Cara Belajar Bermain Gitar Untuk Pemula Hanya dalam Waktu yang Singkat

CARA BELAJAR BERMAIN GITAR – Bisakah Anda bermain gitar dengan lancar dan lihai? Nah, bagi Anda yang masih pemula ataupun belum mahir dalam memainkan gitar, Anda dapat membaca ulasan cara belajar bermain gitar untuk pemula ini. Di sinilah tempat solusi untuk Anda agar dapat bermain gitar dengan lihai.

Mungkin saat Anda melihat seseorang memainkan gitar dengan sangat lihai dan sangat enak didengar, Anda pastinya sangat ingin untuk dapat memainkan sepertinya. Tapi ketahuilah bahwasanya semua orang itu mampu atau bisa memainkan gitar dengan lihai jika dia mau bersungguh-sungguh untuk belajar dan terbiasa.

Cara Belajar Bermain Gitar
i2.wp.com

Memang banyak orang yang belajar bermain gitar namun tak juga dapat memainkan gitar dengan lihai. Tapi, sebenarnya dia akan menjadi lihai dalam memainkan gitar jika dia terus istiqomah dalam memainkannya.

Dan yang harus diketahui juga, disamping itu juga banyak sekali orang yang mampu memainkan gitar dengan lihai dalam waktu yang singkat. Sebab, dia semangat dan terus membiasakannya dengan memperbanyak jam terbang untuk bermain gitar. Untuk itu, supaya lebih lengkap dan jelasnya berikut ulasannya.

Cara Belajar Bermain Gitar dengan Mudah

Yang harus dilakukan pertama kali bagi pemula atau untuk orang yang belajar gitar adalah yakin, bersungguh-sungguh dan membiasakannya/istiqomah. Sebab, belajar gitar sebenarnya tidak membutuhkan waktu yang lama, dan yang terpenting setelah mengetahui teori dan kunci gitar yang akan kita bahas nanti adalah sering praktek.

Di sini kita akan bahas semua yang berkaitan mengenai pembelajaran bermain gitar. Antara lain adalah belajar kunci dasar, cara bagaimana menyetem chord gitar, cara menyetem gitar dengan tuning standar, cara menyetem gitar dengan instrumen lain.

Selain itu, kita akan membahas dan mempelajari bagian-bagian yang terdapat pada gitar, tips-tips dan cara belajar gitar dengan benar bagi pemula. Nah langsung saja kita bahas mengenai kunci dasar gitar sebagaimana berikut ini.

Belajar Kunci Dasar Pada Gitar

Kunci Dasar Gitar
lh6.googleusercontent.com

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa pada umumnya senar yang terdapat pada gitar berjumlah enam. Yang mana senar yang diawali dari bawah merupakan senar paling kecil atau tipis dan sampai atas atau senar yang keenam senar yang paling tebal, entah itu gitar akustik maupun elektrik. Di setiap senarnya memiliki nada suara yang mirip.

Namun, ada yang membedakan antara gitar akustik dan gitar elektrik. Salah satu yang membedakan antara kedua gitar tersebut adalah tuningnya. Adapun suara yang dihasilkan dari kedua gitar tersebut hampir sama. Berikut nada suara yang dihasilkan dari keenam senar pada gitar.

  • Senar 1 (pertama yang paling bawah) mempunyai nada E’
  • Senar 2 mempunyai nada B
  • Senar 3 mempunyai nada G
  • Senar 4 mempunyai nada D
  • Senar 5 mempunyai nada A
  • Senar 6 (terakhir yang paling atas) mempunyai nada E

Namun, pada dasarnya kunci-kunci yang tertera di atas tersebut hanya terbagi dalam 2 jenis. Yaitu kunci dasar (biasa) dan kunci dasar gitar minor. Tapi yang perlu diketahui bahwa yang paling utama dari itu semua adalah C mayor, E mayor, G mayor, A mayor, dan D mayor.

Inilah kunci-kunci dasar dan kunci dasar minor beserta letak dan posisi jari yang betul dan benar.

Kunci Dasar Gitar C

Kunci Dasar Gitar C
3.bp.blogspot.com

Itulah kunci dasar C pada gitar sebagaimana yang terdapat pada gambar di atas. Untuk itu, Anda dapat melakukan dan mempraktekannya dengan berulang-ulang sampai lancar dan terbiasa. Adapun untuk posisi jari yang tepat dalam kunci dasar C ini sebagaimana pada gambar berikut.

Kunci Gitar C
ezrabukitlawang.ga

Kunci Dasar Gitar D

Kunci Dasar Gitar D
yadigitar.com

Itulah kunci dasar D pada gitar sebagaimana yang terdapat pada gambar di atas. Nah, Anda dapat melakukan dan mempraktekannya dengan berulang-ulang sampai lancar dan terbiasa. Adapun untuk posisi jari yang tepat dalam kunci dasar D ini sebagaimana pada gambar berikut.

Kunci Gitar D
kuncigitar.co.id

Kunci Dasar Gitar E

Kunci Dasar Gitar E
aramutu.blogspot.co.id

Itulah kunci dasar E pada gitar sebagaimana yang terdapat pada gambar di atas. Untuk itu, Anda dapat melakukan dan mempraktekannya dengan berulang-ulang sampai lancar dan terbiasa. Adapun untuk posisi jari yang tepat dalam kunci dasar E ini sebagaimana pada gambar berikut.

Kunci Gitar E
gunomusic.blogspot.co.id

Kunci Dasar Gitar F

Kunci Dasar Gitar F
hidupsimpel.com

Itulah kunci dasar F pada gitar sebagaimana yang terdapat pada gambar di atas. Untuk itu, Anda dapat melakukan dan mempraktekannya dengan berulang-ulang sampai lancar dan terbiasa. Adapun untuk posisi jari yang tepat dalam kunci dasar F ini sebagaimana pada gambar berikut.

Kunci Gitar F
hidupsimpel.com

Kunci Dasar Gitar G

Kunci Dasar Gitar G
sumedangsharing.blogspot.co.id

Itulah kunci dasar G pada gitar sebagaimana yang terdapat pada gambar di atas. Untuk itu, Anda dapat melakukan dan mempraktekannya dengan berulang-ulang sampai lancar dan terbiasa. Adapun untuk posisi jari yang tepat dalam kunci dasar G ini sebagaimana pada gambar berikut.

Kunci Gitar G
mistermastergitar.blogspot.co.id

Kunci Dasar Gitar A

Kunci Dasar Gitar A
sahabatnesia.com

Itulah kunci dasar A pada gitar sebagaimana yang terdapat pada gambar di atas. Untuk itu, Anda dapat melakukan dan mempraktekannya dengan berulang-ulang sampai lancar dan terbiasa. Adapun untuk posisi jari yang tepat dalam kunci dasar A ini sebagaimana pada gambar berikut.

Kunci Gitar A
mistermastergitar.blogspot.co.id

Kunci Dasar Gitar Dm (D minor)

Kunci Dasar Gitar Dm
sumedangsharing.blogspot.co.id

Itulah kunci dasar Dm (D minor) pada gitar sebagaimana yang terdapat pada gambar di atas. Untuk itu, Anda dapat melakukan dan mempraktekannya dengan berulang-ulang sampai lancar dan terbiasa. Adapun untuk posisi jari yang tepat dalam kunci dasar Dm (D minor) ini sebagaimana pada gambar berikut.

Kunci Gitar Dm
i.ytimg.com

Kunci Dasar Gitar Em (E minor)

Kunci Dasar Gitar Em
sumedangsharing.blogspot.co.id

Itulah kunci dasar Em (E minor) pada gitar sebagaimana yang terdapat pada gambar di atas. Untuk itu, Anda dapat melakukan dan mempraktekannya dengan berulang-ulang sampai lancar dan terbiasa. Adapun untuk posisi jari yang tepat dalam kunci dasar Em (E minor) ini sebagaimana pada gambar berikut.

Kunci Gitar Em
i.ytimg.com

Kunci Dasar Gitar Am (A minor)

Kunci Dasar Gitar Am
sumedangsharing.blogspot.co.id

Itulah kunci dasar Am (A minor) pada gitar sebagaimana yang terdapat pada gambar di atas. Untuk itu, Anda dapat melakukan dan mempraktekannya dengan berulang-ulang sampai lancar dan terbiasa. Adapun untuk posisi jari yang tepat dalam kunci dasar Am (A minor) ini sebagaimana pada gambar berikut.

Kunci Gitar Am
i.ytimg.com

Perlu diketahui bahwa sebagaimana yang telah dijelaskan di atas bahwa setiap senar memiliki nada suara tersendiri. Jadi suara senar akan berbunyi sesuai fret mana yang akan kamu tekan. Fret sendiri biasa disebut juga dengan kolom-kolom yang berada pada gitar yang mana terpisahkan dengan besi pada lengan gitar.

Anda tak perlu bingung dan khawatir. Untuk memudahkan dalam memahami dan mempraktekannya simak video berikut ini.

Mudah bukan? Intinya, jika kamu benar-benar pengen cepat bisa bermain gitar dengan lancar dan lihai, perbanyaklah latihan/jam terbang Anda. Karena dengan latihan, Anda akan mendapatkan pola dan akan menjadi lebih terbiasa.

Nah, seperti itulah kunci dasar gitar dan posisi jari yang benar yang harus Anda kuasai. Setelah Anda mengetahui kunci gitar dan posisi jari yang benar, Anda harus tahu bagaimana cara menyetem gitar. Mau tau? Simak penjelasan berikut.

Cara Belajar Menyetem Chord Gitar dengan Benar

Dalam cara menyetem gitar ini terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Antara lain adalah menyetem menggunakan tuning standar, bisa juga menyetem dengan cara menggunakan tuner (efek gitar ataupun aplikasi android). Ataupun juga bisa dengan mencocokkan instrumen lain dan juga dapat memakai teknik harmonik.

Beberapa cara menyetem gitar di atas dapat Anda pakai dalam instrumen lainnya semisal gitar akustik, bass, ukulele maupun kencerung. Supaya jelas dan mudah dipahami, berikut penjelasannya.

Cara Menyetem Gitar Manual

Cara Menyetem Gitar Secara manual
dovidkam.com

Metode ini sebenarnya sangatlah mudah untuk dilakukan, namun banyak sekali pemula yang masih kebingungan dalam melakukan cara menyetem gitar manual yang satu ini. Kenapa hal ini dapat terjadi? Sebab dalam hal ini, pendengaran serta kepekaan kita harus benar-benar terlatih dengan nadanya.

  1. Tekanlah senar 6 pada fret ke-5 lalu sesuaikan nadanya dengan senar 5 yang dibunyikan tanpa menekan fret lainnya.
  2. Tekanlah senar 5 pada fret ke-5 lalu sesuaikan nadanya dengan senar 4 yang dibunyikan tanpa menekan fret lainnya.
  3. Tekanlah senar 4 pada fret ke-5 lalu sesuaikan nadanya dengan senar 3 yang dibunyikan tanpa menekan fret lainnya.
  4. Tekan senar 3 pada fret ke-5 lalu sesuaikan nadanya dengan senar 2 yang dibunyikan tanpa menekan fret lainnya.
  5. Tekan senar 2 pada fret ke-5 lalu sesuaikan nadanya dengan senar 1 yang dibunyikan tanpa menekan fret lainnya.

Nah seperti itulah menyetem gitar dengan cara manual, mudah bukan? Untuk itu, ikuti langkah-langkah yang telah diulas di atas secara rutin. Dan yang perlu Anda perhatikan adalah pendengaran Anda harus benar-benar peka mendengarkan nada suara yang keluar.

Cara Menyetem Gitar dengan Tuning Standar

Salah satu alasan mengapa memakai tuning standar untuk menyetem gitar dikarenakan banyak sekali para gitaris dan lagu-lagu pada umumnya yang beredar di pasaran dalam menggunakan steman standar seperti ini.

Dengan demikian, bagaimana cara menyetem agar tuning gitar menjadi standar dengan tanpa adanya lata bantu semisal tuner gitar?
Cara atau langkah yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan menyesuaikan secara langsung dengan lagu yang kita dengar.

Nah, untuk hal ini, carilah lagu yang intro ataupun lagu yang awalnya diawali dari chord E. Sebab, dengan chord E tersebut kita lebih dapat tahu nada E yang tanpa dipetik atau nada open string.

Adapun band yang sering memakai chord E pada permulaan lagu-lagunya adalah Peterpan, yang  mana sekarang berubah namanya menjadi Noah. Lagu-lagunya yang menggunakan chord E diawalnya antara lain yang berjudul Tak Bisakah, Bagai Bintang di Surga, Mimpi yang Sempurna, Di Belakangku, dsb.

Supaya Anda lebih tahu bagaimana bunyi atau nadanya, dengarkan salah satu judul lagu yang terdapat di atas. Dengarkan dan perhatikan cord pertama dari intronya. Setelah Anda mendengarkan nadanya, maka langsung saja samakan nadanya dengan senar 6 pada gitar Anda.

Nah, jikalau sudah sama, hal selanjutnya adalah lakukan langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas tadi yaitu pada penjelasan cara menyetem gitar manual. Kalau semuanya benar, maka bunyi atau nada dari senar-senar tersebut adalah E, A, D, G, B, E, dan itulah yang dimaksud dengan tuning standar.

Cara Menyetem Gitar dengan Instrumen Lain

Pada umumnya, dalam menyesuaikan dengan sebuah instrument lain dapat kita lakukan di saat kita mulai memasuki studio. Sebab, terkadang setelan gitar kita berbeda dengan instrument-instrument yang lain. Nah, untuk itu bagaimana caranya supaya nada suara menjadi sama?

Cara untuk menyamakan atau mengiringi dengan instrumen lain dapat dilakukan dengan menyesuaikan nada dengan instrumen lain, salah satunya adalah keyboard. Dan cara ini pun tidak hanya untuk gitar saja, namun juga bisa anda praktekkan di instrumen lain semisal bass.

Seperti itulah cara-cara menyetem gitar yang benar dan simple untuk Anda. Mudah bukan? Untuk itu, Anda dapat bermain dan belajar kapan saja dengan langkah-langkah yang telah diulas di atas.

Setelah panjang lebar membahas mengenai kunci dasar gitar serta beberapa langkah ataupun cara menyetem gitar dengan benar, hal yang perlu Anda ketahui dan kuasai adalah beberapa tips dan cara supaya lebih mudah dalam belajar bermain gitar. Supaya lebih jelas, berikut penjelasannya.

Tips dan Cara Mudah Belajar Bermain Gitar Bagi Pemula

Pemula Bermain Gitar
cdns.klimg.com

Seiring Anda akan bermain gitar, maka Anda arus benar-benar mempersiapkan jiwa dan perasaan. Sebab dengan adanya perasaan dan jiwa, Anda akan lebih dapat meresapi dan menjiwai apa yang Anda lakukan.

Oleh karena itu, jika Anda ingin mudah dan cepat bisa bermain gitar, kamu harus benar-benar meresapi dan menjiwai antara perasaan dan senar yang kamu petik. Masih ada beberapa hal yang akan memudahkan untuk pemula. Inilah hal-hal yang peru diperhatikan.

1. Mencari Instruksi dari Buku Ataupun Internet

Bermain dengan bantuan naskah
wikihow.com

Sebagaimana yang Anda tahu, bahwa internet merupakan sumber kabar dan juga ilmu. Apapun itu yang Anda butuhkan pasti ada dan tersedia di internet. Dengan itu, Anda dapat memanfaatkannya sebagai salah satu sumber belajar bermain gitar dengan otodidak.

Sebagaimana pada artikel ini, yang mana kita mengulas mengenai belajar bermain gitar dari memahami kunci dasar gitar, bagaimana menyetem gitar serta tips dan cara belajar gitar yang mudah bag pemula.

Adapun cara supaya Anda bisa bermain dan belajar secara konsisten, Anda dapat melakukannya dengan membuat agenda harian ataupun target khusus. Dengan itu semua Anda akan lebih cepat mampu menguasai cara bermain gitar dalam waktu yang singkat.

namun, perlu diketahui bahwa, semua tergantung niat, keinginan dan usaha kita dalam menjalaninya. Paling tidaknya Anda dapat membawakan satu lagu dalam waktu satu bulan

2. Mencontoh/Mengikuti Musisi yang Profesional

Belajar Kunci Gitar
gewoonoverdelft.nl

Dalam meningkatkan kemampuan yang Anda miliki adalah suatu hal yang penting untuk Anda lakukan. Nah, setelah Anda benar-benar dapat menguasai chord gitar dasar, untuk meningkatkan kemampuan Anda dapat meniru salah satu musisi handal yang Anda gemari.

Dengan demikian akan lebih memotivasi Anda untuk lebih giat dalam berlatih agar dapat menjadi seperti musisi handal yang Anda favoritkan. Nah, itu,ah satu satu tips bagaimana supaya Anda dapat bermain gitar dengan lihai.

3. Mempelajari dan Memahami Semua yang Terdapat Pada Gitar

Bagian-bagian Gitar
gitarex.blogspot.co.id

Salah satu hal penting dalam mempelajari dan memahami gitar adalah tahu semua bagian-bagian pada gitar. Dengan wawasan yang kamu miliki mengenai bagian-bagian pada gitar, akan lebih mudah untuk memahami saat proses pembelajaran dan mampu bagaimana memberikan suara yang indah saat memainkannya.

4. Terus Berlatih Secara Rutin

Latihan Secara Rutin
belajargitarda.blogspot.co.id

Setelah memiliki bekal dengan teori-teori yang Anda dapatkan mengenai cara bermain gitar, langkah penting selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah latihan secara rutin dan teratur. Sebab, dengan teori saja tanpa ada praktek tidak akan membuat Anda mahir.

Seseorang akan cepat bisa dalam suatu hal jika dia terbiasa dalam melakukan hal itu. Begitu juga bermain gitar ini. Bahkan, para gitaris yang handal sekalipun bisa karena mereka banyak sekali jam terbang untuk latihan, akhirnya mereka terbiasa.

Oleh sebab itu, di saat Anda mempunyai waktu yang renggang, manfaatkan waktu itu untuk belajar dan berlatih bermain gitar. kalau Anda mendapati kesulitan, Anda dapat belajar bersama teman maupun keluarga Anda yang sudah ahli dan mahir memainkan gitar.

5. Melatih Memori Otot Tangan

Belajar Bermain Gitar
marisebarkans.blogspot.co.id

Setelah Anda dapat menyesuaikan antara jari-jari dengan chord dasar gitar, maka hal selanjutnya yang harus Anda melatih memori otot tangan atau memainkan gitar dengan tanpa melihat jari dan senar yang dipetik. Adapun caranya, sebagaimana yang telah yang dijelaskan di atas.

Dengan memperbanyak latihan menguatkan memori otot tangan, semakin lama tangan akan lebih terbiasa dengan letak posisi jari dan fretnya. Untuk itu, cobalah dengan salah satu lag sampai Anda dapat membawakannya dengan tanpa melihat gitar.

6. Kelola Kepalan Pada Ujung Jari

Bagaimana kalau belum atau tidak bisa memegang gitar dengan sempurna karena merasa ukuran tangannya yang kecil?

Untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya mudah, tinggal Anda buang perasaan dan istilah tidak bisa dalam hal tersebut. Dan yakinlah bahwa dengan keyakinan serta usaha yang Anda lakukan dapat mewujudkan itu semua, salah satunya dapat memegang gitar dengan sempurna.

7. Membangun Kekuatan Fret Tangan

Kekuatan fret tangan juga harus Anda bangun agar tidak kaku dalam memainkan gitar. Dalam melatih kekuatan fret tangan ini dapat Anda lakukan dengan meremas-remas sebuah bola gabus yang empuk selam 5 menit ataupun lebih.

Namun, jikalau Anda tak mendapati objek yang dibutuhkan, penggantinya Anda dapat menggunakan squishy ataupun spons sebagai objek menguatkan fret tangan.

8. Mulai Bermain dengan Sebuah Lagu

Bernyanyi sambil main gitar
gohitz.com

Setelah berbagai macam tahapan yang Anda lalui, tentunya Anda sudah dapat melakukan hal yang Anda inginkan. Dan pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan kunci dasar gitar, cara menyetem gitar dan semua yang bersangkutan tentang gitar.

Dan yang terpenting untuk Anda perhatikan adalah jangan berganti ke lagu lain dahulu sebelum Anda benar-benar belum dapat menguasai lagu tersebut. Tetap fokus pada satu lagu terlebih dahulu, setelah Anda menguasainya, baru Anda pindah ke lagu yang lain dan menguasainya sampai tuntas, begitu juga seterusnya.

Nah, demikianlah penjelasan lengkap mengenai cara belajar bermain gitar yang kami ulas panjang lebar. Sekiranya dengan ulasan di atas yang menjelaskan tentang kunci dasar gitar, chord gitar, dan juga cara-cara belajar gitar untuk pemula cukup jelas dan bisa dipahami.

Semoga dengan ulasan di atas dapat menambah wawasan dan ilmu untuk kita semua, semoga bermanfaat.

  • Kunci Gitar
  • Chord Gitar
  • Chord Lagu
  • Cara Belajar Bermain Gitar
  • Gambar Kunci Gitar

Selamat Berjuang, wassalam.

Tinggalkan komentar