam, bearing inilah yang lebih umum dipakai dan ditemui. Bearing ini disebut dengan bearing logam karena bearing tersebut tersusun dari logam, bahkan bola yang terdapat di dalamnya juga terbuat dari logam.

Keunggulan ;
– Pada harga relatif lebih murah.
– Dan kemampuan berputar lumayan kuat.

Kekurangan ;
– Kekuatan berputar lebih singkat dari pada bearing dengan jenis lain.
– Bisa berkarat jika tidak terawat.

Bearing Full Keramik

Adapun jenis bearing yang satu ini, terbuat dari bahan keramik total dan tanpa unsur logam sama sekali. Bahkan bola yang terdapat di dalamnya pun juga terbuat dari keramik.

Keunggulan ;
– Daya kemampuan berputar lebih kuat dan tahan lama dari bearing-bearing yang lainnya.
– Tidak akan berkarat.
– Warna dan bentuk lebih terlihat keren.

Kekurangan ;
– Kekurangan pada bearing ini hanya harga relatif lebih mahal.

Dan masih ada bearing yang lain seperti bearing hybird. Yang terpenting semua jenis bearing tersebut memiliki keunggulan dan kekurangan tersendiri. Itulah pengaruh yang dipegang oleh bearing akan kemampuan daya kuat dan tahan lamanya berputar.

3. Lem G

Jika kedua bahan yang di atas sudah siap dan ada, bahan selanjutnya yang dibutuhkan adalah lem g. Lem g digunakan sebagai salah satu bahan membuat spinner karena lem tersebut mampu merekatkan banyak jenis benda, entah itu benda yang berlawan jenis maupun benda yang satu jenis. Lem g bis anda dapatkan di toko-toko terdekat.

4. Cat Semprot Warna

Setelah semua sudah tersiapkan, dan siap untuk dibuat, maka hal yang juga harus diperhatikan supaya hasil lebih berwarna dan indah adalah menyediakan cat semprot. Pilih sesuai kesukaan anda akan warna cat tersebut.

5.  Plaster Selotip Kertas

Untuk bahan yang terakhir yang dibutuhkan adalah selotip kertas (plaster). Selotip kertas ini untuk menyempurnakan dan menempelkan karton dengan bahan lainnya supaya lebih erat dan kuat.

Nah, itulah bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat fidget spinner yang sederhana. Adapun cara membuatnya lihat video yang terdapat di bawah ini ;

 

Cara Membuat Fidget Spinner dengan Tali Ties

Fidget Spinner
tutorialpedia.me

Untuk membuat fidget spinner dengan tali ties tidak memerlukan waktu yang lama dan tidak terlalu susah ataupun ribet. Supaya lebih jelas dan mudah dipaham, kita bisa membuat fidget spinner ini secara DIY (do it yourself).

Fidget Spinner
youtube.com

Berikut penjelasannya jika anda ingin mencoba untuk membuatnya ;

  • Siapkan tali ties dan rangkai tali tes berbentuk segitiga.
 Cara Membuat Fidget Spinner dari Kardus
youtube.com
  • Lalu pasang bearing atau laker pada tiap sudut tali ties, pemasangan ditali dengan tali ties juga.

 

  • Langkah selanjutnya, setiap tali lagi dengan tali ties pada bagian segitiga tersebut , tapi jangan terlalu over.

 

  • Namun agak dikendorin untuk memasang laker di tengahnya.

 

  • Kemudian pasang laker tersebut di tengahnya. Dan kencangin tali ties yang kendor tadi.

 

  • Langkah yang terakhir, potong semua tali ties dan ratain supaya terlihat cantik.

 

Nah, seperti itulah pembuatan fidget spinner dengan tali ties. Mudah bukan? Silahkan anda mencobanyya sendiri. Dan untuk lebih mudahnya dalam pembikinan, lihat video berikut ini ;

 

Cara Membuat Fidget Spinner dari Botol

Fidget Spinner
i.ytimg.com

Nah, itulah cara-cara pembuatan fidget spinner dengan menggunakan bahan sederhana yang terdapat di sekitar kita. Sekiranya pembahasan mengenai car membuat fidget spinner cukup bisa dipaham dan mudah diterapkan. Semoga dengan penjelasan ini bisa menambah kreasi dan kerajinan tangan kita dan bermanfaat selalu.

2 pemikiran pada “Cara-cara Membuat Fidget Spinner dengan Mudah dan Simple

Tinggalkan komentar