10 Makanan Khas Solo Yang Harus Dicicipi Oleh Wisatawan

Beragam macam makanan khas yang terdapat di kota Surakarta atau biasa lebih dikenal dengan kota Solo, makanan-makanan khas Solo merupakan makanan terpopuler di Pulau Jawa bagi para wisatawan, jika kamu berwisata ke Solo, kamu harus mencicipinya. Karena cita rasanya yang sangat menggugah selera, bikin kamu mau nambah terus. Jangan sampai kamu menyesal karena melewatkan makanan-makanan khas Solo yang tercantum di bawah ini ;

   1. Sego Liwet

http://us.images.detik.com

Di saat kamu berwisata ataupun mudik ke kota Solo, yang pasti kamu harus mencicipi makanan yang satu. Meskipun nasinya tampak seperti nasi biasa, tapi rasa nasinya itu berbeda dengan nasi biasa. Nasi itu mempunyai rasa gurih dan lezat yang melekat di lidah anda.

Setiap satu porsi nasi liwet, isinya terdiri dari nasi gurih, telur, irisan ayam, sayur labu siam (sayuran jipang ), dan kuah khas nsai liwet yang biasa disebut dengan areh. Biasanya para pedagang menyajikan makanan tersebut di piring yang dilapisi daun pisang, ataupun kadang-kadang  dengan daun pisang saja.

Itulah salah satu makanan khas Solo yang sangat enak dan lezat, harganya pun terjangkau, sekitar Rp 8000 per porsinya. Tidak usah  khawatir kalau kehabisan, karena banyak warung-warung yang berjualan di sekitar solo.

 

   2. Selat Segar Solo

http://oatmeal.perutgendut.com

Pernahkah kamu mendengar nama ini ? Bagi yang pernah mendengarnya pasti dia akan merasa aneh, karena makanan ini sebenarnya berasal dari ( beefsteak yang biasa dibilang bistik ) yang kemudian dimodifikasi sesuai dengan lidah atau selera orang jawa. Kalaupun kamu sudah mencobanya pasti kalian ingin nambah lagi.

Biasanya selat segar Solo ini erdiri dari daging sapi yang diiris agak tipis kurang lebih 6-7 mm, seukuran 15 cm x  7 cm, yang dimasak dengan cara disemur. Adapun isi yang lain ada kentang goreng, buncis rebus, wortel iris rebus, potongan tomat segar,  daun slada, acar timun dan dikasih telur.

Sebelum disajikan, selat tersebut disiram dengan kuah yang lezat berwarna kecoklatan yang terasa manis dan gurih. Agar sayuran seperti buncis, wortel memiliki cita rasa, sebaiknya ditumis margarine dengan bawang merah, tomat potong dan lada. Jika semua sudah tersajikan maka siap santap.

 

   3. Timlo

http://dolanbareng.com

Nama makanan ini memang menyerupai nama grup band yang kocak itu, tapi ini bukan itu yang dimaksud. Timlo adalah salah satu khas makanan kota Solo, makanan ini sangat lezat disantap saat hangat, apalagi cuacanya dingin. Makanan khas Solo yang satu ini berupa sup yang dilengkapi dengan telur, kembang tahu, dan daging sapi maupun ayam, potonggan-potongan sosis dan diatasnya ditaburi dengan bawang goreng dn sledri.

Untuk mencicipi makanan khas Solo ini hanya dengan mengeluarkan uang Rp 10.000 ribu bisa mendapatkan satu porsi. Jangan sampai kamu tidak mencobanya, harga tercapai dan terpuaskan.

 

   4. Tumpang

http://2.bp.blogspot.com

Makanan tumpang ini juga termasuk dari khas Solo yang unik dan murah meriah. Makanan ini terbuat dari tempe busuk, tapi jangan bayangkan tempe yang digunakan tersebut sudah dikerubungi ulat ataupun belatung. Tapi, tempe yang digunakan adalah tempe yang berusia 2 hari setelah pembuatannya.

Nasi tumpang disajikan dengan tambahan tahu putih, dan daun bayam serta ditambahin tahu rebus. Nah, tempe yang telah diolah disiramkan di atas daun bayam dan tahu rebus. Tidak ada rasa asam dan tempe yang bau layaknya tempe busuk pada tempe yang digunakan tersebut. Tapi, justu yang muncul adalah rasa gurih dari tempe tersebut dan diseliingi rasa pedas.

 

   5. Tengkleng

https://i.ytimg.com

Makanan ini sangat menggugah selera para traveller atau wisatawan yang berkunjung ke kota Solo, bahan makanan ini yang digunakan adalah daging kambing dan tulang-tulang kambing yang terdapat sedikit daging kambing yang tersisa. Dan juga makanan ini tidak terlalu kental kuahnya, tidak seperti gulai kambing yang kental kuahnya. Tapi bumbunya sangat terasa ketika kita mencicipinya.

 

   6. Tahu Kupat

http://3.bp.blogspot.com

Tahu kupat bisa kita jumpai diberbagaai kota, salah satunya adalah kota Solo, tahu kupat ini terdiri dari ketupat,bakwan goreng yang dipotong-potong, tahu goreng yang hangat, mie basah, dan juga kecambah serta ditaburi kacang goreng. Dan juga disajikan dengan bumbu kecap manis yang encer disiramkan di atasnya dengan rasa bawang yang pas dan juga satu lagi yaitu ditaburi bawang goreng.

Makan tahu kupat lebih enak jika ditambah dengan telur dan juga kerupuk, dan jangan lupa minumnya yaitu apapun makananya, minumnya teh botol sosro. ( hahh )

 

   7. Wedangan

https://soloraya.files.wordpress.com

Jika kamu berkunjung ke Solo, kamu akan keraap menemui warung wedangan, karena banyaknya warung yang berada di pinggir jalan. Harganya dan makanannya pun sangat beragam, dari yang harganya Rp 500 sampai yang Rp 5000. Yang pasti banyak sekali makanan yang tersedia.

Biasanya, di wedangan menyajikan lauk pauk seperti sate ayam, telur balado, tempe goreng, bakwan, pokoknya semua gorengan ada di wedangan tersebut. Dan ada juga berbagai minuman dan nasi seperti nasi kucing ( nasi bandeng), nasi oseng, dan sebagainya. Adapun minumannya juga tidak kalah, ada jahe, teh hangat ( panas ), sampai es pun juga ada.

 

   8. Pecel

https://foodielunatic.files.wordpress.com

Makanan nasi pecel ini sudah tersebar di berbagai daerah,  yang salah satunya adalah kota Solo. Biasanya sayuran yang dipakaiuntuk membuat pecel terdiri taoge ( kecambah ), Kacang panjang daun kangkung daun singkong ataupun daun bayam tergantung selera dan juga mentimun. Yang membuat mantap dan terasa cita rasanya adalah sambael kacangnya. Harganya pun murah cuma Rp 5000 dapat seporsi.

 

  9. Sate Kere Dan Sate Buntel

http://anekatempatwisata.com

Sate kere di kalangan masyarakat Solo sudah sangat terkenal, dinamakan sate kere bukan karena sate untuk orang kere, tapi dinamakan sate kere karena harganya yang sangat murah. Sate kere terbuat dari gembus yang dipotong-potong kemudian disusun di tusuk sate. Barulah dibakar dengan olesan atau dicelup di bumbu bacem yang menghasilkan rasa manis dan gurih.

Yang kemudian disusul dengan sate buntel, sate buntel dibuat dari daging kambing yang dibuntel (dibungkus ) dengan lemak kambing. Setelah itu baru dibakar di atas arang,itulah yang dinamakan sate buntel, makanya liburan ke Solo biar bisa mencicipi khas Solo ini.

 

10. Srabi

https://pramudhitakomala29.files.wordpress.com

Srabi aadalah suatu makanan khas tradisional Solo, srabi ini terbuat dari tepung beras, santan kelapa, gula, garam, dan daun pandan supaya rasa dan aromanya harum. Srabi ini dimasak dengan wajan yang berukuran kecil ditumpangkan di atas arang, untuk memasak makanan ini tidak menggunakan minyak, sehingga warna bawah makanan ini agak kecoklatan atau agak gosong, tapi itulah yang membikin keunikan makanan ini.

 

Itu semua adalah makanan-makanan khas Solo yang sangat menggugah selera, sebenarnya masih banyak lagi makanan khas Solo yang belum disebutkan. Jika kamu berwisata, mudik ataupun acara-acara yang kamu adakan di kota Solo, maka jangan lupa untuk mencicipi makanan-makanan khas Solo. Jaangan sampai kalian menyesal karena belum mencobanya.

 

Tinggalkan komentar