Cara Berbicara Di Depan Umum Agar Tidak Grogi

/griyagawe.files.wordpress.com

Banyak sekali kejadian yang terjadi di kalangan kita yang pernah kita dapati. Salah satunya melihat seseorang yang gemetar atau grogi ketika berbicara, pidato  di tempat umum. Yang membuatnya mengeluarkan keringat dingin yang bercucuran, wajah menjadi pucat pasi, terkadang perut terasa melilit, dan otak pun menjadi blank, bingung ap yang mau diucapkan. Apalagi para hadirin menertawainya. Wah, apa kata dunia !!!

Maka dari itu, setidaknya kita harus tau apa yang harus kita lakukan sebelum kita tampil, ikuti pesan-pesan berikut ini ;

   – Kita Harus Menguasai Materi

https://i2.wp.com

Sebelum kita tampil untuk berbicara maupun berpidato di tempat umum, kita harus menguasai materi yang akan kita sampaikan. Terserah materi apapun yang mau kita sampaikan, yang penting kita sudah menguasai materi tersebut. Yaitu kita harus menyusun materi kita dan kita tentukan mana yang mau kita terangkan terlebih dahulu, begitu pula selanjutnya.

Dan untuk pertama kalinya sebaiknya kita mengambil tema atau pembahasan yang mudah atupun sebelummnya kita sudah menguasainya, supayakita tidak kebingungan dalam memaparkan materi yang mau kita terangkan.

   – Kita Harus Bersikap Tenang

https://i.ytimg.com

Ketenangan akan mempengaruhi anggota badan kita dan juga otak kita. Ketika kita mau tampil di muka umum, kita harus tenangkan jiwa kita, maka otomatis anggota badan dan otak kita akan menjadi rilex. Biasakan tenang dalaam mengatasi hal apapun itu, selagi kita tenang otak kita akan menjadi jernih dan badan kita bisa menyelesaikan hal tersebut dengan pemikiran yang jernih.

Untuk menenangkan diri kita sebelum berpidato, bisa kita lakukan dengan menarik nafas sedalam-dalamnya dan kita tahan di perut kemudian kita keluarkan nafas secara perlahan, ulangi beberapa kali sampai jantungmu tidak berdetak kencang. Minum air putih yang banyak dan juga lakukan senam ringan seperti menggerak-gerakkan tangan, ataupun beristirahatlah yang cukup sebelum tampil di depan umum, supaya badan segar dan otak rilex.

   – Optimis Bahwa Kamu Yang Paling Baik

https://i0.wp.com

Beroptimislah bahwa kamu yang paling baik di antara para hadirin, walaupun para hadirin itu para raja ataupun presiden. Karena dari optimismu itu akan memunculkan semangat yang berkobar, dan akan membuatmu lancar dalam berbicara.

Supaya kita bisa beroptimis, salah satuu contohnya adalah kamu harus membayangkan bahwa kamu berbicara dengan batu ataupun kamu beranggapan bahwa kamu berbicara sendiri. Dan lebih baik lagi ketika kamu maju ke depan lihatlah semua orang dari kiri sampai kanan maupun dari depan sampai belakang

   – Jangan Berfikiran Negatif

http://www.sehatcenter.com

Di saat kita mau tampil di muka umum, hilangkan perasaan-perasaan negatif yang menimbulkan rasa takut, yang mengakibatkan kita ragu untuk tampil. Dan jangan takut salah, yakinlah dengan diri anda bahwa anda sudah siap untuk tampil di muka umum.

   – Sering Paktek

http://abiummi.com

Untuk menghasilkan hasil yang  lebih maksimal dalam berpidato, sesering mungkin kamu harus praktek yaitu dari hal-hal yang kecil dulu. Seperti mengajar TPA, membimbing anak-anak belajar kelompok dan hal-hal yang lain yang semacam itu. Jika kamu sudah terbiasa melakukannya, kamu akan terbiasa melihat para hadirin ketika berbicara maupun berpidato di tempat umum.

Maka dari itu berlatihlah dan terus praktek supaya kamu terbiasa dengan hal-hal  yang demikian itu. Karena ada selogan yang mengatakan ” Kita Bisa Karena Terbiasa “.

   – Memperbanyak Do’a

Lafadz dan Doa Sesudah Adzan dan Iqomah
nyantrionlen.blogspot.co.id

Memang kita sudah berusaha semaksimal mungkin agar kita dapat berbicara ataupun berpidato di tempat umum denagn lancar. Tapi setidaknya kita harus selalu meminta pertolongan kepada Allah , karena kalau Allah menghendakinya maka kita akan bisa untuk melakukannya. Tapi kalau sebaliknya, kita tidak bisa apa-apa kecuali dengan pertolongan Allah.

Maka dari itu, di saat kita mau melakukan sesuatu hendaknya kita meminta pertolongan kepada Allah Ta’ala. Dan kita harus ingat dengan selogan yang berbunyi ” Usaha Tanpa Do’a Sombong, Do’a Tanpa Usaha Bohonng “.

Tinggalkan komentar